Target Kuliah? Hmmmmm

10.29.00

Mahasiswa baru sebagai status memang seringkali dianggap suatu kebanggaan oleh kawan-kawan kita yang baru memasuki dunia kampus, alias mahasiswa baru. Tentunya sangat banyak hal-hal yang menjadi pertanyaan mahasiswa baru kepada seniornya, "Gimana sih jadi mahasiswa yang keren?"
Yuk kita bahas satu-persatu.
Yang jelas, apalah arti semua aktifitasmu tanpa adanya target yang jelas. Setiap manusia harus memiliki target/tujuan dalam hidupnya. Dalam whole life aja punya tujuan hidup, pasti kuliah juga punya dong? Tentukan dulu apa yang menjadi target kalian selama kuliah, karena kuliah itu ga sekedar duduk dengerin ceramah dosen kemudian wisuda. Ada banyak hal yang bisa bikin kamu berkembang.
Sekarang tanyakan pada dirimu, "Apa tujuan saya kuliah?". Tentunya dalam realita sebenarnya ga semua orang niat kuliah, apalagi jika adanya campur tangan orang tua. Kalau kamu memilih target akademik, kamu harus benar-benar serius menekuni jurusan yang kamu masuki, apalagi jika kamu memang benar-benar serius berada di jurusan tersebut. Karena kuliah itu terkadang bikin terlena dengan jadwal yang sedikit, tapi kalau dipikir-pikir dampaknya besar kedepannya, bila kamu menargetkan akademik dengan kebiasaan kamu yang cuma kuliah terus pulang dan main game seharian, jangan harap deh dapat nilai bagus.
Kemudian jika target kamu adalah organisasi, maka itu bukanlah pilihan yang salah, karena apa? Khususnya bagi kamu yang semasa SMP & SMA belum pernah berorganisasi, kuliah adalah pilihan yang tepat untuk menyusul ketertinggalan kamu dalam pengalaman organisasi, karena dengan organisasi, banyak manfaat yang akan kamu dapatkan yang tidak kamu dapat di bangku perkuliahan, dari public speaking, birokrasi, dan masih banyak banget. Tentunya kamu harus bisa membagi porsian antara akademik dan organisasi ya, daripada pulang kuliah cuma tidur-tiduran ga jelas, mendingan kamu berkontribusi di organisasi sekalian belajar mengembangkan diri di sana.
Target selanjutnya adalah target lain. Target lain di sini berarti tujuan selain akademik dan organisasi. Sebenarnya banyak yang kuliah hanya sekedar untuk menjalin relasi. Tidak hanya teman sekelas, jurusan, atau fakultas, tetapi juga universitas. Penjalinan relasi ini juga sangat berguna khususnya kamu yang menekuni bidang kewirausahaan. Dengan mengenal dan dikenal banyak orang, tidak sulit bagimu untuk menjadi konsumen loyal, dan tentunya ini akan menguntungkan diri kamu.

Ya, itu dia salah satu tips untuk menjadi mahasiswa yang keren, semuanya jelas dimulai dari diri sendiri. Tentukan goal point-mu selama kuliah, dan berjuanglah untuk meraih goal point tersebut.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »