Hari Nelayan Nasional, di Air Kita Berjaya

20.00.00


6 April diperingati sebagai Hari Nelayan Nasional. Dulu Hari Nelayan Nasional agak terlupakan oleh masyarakat Indonesia. Syukurlah, kepedulian netizen terhadap peringatan Hari Nelayan Nasional ini sudah membaik, buktinya sepanjang hari ini Hari Nelayan Nasional menjadi trending topic di Indonesia. Selama ini kehidupan para nelayan identik dengan kaum miskin, berpendidikan rendah, dan pemukiman kumuh. Nelayan sangat tergantung dengan hasil dari laut untuk mencukupi kehidupan sehari–hari.

Pada awal masa pemerintahannya, Presiden Joko Widodo dengan tegas menyatakan bercita-cita menjadikan Indonesia poros maritim dunia. Beruntung bagi Indonesia memiliki sosok Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia, Susi Pudjiastuti yang sangat peduli terhadap kehidupan nelayan. Susi Pudjiastuti dengan tegas membuat gebrakan menangkapi dan meledakkan kapal-kapal asing yang melakukan pencurian ikan (illegal fisihing) di perairan Indonesia. Tujuannya adalah agar nelayan nasional dapat memperoleh penghasilan lebih banyak dari laut.  Sebelumnya, kapal-kapal besar pencuri ikan membuat nelayan lokal yang punya kapal berkala kecil menjadi kesulitan mendapat tangkapan ikan.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) juga melarang penggunaan alat tangkap cantrang (trawl) yang dapat merusak ekosistem kehidupan laut. Berbagai program pro nelayan yang sekarang sedang digerakkan oleh pemerintah, diharapkan bakal dapat meningkatkan taraf hidup nelayan. Semoga kelak semakin banyak masyarakat Indonesia yang bangga berstatus sebagai nelayan karena hidupnya sejahtera.

Selamat Hari Nelayan Nasional. Jalesveva Jayamahe. Di air kita berjaya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »