Tips Menghindari Gigitan Nyamuk Demam Berdarah

20.15.00



Serangan demam berdarah selalu terjadi setiap tahun. Penyakit ini disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti yang menggigit tubuh manusia di siang hari dan menyebarkan virus. Umumnya demam berdarah mewabah saat musim hujan tiba dan bisa menyerang siapa saja. Gejala yang timbul jika terkena demam berdarah adalah menggigil, pusing, mata merah, kehilangan nafsu makan, dan peningkatan suhu tubuh. Jika Anda sudah mengalami tanda-tanda ini segeralah ke dokter untuk menjalani serangkaian tes. Karena pada awalnya gejala yang ditunjukkan sama seperti terkena flu, padahal bila dibiarkan bisa berakibat fatal. Demam berdarah yang telat ditangani bisa menyebabkan kematian. Lalu bagaimana caranya terhindar dari penyakit demam berdarah? Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terserang demam berdarah

1. Jangan menyimpan air 
Air yang stagnan adalah tempat berkembang biak nyamuk demam berdarah. Jangan menyimpan air di ember, vas bunga, atau pot. Buanglah air secara berkala atau bisa juga Anda menutup tempat penyimpanan air itu. 

2. Gunakan kelambu 
Para ibu yang memiliki bayi pasti akan menggunakan kelambu untuk menghindari anaknya dari nyamuk. Kelambu juga bisa dipasang di tempat tidur, terutama di musim hujan agar terhindar dari nyamuk demam berdarah. 

3. Gunakan pengusir nyamuk 
Anda bisa menggunakan lotion anti nyamuk ke seluruh tubuh di siang dan malam hari untuk mengusir nyamuk yang akan menggigit air. Anda juga bisa menyemprotkan ruangan dengan cairan pengusir nyamuk. Tapi jangan lupa untuk mengosongkan ruangan terlebih dulu agar bahan-bahan kimia dalam cairan tidak terhirup dan masuk ke dalam tubuh. 

4. Menjaga kebersihan 
Bersihkanlah tempat sampah yang ada di rumah untuk mencegah datangnya nyamuk demam berdarah. Anda juga harus menjaga toilet agar tetap kering dan menggunakan minyak esensial sebagai penyegar. Jangan menyimpan air dalam ember yang terbuka di kamar mandi. 

5. Menanam daun tulsi 
Cara lain, Anda bisa menanam atau menaruh daun tulsi di sekitar jendela rumah. Daun tulsi mengandung khasiat yang efektif untuk mengusir nyamuk dan menghambat perkembangbiakannya. 

6. Gunakan minyak kamper 
Buka wadah minyak kamper dan tinggalkan selama 20 menit di ruangan yang tertutup. Cara ini efektif untuk mengusir nyamuk. 

7. Lindungi diri Anda 
Nyamuk demam berdarah bisa menggigit dimana saja. Maka dari itu, Anda bisa mencegah gigitan nyamuk dengan menggunakan kaos lengan panjang, celana panjang, dan sepatu untuk keluar rumah. Dengan begitu, kulit anda terbebas dari gigitan nyamuk.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »