7 Satelit Indonesia yang Masih Mengorbit Sampai Saat ini

09.38.00

Kalau bicara soal satelit pasti yang langsung kamu ingat adalah satelit palapa. Satelit palapa ini memang jadi salah satu satelit yang bisa dibanggakan oleh Indonesia. Tapi tahu enggak sih sekarang sudah ada 7 satelit Indonesia yang sukses mengorbit di luar angkasa?

Telkom 3S


Satelit Indonesia paling baru yang berhasil mengorbit sejak tanggal 15 Februari 2017 ini adalah milik Telkom Indonesia. Satelit Telkom 3S ini diluncurkan di Guiana Space Center, Kourou, Guyana Prancis. Satelit ini rencananya akan membantu meningkatkan kualitas jaringan komunikasi di Indonesia. Satelit Telkom 3S ini rencananya akan meningkatkan kualitas siara televisi berkualitas tinggi, layanan komunikasi seluler, komunikasi bisnis, jaringan ATM, dan broadband internet. Satelit yang dimiliki Indonesia ini rencananya akan sukses mengorbit 23 Februari 2017.

BRIsat


Pernah dengar satelit BRIsat? Satelit ini diluncurkan oleh salah satu bank Indonesia yaitu BRI. Peluncuran satelit BRI ini jugs mencetak sejarah baru karena menjadi satu-satunya bank di dunia yang meluncurkan satelit. BRIsat ini akan membantu operasional perbankan BRI demi meningkatkan kualitas pelayanan yang memiliki lebih dari 10.600 cabang operasional dan 53 juta pelanggan di seluruh Indonesia. Peluncuran satelit BRI ini dilakuakan pada 18 Juni 2016 di Guyana Perancis.


Indostar II


Satelit Indonesia milik MNC Sky Vision diluncurkan pada Mei 2009 lalu di Baikonur Cosmodrome, Kazakhstan. Satelit ini diluncurkan setelah satelit Indostar I habis masa orbitnya. Indostar II membawa 22 transponder Ku-Band dan 10 trasnponder S-Band untuk memberikan jaringan penyiatan DTH atau direct to home. Satelit Indostar II ini juga diluncurkan dengan memperkuat jasa telekomunikasi dan internet broadband.

Lapan A2

Ternyata Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) juga pernh merakit satelit Indonesia loh. Satelit LAPAN A2 adalah saterlit terbaru yang sudah berhasi dirakit oleh LAPAN tapi sayangnya peluncurannya belum bisa di Indonesia. LAPAN A2 diluncurkan pada September 2015 di Sriharikota, India. LAPAN A2 punya misi untuk melakukan pengamatan bumi, pemantauan kapal dan komunikasi radio amatir. Satelit buatan LAPAN ini juga dilengkapi dengan Automatic Packer Reporting System yang bisa mendukung komunikasi untuk penangan bencana.

Telkom 2


Satelit Telkom 2 diluncurkan pada 16 November 2005 sudah habis masa orbitnya dan sekarang digantikan oleh Telkom 3S yang baru diluncurkan tahun ini. Satelit Telkom 2 ini juga dimiliki oleh Telkom Indonesia yang fungsinya menyediakan layanan TV, telepon, dan Internet di wilayah Indonesia, Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Lapan A3

LAPAN A3 juga dibuat oleh LAPAN yang bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB). Enggak jauh berbeda dengan LAPAN A2, LAPAN A3 juga diluncurkan di Srihari kota, India. LAPAN A3 diluncurkan dengan menumpang roket milik India pada 22 Juni 2016. Satelit LAPAN A3 ini memiliki misi untuk mengindentifikasi kapan pencuri ikan. Walaupun komponen di satelit LAPAN A3 ini masih dari luar negeri, satelit yang satu ini murni dibuat di dalam negeri.


Palapa D


Satelit Indonesia Palapa mungkin menjadi salah satu satelit yang paling dikenal. Palapa D adalah salah satu satelit komunikasi geostationer yang dioperasikan oleh Indosat. Satelit Palapa D diluncurkan di Cina pada 31 Agustus 2009. Sayangnya Palapa D keluar orbit dan akhirnya hanya bisa mengorbit selama 10 tahun saja.

Tujuh satelit luar angkasa milik Indonesia ini memang belum pernah diluncurkan di Indonesia. Semoga aja ya Indonesia bisa cepat meluncurkan dan merakit satelit sendiri.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »