Fakta Fakta Menarik Dibalik Batik

22.21.00 Add Comment

Kata Batik berasal dari bahasa Jawa “amba” yang berarti menulis dan “titik”. Batik merupakan jati diri bangsa Indonesia yang juga sebagai pembeda dengan bangsa lain. Batik juga merupakan wujud ekspresi budaya yang menyimbolkan karakter dan menyiratkan estetika tinggi pada masyarakat indonesia. Saat ini arti batik telah meluas, hampir seluruh elemen bangsa ini memiliki pengakuan dan penghormatan terhadap batik. Salah satunya terbukti dari maraknya kaum muda menggalakkan busana batik untuk pakaian sehari-hari. 

Sejarah hari batik nasional


Pada 2 Oktober 2009, dunia telah resmi mengakui bahwa batik secara otentik milik bangsa Indonesia melalui UNESCO. Kemudian pemerintah Indonesia menindaklanjuti pengakuan UNESCO dengan menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Maka sejak saat itu, setiap tanggal 2 Oktober, seluruh masyarakat Indonesia memperingatinya sebagai Hari Batik Nasional.

Nah, Untuk lebih mengenal batik, berikut terdapat rangkumkan 7 fakta menarik tentang batik yang mungkin belum kalian tahu. Yuk, simak!

1. Batik berasal dari dua padanan Bahasa Jawa, yakni 'amba' yang berarti menulis, dan 'titik'. Kedua kata ini dikombinasikan sehingga memiliki definisi 'menulis titik' di atas kain.

2.Kata Batik pertama kali terdaftar dalam Bahasa Inggris di Encyclopedia Britannica pada tahun 1880, dengan ejaan Battik. Batik juga pernah dieja dengan beragam tulisan lainnya, mulai dari mbatek, mbatik, batek.

3.  Mantan Presiden Indonesia kedua, Soeharto, adalah sosok yang pertama kali memperkenalkan Batik ke mata internasional pada pertengahan tahun 80-an. Kabarnya, batik dijadikan sebagai souvenir atau cinderamata untuk para tamu kenegaraan dari berbagai dunia.

4. Masing-masing batik memiliki arti dan makna tersendiri. Sehingga, terdapat beberapa batik yang tidak boleh dikenakan pada acara-acara tertentu. Misalnya, motif batik seperti sidamukti, sidaluhur, dan kawung, yang biasa dipakai untuk menutup jenazah.

5. Batik dengan motif 'parang rusak' dari model batik motif parang, dilarang dikenakan dalam acara pernikahan. Motif ini bisa membawa sial pada pernikahan tersebut. Hal ini bisa membuat rumah tangga pengantin yang memakainya menjadi rusak dan penuh dengan perselisihan. Kemudian ada motif Truntum dan Sido Asih, yang hanya boleh dipakai oleh pengantin.



6. Proses pembuatan batik didominasi dengan awalan huruf N. Terdapat 12 proses membatik, yang 11 di antaranya diawali dengan huruf N. Sebut saja, mulai dari Nyungging, Njaplak, Nglowong, Ngiseni, Nyolet, Nopok, Ngelir, Nglorod, Ngrentesi, Nyumri, Nyoja, Nglorod.

7. Batik Tulis adalah jenis batik yang memiliki harga paling mahal. Alasannya, proses pembuatannya dibuat secara manual dan membutuhkan waktu yang lama (Kutipan Facts of Indonesia)

Nah ,gimana teman-teman? Semakin bangga dengan budaya Indonesia bukan? Mari sama sama kita jaga kelestarian Budaya Indonesia!

#HimatemiaGO
#HimatemiaBISA

Optimalisasi Sekam Padi Sebagai Silika Gel

11.52.00 Add Comment

Hai sobat ilmiah, kembali lagi di pembahasan ilmiah Himatemia Research. Buat sobat ilmiah yang ngikutin artikel-artikel ilmiah tiap bulan pasti tau topik apa aja yang sudah kami bahas.. Kalau belum bisa cek di web himatemia untirta. Nah sekarang kami ingin membahas topik baru nihh, kira-kira tentang apa yaa??? Yups bener banget topik kali ini tentang silika gel, sesusai dengan judul artikel bulan ini yuk kita  kupas bareng- bareng.

Pasti yang pertama kali  muncul dibenak kalian “emang apa sih silika gel itu?” “emang manfaatnya apa aja?” “emang bisa ya sekam padi dimanfaatkan menjadi silika gel?”. Makanya sobat ilmiah harus baca artikel ini sampai habis biar makin bertambah deh ilmu pengetahuannya hehe

Silika gel merupakan salah satu material berbasis silika yang mempunyai kegunaan secara luas seperti pada industri farmasi, keramik, cat, dan aplikasi khusus pada bidang kimia. Silika gel adalah polimer asam silikat dengan berat molekul  besar dan banyak menyerap air sehingga berbentuk padat kenyal. Definisi lain dari silika gel adalah silika amorf yang terdiri atas globula-globula SiO4 tetrahedral yang tidak teratur dan beragregat membentuk kerangka tiga dimensi (Oscik, J., 1982)
Masih bingung ya silika gel itu apa ??? ini nih sobat kami kasih gambarnya.

Gambar 1. Silika gel

Nahhh pasti familiar kan sama gambar diatas?? Yups benar sekaliii, yang suka ada didalam kardus sepatu. Nah kalau kita beli sepatu pasti deh didalam kardusnya ngga hanya sepatu aja yang ada tapi juga ada si silika gel ini sobat.

“emang apa sih manfaat nya silika gel itu?” nah manfaat dari silika gel ini banyakk banget yaitu Pada dunia industri penggunaan silika gel sudah sangat luas, silika gel merupakan produk yang aman digunakan untuk menjaga kelembaban makanan,obat-obatan, elektronik dan film sekalipun. Produk anti lembab ini menyerap lembab tanpa merubah kondisi zatnya. Dewasa ini salah satu material yang banyak diminati adalah komposit berbasis silika seperti komposit MgO-SiO2 (Damiyanti,2012). Selain itu silika juga banyak digunakan sebagai penyangga katalis heterogen untuk berbagai reaksi katalitik seperti sintesis biodiesel (Sharma, 2011; Helwani, 2009).

Contoh pengaplikasian yang paling mudah ditemui adalah pada kardus sepatu yaitu dapat menghilangkan bau sepatu. Karena Silika gel merupakan suatu bentuk dari silika yang dihasilkan penggumpalan sol natrium silikat (NaSiO2). Sol mirip agar – agar ini dapat didehidrasi sehingga berubah menjadi padatan atau butiran mirip kaca yang bersifat tidak elastis. Sifat ini menjadikan silika gel dimanfaatkan sebagai zat penyerap, pengering dan penopang katalis. Singkatnya silika gel akan menyerap dari bau sepatu yang ada karena bentuk nya yang berpori-pori dan sifatnya yang dapat menyerap serta menjaga kelembapan.

“trus gimana cara nya sekam padi bisa jadi silika gel?” nah ini caranya sekam padi di bakar terlebih dahulu didalam oven bersuhu kurang lebih 700 celcius, tujuannya untuk mengubah sekam padi menjadi bubuk. Sekam padi yang sudah dioven kemudian Abu sekam padi yang diperoleh ditambahkan dengan NaOH. Perbandingan berat antara abu sekam padi: NaOH aquadest adalah 1:1:10. Kemudian dipanaskan sambil diaduk sehingga larutan tersebut jenuh. Setelah dingin, disaring dengan kain saring dan filtratnya ditampung, kemudian filtrat dikeringkan.

Langkah selanjutnya pembuatan silika gel. Filtrat yang telah kering diasamkan dengan asam sitrat dan asam klorida. Kemudian endapan gel yang terbentuk diperas dengan kain penyaring, dicuci berulang-ulang dan dikeringkan dengan suhu ditahan selama 2 jam.

“kenapa sih menggunakan sekam padi untuk membuat silika gel?”


Karena Sekam padi (rice hulk/rice hull) atau kulit gabah merupakan bagian terluar dari bulir padi dan memiliki kandungan silika terbanyak dibandingkan dengan hasil samping pengolahan lainnya.
Dengan adanya kandungan silika yang tinggi, sekam padi menjadi salah satu sumber silika nabati yang berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai alternatif silika mineral.

  Nahh gimana pembahasan topik kali ini? Semoga bermaanfaat dan bisa jadi referensi sobat ilmiah dalam melakukan penelitian ataupun kegiatan pengembangan ilmiah lannya (.
Sampai sini dulu yah artikel nya, sampai ketemu di artikel ilmiah bulan depan Sobat Ilmiah...

#HimatemiaResearch
#HimatemiaGo

DAFTAR PUSTAKA
Oscik, J., 1982, Adsorption, John Wiley & SonsInc., Chichester.
Sharma, Y.C., Singh, B. & Korstad, J. 2011, "Latest developments on application of heterogenous basic catalysts for an efficient and eco friendly synthesis of biodiesel: A review", Fuel, vol. 90, no. 4, pp. 1309-1324. 
Harsono, H. 2002. Pembuatan Silika Amorf dari Limbah Sekam Padi. Jurnal Ilmu Dasar, Vol. 3 No. 2: 98-103
Meriatna,Leni Maulida, dkk. 2015. Pengaruh Temperatur Pengeringan dan Konsentrasi Asam Sitrat pada Pembuatan Silika Gel dari Sekam Padi. Jurnal Teknologi Kimia Unimal, Vol. 1 hal 78-88.

Beasiswa Chandra Asri Petrochemical

21.22.00 Add Comment
Hallo Teknik Kimia 🤗

Ada kabar gembira nih buat kalian pemburu beasiswa!🎊

Telah dibuka pendaftaran beasiswa Chandra Asri Petrochemical (CAP) tahun 2019 untuk mahasiswa baru 2019 jalur masuk SBMPTN atau SMMPTN

📅Periode Pendaftaran📅
📆20 s/d 27 September 2019

💡Kriteria Pendaftar💡
1. KK Banten (terutama Kota Cilegon, Kota/Kab.Serang)
2. Diutamakan masuk jalur SBMPTN/SMMPTN
3. Penghasilan orang tua max. 3 Juta/bulan (Gabungan)
4. Belum mendapatkan beasiswa lain

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi kemahasiswaan BAKP loket 6 dan 7.

__________________
Our social media:
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
Website: http://himatemiauntirta.com
Facebook: http://fb.com/himatemiauntirta
Instagram: himatemia_untirta
OA Line: @vik7460i

#HimatemiaBISA
#HimatemiaGo

Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) FT UNTIRTA 2019

12.32.00 Add Comment


Pekan Olahraga Mahasiwa Fakultas Teknik Untirta (POM FT) merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Badan Olahraga dan Seni fakultas teknik Untirta (BOSTA). POM FT merupakan suatu ajang perlombaan dibidang olahraga yang diperuntukkan untuk seluruh mahasiswa Fakultas Teknik. Adapun tujuan diadakan POM FT yaitu agar semakin menguatkan rasa kekeluargaan sesama mahasiswa , menciptakan hubungan kerjasama dikalangan mahasiswa serta sebagai ajang penyaluran bakat mahasiswa Fakultas Teknik di bidang olahraga.

POM FT ini diselenggarakan pada tangga 30 Agustus- 6 September 2019. Adapun cabang olahraga yang diperlombakan yaitu bulu tangkis, futsal, catur, volly, basket dan tenis meja. Dari berbagai cabang yang diperlombakan tersebut Teknik Kimia berhasil meraih beberapa juara diantaranya volly putri  dan dari cabang bulu tangkis tuggal purti.

Diharapkan dari kegiatan Pekan Olahraga Mahasiswa tersebut dapat mempererat tali silaturahmi antar jurusan, fakultas, dalam bidang olahraga.

#HIMATEMIABISA
#HIMATEMIAGo

APA KABAR BUMI KITA HARI INI?

21.44.00 Add Comment


Beberapa dari kalian mungkin tidak asing dengan berita Kebakaran Hutan dan Lahan di Kalimantan  dan Sumatera. Namun apakah penyebab kebakaran tersebut? Dan apa saja akibat dari kebakaran hutan itu?

Nah, untuk itu mari simak ulasan artikel berikut yuk !

Kebakaran hutan dan lahan kini mulai meluas di Kalimantan dan Sumatera. Musim kemarau memang bisa menjadi salah satu penyebab kebakaran hutan dan lahan, namun setelah ditinjau lebih lanjut oleh kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Panglima TNI diduga penyebab kebakaran hutan dan lahan tersebut bukan hanya disebabkan oleh musim kemarau, melainkan adanya praktik ‘land clearing’ dengan cara mudah dan murah memanfaatkan musim kemarau dan hal tersebut mendasari dugaan kuat kebakaran hutan diakibatkan oleh ulah manusia.

KLHK mengklaim sampai akhir pekan lalu sudah menyegel 42 perusahan yang diduga menjadi dalang di balik pembakaran hutan dan lahan. Yang dimana lahan perusahaan-perusahaan itu berlokasi di Jambi, Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah dan diantaranya ada yang memiliki pemodal asal Singapura dan Malaysia.

Kemudian apa dampak yang terjadi?


Kebakaran hutan dan lahan yang mengakibatkan timbulnya asap juga berdampak buruk bagi kesehatan warga, karena kondisi udara sangat berbahaya dan dapat sampai menimbulkan iritasi hingga penyakit paru-paru. Warga merasa hidungnya tersumbat, pusing, dan perih pada mata setiap harinya. Makanan sehari-hari pun tak jauh dari mie instan karena mayoritas penjual makanan dan pasar tutup saat pemiliknya mengungsi. Terpapar asap setiap hari juga menyebabkan penglihatan warga hanya mampu menempuh jarak pandang sekitar 1 meter.
Asap juga membuat penerbangan daerah kalimantan dibatalkan karena jarak pandang yang terbatas.

Wah , kalau sudah begitu upaya apa yang bisa kita lakukan ya?

Sebetulnya, upaya pemadaman telah dilakukan oleh berbagai pihak, seperti memadamkan api melalui hujan buatan , patroli, water bombing menggunakan 50 helikopter namun belum bisa maksimal karena sumber api diduga berada di bawah permukaan tanah sehingga, bila api di permukaannya padam, api di bawah tanah masih menyala.

Nah untuk itu kita juga dapat melakukan upaya lain di antaranya dengan :


1. Warga dapat menggunakan masker N95 dan tabung Oxycan sebagai penanggulangan untuk mengurangi terpaparnya asap langsung dan juga sebagai sumber oksigen.

2. Karena sulitnya upaya pemadaman akibat sedang musim kemarau juga, maka upaya yang dapat dilakukan adalah menjaga kelestarian hutan gambut, karena lahan gambut yang basah juga dapat meredam bahkan menghentikan kebakaran hutan agar tidak semakin luas penyebarannya.

Sampai disini artikel kali ini, Begitulah kabar bumi hari ini. janga lupa tetap jaga dan lestarikan bumi kita ya !

#HimatemiaBISA
#HimatemiaGO

Sharing is Caring

12.33.00 Add Comment

sharing is caring merupakan sebuah rangkaian kegiatan sebagai perwujudan mahasiswa dengan memberikan tanpa pamrih kepada yang membutuhkan dengan rasa kepedulian terhadap masyarakat sekitar. Hari selasa (3/09) Mahasiswa baru teknik Kimia membagikan bingkisan kepada orang-orang atau pekerja yang ada di lingkungan seputar kampus. Mereka dibagi menjadi 4 kelompok besar yang disetiap kelompoknya membawa beberapa bingkisan yang berisi roti dan air mineral  untuk dibagikan.



Selain membagikan bingkisan tersebut mereka juga saling berinteraksi satu sama lain sehingga terjalin komunikasi yang baik antara mahasiswa dan masyarakat di sekitar. Acara tersebut dilaksanakan pukul 16.00 dan di tutup pukul 17.00 WIB.

Peringati Hari Kemerdekaan, HIMATEMIA UNTIRTA Rayakan Bersama Warga

09.17.00 Add Comment


Tujuh belas agustus merupakan momen bersejarah bagi bangsa Indonesia, tak ayal jika hampir semua masyarakat menyambutnya dengan sukacita. Pada kesempatan kali ini Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMATEMIA UNTIRTA) mengadakan acara tujuh belas agustusan, mereka memperingati hari kemerdekaan Indonesia dengan memenuhi salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat dengan cara mengadakan berbagai perlombaan dan kegiatan lainnya bersama warga Desa Cikebel Atas, pada Minggu (25/08/19) yang berlokasi di kelurahan Ciora, Kecamatan Grogol, Cilegon.



Acara tersebut merupakan salah satu program kerja dari departemen REST (Riset Edukasi Sosial Teknologi), berbagai kegiatan lomba yang diselenggarakan diantaranya lomba makan kerupuk, memasukkan paku kedalam botol, lomba balap karung dan joget balon, kegiatan tersebut diikuti oleh anak-anak Desa Cikebel dengan sangat antusias yang didampangi oleh para orang tua. 

Diharapkan dari kegiatan tersebut dapat mengajarkan perjuangan dan sikap menjaga kemerdekaan yang telah dirasakan para pahlawan sebelumya serta memupuk semangat patriotisme dengan  menjalin kerja sama dan mempererat kebersamaan antar mahasiswa dengan warga Desa Cikebel.

#HimatemiaBISA
#HimatemiaGo

DYE - SENSITIZED SOLAR CELL ENERGI SOLUTIF TERBARUKAN BERBAHAN ORGANIK – INORGANIK DENGAN KUALITAS RASIONAL

18.46.00 Add Comment

TAU NGGAK SIH ?

Indonesia merupakan suatu negara yang berada pada garis khatulistiwa. Sudah menjadi rahasia umum bahwa negara yang berada pada lintang ekuator merupakan wilayah dengan sumber sinar matahari terbesar, sehingga Indonesia mempunyai pola iklim  hangat-basah dan hangat-kering sepanjang tahunnya.
Berbicara sinar matahari
Yang merupakan energi alami yang tak pernah habis dan tak tergantikan ya sobat ilmiah... Nah, sekarang sobat ilmiah sadar tidak sih kalau persediaan energi saat ini sedang dalam tahap krisis loh..., karena penggunaan energi yang tidak sebanding dengan nilai produksi energi itu sendiri. Pentingnya akan kebutuhan energi salah satunya adalah sebagai sumber daya listrik. Coba deh bayangkan jika hidup tanpa listrik.. Bagaimana nasib industri yang telah berkembang sampai saat ini dan teknologi yang kita gunakan saat ini , bukan tidak mungkin kita hidup dengan keterbatasan dan terkesan statis...
Nah.... sudah saatnya sobat ilmiah bangkit dan berinovasi memberikan solusi terhadap tantangan perkembangan zaman yang semakin pesat dan canggih, dan eco friendly. Bagaimana hubungan anatara energi matahari, listrik, sekaligus ramah lingkungan ???

Yuk simak solusinya pada artikel kali ini !!!

Dye-sensitized solar cell (DSSC) merupakan salah satu kandidat potensial sel surya generasi mendatang, hal ini dikarenakan tidak memerlukan material dengan 1 kemurnian tinggi sehingga biaya proses produksinya yang relatif rendah. Berbeda dengan sel surya konvensional dimana semua proses melibatkan material silicon itu sendiri, pada DSSC absorbsi cahaya dan separasi muatan listrik terjadi pada proses yang terpisah. Absorbsi cahaya dilakukan oleh molekul dye dan separasi muatan oleh inorganik semikonduktor nanokristal yang mempunyai bandgap lebar.
Salah satunya yaitu Titanium Dioxide (TiO2). TiO2 umum digunakan karena inert, tidak berbahaya, semikonduktor yang murah. Namun untuk aplikasinya dalam DSSC, TiO2 harus memiliki permukaan yang luas sehingga dye yang teradsorb lebih banyak yang hasilnya akan meningkatkan arus photo. Selain itu penggunaan bahan dye yang mampu menyerap spektrum cahaya yang lebar dan cocok dengan pita energi.

Pemerintah Indonesia sendiri mencanangkan bahwa pada tahun 2025, energi terbarukan berkontribusi sekitar 4% terhadap total konsumsi energi lokal dimana 0,02% nya berasal dari energi surya.  Selain itu riset mengenai jenis sel surya berbasis teknologi murah seperti dyesensitized solar cell (DSSC) juga perlu mulai dikaji untuk pengembangannya di Indonesia, karena jenis sel surya ini tidak memerlukan peralatan yang berteknologi tinggi untuk proses fabrikasinya sehingga dengan kondisi tersebut para peneliti di Indonesia bisa juga ikut ambil bagian dalam perkembangan DSSC dunia dan juga untuk kemungkinan produksi massal lokal.


Dye Sensitized Solar Cell (DSSC), sejak pertama kali ditemukan oleh Professor Michael Gratzel pada tahun 1991, telah menjadi salah satu topik penelitian yang dilakukan intensif oleh peneliti di seluruh dunia. DSSC bahan disebut juga terobosan pertama dalam teknologi sel surya sejak sel surya silikon. Berbeda dengan sel surya konvensional, DSSC adalah sel surya fotoelektrokimia sehingga menggunakan elektrolit sebagai medium transport muatan. Selain elektrolit, DSSC terbagi menjadi beberapa bagian yang terdiri dari nanopori TiO2, molekul dye 12 yang Dye Sensitized Solar Cell (DSSC), sejak pertama kali ditemukan oleh Professor Michael Gratzel pada tahun 1991, telah menjadi salah satu topik penelitian yang dilakukan intensif oleh peneliti di seluruh dunia. DSSC bahan disebut juga terobosan pertama dalam teknologi sel surya sejak sel surya silikon. Berbeda dengan sel surya konvensional, DSSC adalah sel surya fotoelektrokimia sehingga menggunakan elektrolit sebagai medium transport muatan. Selain elektrolit, DSSC terbagi menjadi beberapa bagian yang terdiri dari nanopori TiO2, molekul dye 12 yang teradsorpsi di permukaan TiO2, dan katalis yang semuanya dideposisi diantara dua kaca konduktif.

Dye Seperti telah dijelaskan diatas, fungsi absorbsi cahaya dilakukan oleh molekul dye yang teradsorpsi pada permukaan TiO2. Dye yang umumnya digunakan dan mencapai efisiensi paling tinggi yaitu jenis ruthenium complex. Walaupun DSSC menggunakan ruthenium complex telah mencapai efisiensi yang cukup tinggi, namun dye jenis ini cukup sulit untuk disintesa dan ruthenium complex komersil berharga mahal. Alternatif lain yaitu penggunaan dye dari buah-buahan, khususnya dye antocyanin. Antocyanin ini yang menyebabkan warna merah dan ungu pada banyak buah dan bunga. Salah satu pigmen cyanin yang memegang peranan penting dalam proses absorbsi cahaya yaitu cyanidin 3-O-β-glucoside , struktur kimianya ditunjukkan pada Gambar.
Gambar. Struktur Kimia Antocynanin Dye


Salah satu keuntungan utama teknologi DSSC dibandingkan dengan teknologi sel surya lain yaitu proses fabrikasinya yang relatif simpel, dan peralatan fasilitas yang dibutuhan 22 relatif mudah dan murah. Teknologi lama seperti screen printing dapat digunakan, dibandingkan dengan fasilitas clean room yang dibutuhkan oleh teknologi sel surya lain. Kemudian material dari sel dapat menjadi murah untuk produksi massal, karena keadaan sekarang harga menjadi signifikan akibat harga dye dan platina. Selain itu karena DSC dapat dilapisi pada substrat yang fleksibel, contohnya polimer, maka sel surya dapat diproduksi menjadi berbagai bentuk dan diberbagai lokasi.

Analisis Absorbsi Dye Buah Delima Profil absorbsi cahaya dari pigmen antocyanin buah delima dianalisis menggunakan UV-Vis Spektrometer. Terlihat pada grafik UV-VIS terdapat puncak pada panjang gelombang 562 nm menandakan bahwa pigmen antocyanin yang ada pada buah delima dapat mengabsorb cahaya dengan panjang gelombang 562 nm yang masih dalam spektrum cahaya tampak. Pada bagian panjang gelombang kurang dari 562 nm juga terdapat beberapa puncak yang merupakan area radiasi ultraviolet dimana hampir semua benda gelap dapat menyerap radiasi ini.

Nah, gimana nih sobat ilmiah... makin banyak yang kita tahu, makin banyak ilmu yang kita dapat pula bukan. Oke, jadi kita sudah sama – sama mengetahui bahwa sinar matahari dapat digunakan sebagai solutif energi alternatif dan dapat menjawab salah satu tantangan pengembangan energi baru terbarukan tahun 2030. Selain itu, melihat pada sektor pengembangan solar cell akan berdampak baik bagi penurunan pencapaian emisi rumah kaca sebanyak 29%. 
Ayo sobat ilmiah !!!, kita jangan mau kalah dengan pemikiran inovator yang terus berfikir kebaikan masa depan. Apa sobat ilmiah tertantang ? 
Berkarya akan mennjadikan kita berdaya, bermakna, dan bijaksana. 

#HimatemiaResearch
#HimatemiaBISA
#HimatemiaGo

DAFTAR PUSTAKA

Annual World Solar Photovoltaic Industry Report, Marketbuzz 2007 report.
G. Phani, G. Tulloch, D. Vittorio, dan I. Skyrabin, 2001, “Titania solar cells: new photovoltaic technology”, Renewable Energy.
Global Market: Current & Next Generation Solar Cell & Related Material Market Outlooks, Research and Markets reports.
Green, M. A., 2001, “Solar Cell Efficiency Tables (Version 18)”, Prog. Photovolt. Res. Appl., 9, 287-93 
Hari P, Bambang. “ Efisiensi Penggunaan  Panel Surya Sebagai Sumber Energi Alternatif “. Jurnal emitor, vol. 18 No. 01.
Janaloka. 2018. 5 Rintisan Penelitian Sel Surya Dari Tumbuhan oleh Akademisi Indonesia. https://janaloka.com/5-rintisan-sel-surya-dari-tumbuhan-oleh-akademisi-indonesia/, 7 Agustus 2018.
Shah, A., et al., 1999, “Photovoltaic Technology: The Case for Thin-Film Solar Cells”, Science, 30 July, 285, 692-8.
Syahni, Della. 2016. Pengembangan Listrik Tenaga Surya Maih Terkendala. Jakarta: Mongabay. https://www.mongabay.co.id/2016/11/29/pengembangan-listrik-tenaga-surya-masih-terkendala-mengapa/,  29 November 2016.


STNK Eco-SMART 2019

17.26.00 Add Comment

Hallo Teknik Kimia🤗
Universitas Sebelas Maret mempersembahkan Seminar Nasional Teknik Kimia Eco-SMART 2019

🎉Optimalisasi Teknologi Pengolahan Limbah Berkelanjutan🎉

📅 Sabtu, 12 Oktober 2019
🕒 07.00 - 16.00 WIB
📍 Ruang Seminar Utama Ged. III FT UNS

🔱Pembicara🔱
1. H. Ganjar Pranowo, S.H., M.IP.*
Gubernur Jawa Tengah
2. Ir. Maryono, S.T., M.M.
Direktur Produksi PT. Pupuk Kujang
3. Ir. Ricky Hikmawan Wargakusumah
Ketua BKKPII
Direktur PT Pasadena Engineering Indonesia
4. Pembicara dari Perusahaan Gas Negara*

💸HTM Peserta Seminar Non Pemakalah💸
• Early Bird (15 Juli – 31 Agustus 2019)
Rp65.000,-
•Normal (1 September – 21 September 2019)
Rp70.000,-
• Late (22 September – 9 Oktober 2019)
Rp80.000,-

💡Acara SNTK Eco-Smart diikuti seminar penelitian dengan rangkaian:
1. Pengumpulan Abstrak (sampai 16 September 2019)
2. Pengumuman Lolos Abstrak (18 September 2019)
3. Pengumpulan Full Paper (sampai 5 Oktober 2019)

💸HTM Peserta Pemakalah💸
• Mahasiswa S1: Rp250.000
• Mahasiswa S2/S3: Rp300.000,-
• Instansi: Rp400.000,-
• Umum/Industri: Rp500.000,-
➕ Penambahan pemakalah dikenakan biaya tambahan Rp100.000;/orang
➕ Cetak Prosiding+CD: Rp150.000,- (termasuk biaya pengiriman)

📝Alur Pendaftaran📝
bit.ly/PendaftaranSNTK

💰Pembayaran💰
Hubungi CP berikut untuk transaksi pembayaran
📞 081232457769 (Tara)

Tunggu apalagi?
Segera daftarkan dirimu!🔥

📣More Information📣
Narahubung : 081232457769 (Tara)
E-mail 📧: sntk-ecosmart2019@ft.uns.ac.id
Website 🌐 : sntk-ecosmart.ft.uns.ac.id
.
__________________
Our social media:
.
Website: http://himatemiauntirta.com
Facebook: http://fb.com/himatemiauntirta
Instagram: himatemia_untirta
OA Line: @vik7460i
Twitter: @himatemia_ft
.
#HimatemiaBISA
#HimatemiaGo

Sosialisasi Karya Tulis Ilmiah

11.25.00 Add Comment

Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (HIMATEMIA UNTIRTA), menyelenggarakan acara sosialisasi Karya Tulis Ilmia (KTI). Tujuan diselenggarakan sosialisasi tersebut diantaranya untuk membekali mahasiswa agar dapat mengembangkan ide-ide yang mereka miliki dan dapat dituangkan dalam tulisan ilmiah.

Sosialisasi tersebut berlangsung di Auditorium gedung letter U Fakultas Teknik Untirta hari Rabu (21/08). Acara ini dihadiri oleh mahasiswa teknik kimia dan pematerinya yaitu  peserta PIMNAS 2019, Diharapkan setelah terselenggarannya acara ini, para peserta dapat merealisasikan ide-ide mereka dengan mengimplementasikan ilmu-ilmu yang telah diberikan oleh pemateri dalam pembuatan karya tulis ilmiah dan lebih banyak lagi PKM yang dapat lolos baik dari seleksi ristekdikti maupun pimnas.

Acara ini mengundang antusiasme peserta. Peserta yang hadir dibekali dengan pengetahuan serta tips dan trik kebutuhan karya tulis ilmiah. Semangat peserta dapat dirasakan dengan banyaknya mahasiswa yang mengikuti acara sosialisasi KTI tersebut.
#HimatemiaBISA
#HimatemiaGo

INFO ENGINEERS NITE

11.17.00 Add Comment

[ INFO ENGINEERS NITE ]


Engineers Nite ini merupakan puncak acara dari rangkaian Muhammadiyah Engineers Festival 2019 (MUNEERS FEST 2019). Engineers Nite kali ini kami mengusung tema "Prepare Yourself In Industry 4.o Era"
Acara ini berupa talkshow interaktif dengan para pakar teknik Indonesia di bidangnya masing-masing yang dapat membantu kita menjadi lulusan sarjana teknik yang lebih berwawasan, acara ini di isi oleh para pembicara :
1. Dr.Ir. Erry Ricardo N.,MT.,MPA
    ( Kepala biro perencana KEMENRISTEKDIKTI RI)

2. Ir. Maryono,ST.,MM.
     ( Direktur Produksi PT. PUPUK KUJANG)

3. Ir. Ricky Hikmawan W
    ( • KETUA BKKPPII
       • Direktur PT. Pasadena Engineering Indonesia)

4. Special Speaker
     ( Gojek Indonesia )

☑️Acara ini dilaksanakan pada :
📆 : Sabtu, 24 Agustus 2019
⏰ : 18.30 - selesai
📌 : Aula Fakultas Teknik  UMJ

☑️Fasilitas :
•MUNEERS FEST kit
•Sertifikat
•Photoboth
•VIP Round Table
•Coffee Break
•Special Performance

Nah untuk HTM nya berapa sih ka?? Tenang guys kita ga jahat ko, htm nya masih bisa kalian jangkau 😊
☑️💰 :

• UMJ    : 50k
• UMUM :  55k
• OTS    : 60k

 ☑️ pembayaran
💳 Transfer bank mandiri syariah: 7124126007 a/n Naazilatul Luthfiyah A.
Atau
💸 Pembayaran langsung: Booth pendaftaran kami
💻 Registrasi :
bit.ly/ENITE2019

Kuota terbatas!!!!
__________
 
Untuk Konfirmasi pembayaran dan informasi lebih lanjut bisa menghubungi :
Nabila
📞 : +6282246120528 (wa)
📲 : @Nabilachairunisa (line)
.
__________________
Our social media:
.
Website: http://himatemiauntirta.com
Facebook: http://fb.com/himatemiauntirta
Instagram: himatemia_untirta
OA Line: @vik7460i
Twitter: @himatemia_ft

#HimatemiaBISA
#HimatemiaGo

Yudisium Gelombang II 2019

10.10.00 Add Comment

Cilegon (21/8/19), Acara yudisium FT UNTIRTA diselenggarakan di Aula Fakultas Teknik Untirta. Yudisium merupakan tahap penentuan status kelulusan mahasiswa secara resmi (termasuk penentuan predikat kelulusan cumlaude, memuaskan, cukup memuaskan)

Acara tersebut dihadiri oleh Dekan FT Dr. Eng. A. Ali Alhamidi, ST., MT,  Wakil Dekan Bidang Akademik Alfirano, S. T., M. T., P.hD, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Zulmahdi Darwis, S. T., M. Eng, Ketua Senat FT dan anggota, Dosen, serta peserta yudisium.

Dalam sambutannya, Bapak Dekan Fakultas Teknik Dr. Eng. A. Ali Alhamidi ST., MT memberikan ucapan selamat kepada seluruh peserta yudisium atas keberhasilan menyelesaikan pendidikan di FT Untirta. Diakhir sambutannya Bapak Dekan FT Menyampaikan bahwa kelulusan mahasiswa/i sebagai sarjana bukanlah akhir perjuangan, namun merupakan awal dari sebuah langkah dalam menghadapi tantangan masa depan dalam kehidupan nyata.

Acara yudisium gelombang II ini diikuti oleh 27 wisudawan/i Teknik Kimia Untirta sebagai berikut:

1. Abdul Mun'im Hafidz, S.T
2. Athia Hasna Nurhanifah, S.T
3. Dendi Bahtiar Rizkyansyah, S.T
4. Eroh Maesaroh, S.T
5. Fadli Khudori R, S.T
6. Febrina Ramadiandari, S.T
7. Herlan Febrianda, S.T
8. Herlina Rahma Octaviani, S.T
9. Ika Yulianingsih, S.T
10. Inayatu Sholehah, S.T
11. Ikna Wijaya, S.T
12. Irfan Farid,S.T
13. Julianus Marthin Dahlin, S.T
14. Lisna Nurul Azizah, S.T
15. Meliana Rizki Salsabil, S.T
16. Miftahul Jannah, S.T
17. Muhammad Ainur Ravi, S.T
18. Muhammad Fakhri Basyir, S.T
19. Oktaviani, S.T
20. Putri Zulva Silvia, S.T
21. Rahmat Darmawan, S.T
22. Rafi Muhammad Farraz, S.T
23. Renaldy Rizky Subandrio, S.T
24. Rizki Aulia, S.T
25. Siti Tuti Herlina, S.T
26. Yohanes Yuwono, S.T
27. Zakiah Nuranisa, S.T

Semoga para lulusan Fakultas Teknik Untirta mampu berkarya dan berkontribusi secara nyata serta mendapatkan penghargaan tertinggi di masyarakat🙏🙏

#HimatemiaBISA
#HimatemiaGo

Pertukaran Pemuda Asia

19.58.00 Add Comment

[💡PERTUKARAN PEMUDA ASIA💡]

Halo Teknik Kimia 🤗
Event Hunter Indonesia akan mengadakan suatu program yang bernama Pertukaran Pemuda Asia (PPA). PPA adalah sebuah program bagi pemuda/i Asia untuk saling bersinergi, saling menginspirasi dan saling mengapresiasi dalam berbagai hal positif untuk kemajuan bersama
.
Dalam program ini, terdapat jalur Fully Funded 100% yang akan di biayai sepenuhnya oleh EHI Foundation untuk Biaya Paspor, Tiket Kereta, Tiket Pesawat Pulang Pergi, Transportasi, Pajak Bandara PP, Bagasi 7Kg, Penginapan, Makan, dan Seragam
.
📥Pendaftaran
www.eventhunterindonesia.com
📆Deadline C1 : 21 Agustus  2019

📅Agenda Kegiatan : 12 - 14 November 2019
1. Campus Tour - “Bagaimana Atmosifir Dunia Pendidikan di Singapura” [di Nanyang Technology University bersama Perhimpunan Pelajar Indonesia NTU].

2. Discussion - “Comparing Education Systems Between Indonesia and Singapore?” [Suntec Convention Center]

3. Exploration - “Sejarah Peradaban Singapura” [Asian Civilization Museum].

4. Exploration - “Mempelajari Kebudayaan Singapura” [China Town & Little India].
.
Di Selenggarakan oleh EHI Foundation Event Hunter Indonesia bekerjasama dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia NTU
.
📣Info Lebih Lanjut 📣
IG : @eventhunterindonesia
Line : @eventhunter
Twitter : EventHunterINA
Web : eventhunterindonesia.com
CP : 081260966943
.
__________________
Our social media:
.
Website: http://himatemiauntirta.com
Facebook: http://fb.com/himatemiauntirta
Instagram: himatemia_untirta
OA Line: @vik7460i
Twitter: @himatemia_ft
.
#HimatemiaBISA
#HimatemiaGo

Himatemia untuk Masyarakat (HIMASY): Membangun Potensi Desa Tertinggal

09.37.00 Add Comment


Cilegon, ( 20/7/19) Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia UNTIRTA  melakukan kegiatan pengabdian masyarakat bertajuk “Sosialisasi Pemanfaatan Kacang Tanah Menjadi Produk Olahan Pangan Unggulan” di Desa Cikeubel Atas, Kelurahan Ciora, Kecamatan Grogol, Cilegon. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dan dosen Jurusan Teknik Kimia yang berjumlah 13 orang.

Program desa binaan ini diselenggarakan  berdasarkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang salah satunya berbicara mengenai pengabdian pada masyarakat, Lewat Tri Dharma Perguruan Tinggi ini Himatemia Untirta memutuskan untuk membuat program desa binaan. Acara tersebut merupakan kegiatan rutin yang diagendakan setiap  tiga minggu sekali oleh departemen REST (Riset Edukasi Sosial Teknologi), bertujuan untuk mengoptimalkan potensi yang ada baik dalam sumber daya manusia maupun sumber daya alam berupa kacang tanah.


Kegiatan ini dibuka dengan sambutan oleh ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia, Saudara Ahmad Royhan dan juga Ketua jurusan Teknik kimia, Bapak Endang Suhendi, S.T.,M.Eng., Serta Ketua RT Setempat. Setelah sambutan selesai banyak rangkaian acara menarik, diantaranya yaitu sosialisasi pembuatan suatu produk seperti pemanfaatan kacang tanah yang diisi oleh salah satu mahasiswa teknik kimia dengan ibu-ibu Desa Cikeubel Atas.
Dalam sosialisasi tersebut, banyak membahasan mengenai alternatif Pengolahan kacang, salah satunya menjadi tempe dan peyek kacang, serta tanya jawab antara narasumber dan peserta.


Kegiatan selanjutnya dilanjutkan dengan praktek langsung pembuatan peyek kacang yang diikuti oleh seluruh peserta ibu-ibu Desa Cikeubel yang ditemani pendamping untuk memandu dalam pembuatan peyek. Dalam kelompok tersebut ibu-ibu membuat peyek kacang mulai dari menyiapkan alat dan bahan, pembuatan adonan, dan menggorengnya. Acara ini mendapatkan sambutan dan atensi bagus dari masyarakat sekitar, hal tersebut dibuktikan dengan Semangat dan antusias masyarakat Desa Cikeubel pada rangkaian acara.  Kegiatan sosialisasi diakhiri dengan pemberian hadiah berupa peralatan rumah tangga oleh Pak Endang Suhendi, S. T., M. Eng.,


Program Pengabdian Masyarakat ini sendiri berawal dari kepedulian mahasiswa dan keinginan turut membantu memajukan Desa yang tertinggal didaerah Cilegon terutama dalam bidang ekonomi.

Dengan adanya  desa binaan ini, diharapkan warga  Desa Cikeubel dapat merasakan manfaatnya secara langsung dan mengaplikasikan ilmu yang didapat pada waktu sosialisasi dan praktek langsung pembuatan peyek kacang. Selain itu juga semakin terjalin hubungan yang baik antara mahasiswa teknik kimia dengan masyarakat Desa Cikeubel .

#HimatemiaBISA
#HimatemiaGO

Teknik Kimia di mata Dosen

10.32.00 Add Comment


Dr. Indar Kustiningsih, S.T.,M.T.  merupakan dosen senior di Teknik Kimia Untirta, beliau lulusan S1 Teknik Kimia Universitas Gajah Mada , S2 Teknik Kimia Universitas Indonesia , dan S3 Teknik Kimia Universitas Indonesia.
Bagaimana keseruan Wawancara mengenai pandangan beliau terhadap jurusan Teknik Kimia dan Mahasiswanya?? Yuk kita baca artikel berikut ini ...

Susah senangnya di Teknik Kimia?

Pasti mahasiswa baru semester 1 dan 2 kaget karena di SMA beda dengan di bangku perkuliahan, bahkan tak sedikit yang mulai beranggapan bahwa mereka salah jurusan loh! Mulai dari materi-materi yang diberikan oleh dosen, sampai hand book yang dipakai menggunakan b.inggris. semua itu butuh adaptasi,  Kita harus mencari teman yang rajin dan lingkungan yang baik karena lingkungan sekitar itu sangat berpengaruh terhadap pola keseharian kita. “ pada dasarnya saya menyukai matematika, kimia dan fisika, kagetnya saya waktu awal perkuliahan bukan di perhitungannya namun lebih ke hand book yang dipakai menggunakan bahasa inggris dan cara mengajar dosen yang sangat jauh berbeda dengan guru guru di SMA, sempat saya berfikir untuk mendaftar ke STAN tahun berikutnya ( semester 3), namun tidak jadi karena pada semester 3 akhirnya sudah merasa enjoy di Teknik Kimia” ucap beliau.

Bedanya Teknik Kimia dengan kimia



Teknik Kimia dengan Kimia Murni jelas berbeda, di Teknik Kimia kita mempelajari rekayasa untuk menghasilkan sesuatu (produk) yang bisa digunakan untuk keperluan manusia, dapat mendesain alatnya dan bahkan di tugas akhirnya dapat mendesain pabrik lengkap sampai analisa ekonominya. Sedangkan Kimia murni menyelidiki sifat dan struktur zat, serta interaksi antara materi-materi penyusun zat. “
Namun demikian, Kuliah di jurusan manapun, baik di Teknik Kimia maupun Kimia Murni mempunyai kesulitannya  masing-masing bukan hanya teknik saja yang sulit,Semuanya sama tidak ada yg mudah.  kalu sudah masuk ke jurusan tersebut, ya harus mampu belajar mengatur ritme perkuliahan,  punya komitmen, dan memilih teman yang baik, karena teman sangat berpengaruh”.

“Bagaimana tanggapan ibu mengenai Praktikum diteknik kimia?”

Kuliah di jurusan IPA pasti ada praktikumnya dan mepunyai kesulitan masing-masing jadi bukan Teknik Kimia saja yang berat. Kalian harus terbiasa di tempa, karena itu buat bekal kalian nanti jika terjun didunia industri, bahkan ketika nanti diterima kerja di industri  harus ditraining terlebih dahulu.. harus mau belajar lagi dan tetap kerja keras.
“Setiap ujian itu pasti sulit tidak ada yg mudah, yang jelas kita harus berusaha sebaik mungkin untuk melalui setiap ujian dalam perkuliahan, harus sering-sering minta doa orang tua karena doa orang tua itu sangat besar pengaruhnya dan  mendekatkan diri pada Allah. Kesulitan apapun yang kalian rasakan di bangku perkuliahan pasti akan berlalu, jika pada saat itu kalian merasa sangat berat dan ingin menangis ya nangis saja.. itu semua akan jadi kenangan indah koq pada saat kalian sudah lulus”. Pungkas beliau

 Bedanya Mahasiwa UI,UGM, dan Untirta

Di Universitas Indonesia, khususnya Departemen Teknik Kimia, atmosferik akademiknya kelihatan sekali, banyak spot-spot  untuk  mahasiswa yang berfungsi  sebagai tempat berkumpulnya mahasiswa mengerjakan tugas,  di UGM jika sedang ujian mereka tidak pernah diawas oleh dosen jadi pengawasnya dari TU, meskipun diawas oleh TU tetapi mereka tidak mencontek. Alumni di UGMpun saling berlomba-loma dan  berkontribusi membantu jurusan, seperti merenovasi ruangan kelas, renovasi taman- taman di kampus untuk mahasiswa mengerjakan tugas dan sebagainya. Banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan Untirta khusunya Teknik Kimia, yaitu bagaimana  caranya meningkatkan daya juang dan menciptakan atmosferik akademik yang bagus untuk lingkungan sekitar sehingga dapat meningkatkan kualitas akademik yang  baik untuk para Mahasiswanya.

#HimatemiaBISA
#HimatemiaGO

PRESTASI MEMBANGGAKAN KARYA ANAK BANGSA

12.38.00 Add Comment

Sebelumnya dan yang paling utama. Selamat hari anak bagi seluruh anak bangsa di negeri tercinta ini, Indonesia. Umumnya , kalian semua pasti tahu kan bahwa tanggal 23 juli adalah peringatan hari anak se-Indonesia. Tapi apakah kalian tahu mengapa tanggal 23 juli ditetapkan sebagai peringatan hari anak se-Indonesia ? Dan anak bangsa memiliki beragam karya yang patut di banggakan.
Apa saja ya kira kira ?

Nah untuk itu mari simak artikel dibawah ini, yuk !

 Hari Anak diselenggarakan pada tanggal yang berbeda-beda di berbagai negara di belahan dunia. Hari Anak Internasional diperingati setiap 1 Juni, sedangkan Hari Anak Universal diperingati setiap 20 November. Setiap Negara bisa saja merayakan Hari Anak pada tanggal yang berbeda-beda, namun perayaan ini tetap bertujuan sama yaitu menghormati hak-hak anak di seluruh dunia.

Sementara di Indonesia sendiri, Hari Anak Nasional diperingati setiap 23 Juli sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Presiden Soeharto) Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984. Berawal dari gagasan mantan presiden RI ke-2 (Soeharto), yang melihat anak-anak sebagai aset kemajuan bangsa, sehingga sejak tahun 1984 berdasarkan Keputusan Presiden RI No 44 tahun 1984, ditetapkan setiap tanggal 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional (HAN). Kegiatan Hari Anak Nasional dilaksanakan mulai dari tingkat pusat, hingga daerah.

Indonesia tidak kekurangan orang pintar. Hal ini terlihat dari banyaknya anak bangsa yang mencurahkan kepintaran mereka, untuk menciptakan teknologi baru yang memudahkan kehidupan. Bahkan, tak sedikit teknologi karya anak bangsa yang terkenal di dunia internasional. Hal itu juga sebagai bukti bahwa anak  memang layak dibilang sebagai aset kemajuan bangsa, karena sudah sangat banyak karya-karya serta prestasi hasil anak bangsa .
Apa saja sih karya anak bangsa tersebut ? Berikut adalah beberapa deretan terobosan baru yang unik cipta anak bangsa.

Sepedah Motor Listrik


Ciptaan mahasiswa Institut Teknologi 10 November (ITS). Sebuah sepeda motor yang bertenaga listrik diberi nama Gesits, sepeda motor ini menggunakan baterai berukuran 5kWH sebagai motor penggerak. Untuk sekali pengisian penuh, baterai tersebut mampu digunakan untuk perjalanan sejauh 80 bahkan 100 kilometer. Ketika baterai habis, hanya butuh waktu 4 jam saja loh untuk pengisian ulang sampai penuh kembali. Wah keren ya..

Tempat Sampah Pintar


Ciptaan Gede Herry Arum Wijaya, seorang mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya. Tong sampah itu memiliki teknologi sensor yang bisa mengelompokkan jenis sampah, sehingga mulut tong akan terbuka sesuai klasifikasi sampah. Misalnya sampah rumah tangga, metal, sampah plastik, bahkan sampah kaca.
Cocok untuk teman teman yang masih bingung membuang sampah sesuai jenisnya nih !

Kulkas Anti Freon



Diciptakan oleh dua siswa SD asal Semarang, Sanika Putra dan Arya Nardhana. Keduanya membuat lemari pendingin tanpa berbekal listrik sedikitpun. Bahan yang mereka gunakan pun cukup sederhana untuk dibuat. Bahan seperti kotak styrofoam, air dingin, dan pasir tentu mudah didapatkan. Cara menggunakannya pun mudah. Tempatkan bahan yang akan didinginkan ke dalam sebuah wadah kaleng. Kemudian letakkan di styrofoam. Lalu, isi kotak styrofoam dengan pasir dan air dingin.

Nah segitu aja artikel kali ini,  Yuk yuk berkarya ! Agar bisa berinovasi seperti adik adik dan teman teman kita  , keren kan.

#HimatemiaBISA
#HimatemiaGo

DAFTAR PUSTAKA

http://www.markijar.com/2015/07/hari-anak-nasional-pengertian-dan.html
https://www.goodnewsfromindonesia.id/2019/05/15/7-inovasi-teknologi

OPTIMALISASI LIMBAH SISIK IKAN MENJADI EDIBLE FILM BERBASIS KITOSAN Himatemia Research –

19.40.00 Add Comment


Siapa sih yang tidak mau makanan yang dijual ataupun yang akan dikonsumsinya dapat mempunyai umur yang lumayan lama a.k.a tidak cepat mengalami pembusukan? Wah pastinya setiap konsumen maupun produsen menginginkan hal tersebut kan. Nah kalian tau tidak sih kalau ternyata makanan bisa loh diperlambat pembusukannya dengan menggunakan lapisan tipis seperti plastik yang sifatnya tahan lama dan tentunya aman dan terbuat dari bahan baku yang ramah lingkungan. Hmm bahan baku ramah lingkungan itu seperti apa ya? Limbah sisik ikan bisa menjadi salah satu sumber bahan untuk dalam pengolahan membuat edible film. Ko bisa?
Nah kalian pasti penasaran kan, kira-kira ada apa hubungan limbah sisik ikan dengan cara menciptakan lapisan tipis untuk makanan yang aman dan tahan lama?
Yuk kita simak artikel dibawah ini!




Mengingat Indonesia termasuk negara kepulauan yang sebagian besar masyarakatnya mempunyai profesi sebagai nelayan tak jarang ditemukan setumpuk limbah sisik ikan yang terbuang begitu saja dan menjadi limbah laut yang tentu akan mendatangkan banyak dampak negatif mulai dari mengganggu kesehatan dan mengundang bencana seperti banjir. Karena hal tersebut ilmuan mengilhami dengan memanfaatkan limbah sisik ikan sebagai kitosan untuk membuat sebuah lapisan tipis atau edible film. Dikarenakan informasi mengenai pemanfaatan limbah sisik ikan dan edible film masih sedikit maka di artikel ini akan membahas bahan baku apa aja si dalam pembuatan edible film dan peran limbah sisik untuk edible film.
Berdasarkan dari penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa limbah sisik ikan dapat dimanfaatkan dalam pembuatan edible film karena limbah sisik ikan dapat diolah sebagai kitosan. Wah asing ya kata-kata dipembahasan kita kali ini, kira-kira sobat ilmiah ada yang tau tidak nih tentang apa itu edible film dan kitosan?


Edible film merupakan lapis tipis yang dapat diaplikasikan sebagai  pelapis  pelindung  makanan yang ramah lingkungan. Sebuah edible film harus mempunyai kandungan bahan utama seperti karbohidrat, gliserol, protein, dan dapat juga ditambahkan karagenan. Gliserol digunakan sebagai plasticizer untuk menguatkan hasil edible film, karbohidrat sebagai bahan pembentuk, protein sebagai penghambat pertumbuhan mikroorganisme. Kitosan sendiri dapat digunakan sebagai bahan baku protein dari pembuatan edible film.

Kitin dan kitosan merupakan polimer alamiah yang sangat melimpah keberadaannya di alam dan merupakan senyawa golongan karbohidrat yang dapat dihasilkan dari limbah hasil taut, khususnya golongan udang, ikanm kepiting, dan kerang. Kitin diperoleh dengan melalui proses deproteinasi dan demineralisasi. Kitosan merupakan produk dari proses deasetilasi kitin, yang memiliki sifat unik, karena polimer ini memiliki gugus arnin yang bermuatan positif, sedangkan polisakarida lain urnumnya bersifat netral atau bermuatan negatif. Oleh karena itu, kitosan dapat digunakan sebagai sumber material alami, sebab kitosan sebagai polimer alarni mempunyai karakteristik yang baik, seperti dapat terbiodegradasi, tak beracun dan dapat mengadsorpsi. Pengolahan kitin dan kitosan kegunaannya sangat luas dalam keperluan sehari hari. Kitin dan kitosan diolah sebagai bahan pengawet atau anti jamur di bidang kuliner (makanan).

Wah, sobat ilmiah semua sekarang pasti sudah pada tahukan ya tentang limbah sisik ikan yang dapat dimanfaatkan dalam pembuatan edible film yang ramah lingkungan terkhusus pada lingkungan laut loh..
Nah untuk sobat ilmiah semua, bisa banget nih mencoba meneliti atau melakukan kajian lmiah tentang si kitosan ini, lumayan kan buat judul penelitian ataupun KTI yang dilombakan. Hehe
Sampai sini dulu yah artikel nya, sampai ketemu di artikel ilmiah bulan depan Sobat Ilmiah….
#HimatemiaResearch
#HimatemiaGo

DAFTAR PUSTAKA
Ferhagucci, Helmi. 2012. Skripsi Pengaruh Penambahan Plasticizer Dan Kitosan Terhadap Karakter Edible Film Ca-Alginat. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Kusurnawati, N, 2009. Pemanfaatan Limbah Kulit Udang Sebagai Bahan Baku Pembuatan Mem bran ultrafiltrasi. 13 (2): 113-120.

Pratiwi, Rianta. 2014. Manfaat Kitin Dan Kitosan Bagi Kehidupan Manusia. Oseana, Volume XXXIX, Nomor 1, Tahun 2014: 35 - 43

Sanjaya, I. & L. Yuanita, 2007. Adsorpsi Pb (I:1-) oleh  Kitosan Hasil  Isolasi Kitin Cangkang Kepiting Bakau (Scylla sp.) Jurnal lima Dasar. 8 (1): 30-36.

Informasi Beasiswa PPA

14.32.00 Add Comment

Hallo Teknik Kimia 🙋

Ada kabar gembira nih buat kalian pemburu beasiswa! Universitas Sultan Ageng Tirtayasa membuka pendaftaran bagi penerima beasiswa PPA Semester Genap tahun 2019 ini dengan kuota sebanyak 662 mahasiswa 🙌
.
💠Beasiswa PPA diberikan kepada mahasiswa💠
1. Untuk S1 Beasiswa diberikan kepada mahasiswa paling rendah pada semseter II dan paling tinggi duduk pada semester VIII serta masih menjadi mahasiswa aktif
sekurang-kurangnya 6 bulan tahun anggaran berjalan.
2. Untuk D3 Beasiswa diberikan kepada mahasiswa paling rendah pada semseter II dan paling tinggi duduk pada semester IV
3. Penerima PPA periode Tahun 2018 yang masih memenuhi syarat dapat mendaftar kembali
.
📑Berkas yang harus dilampirkan sebagai berikut📑
1. Formulir Beasiswa PPA.
2. Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan Kartu Rencana Studi (KRS) atau yang sejenis sebagai bukti mahasiswa aktif.
3. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).
4. Fotokopi transkrip nilai yang disahkan oleh pimpinan perguruan tinggi dengan IPK minimal 3,00.
5. Fotokopi buku rekening BNI yang masih aktif.
6. Fotokopi piagam atau bukti prestasi lainnya pada bidang ko-kurikuler dan/atau ektrakurikuler (jika memiliki).
7. Surat pernyataan tidak menerima beasiswa/bantuan biaya pendidikan lain dari sumber APBN/APBD yang diketahui oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan.
8. Rekomendasi dari pimpinan Fakultas Jurusan.
9. Fotokopi kartu keluarga.
10. Surat keterangan tidak mampu atau layak mendapat bantuan yang dikeluarkan oleh Lurah/Kepala Desa atau pejabat berwenang (Bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu)
Batas terakhir pengumpulan berkas sesuai dengan ketentuan tanggal di fakultas masing-masing, dan dikumpulkan pada masing-masing fakultas.
.
⚠️Formulir pendaftaran beasiswa PPA 2019 dapat didownload dilink berikut ⚠
➡️ https://drive.google.com/file/d/1qz3_7ImrTiAPanvpk7Llpiy8IILFW3zk/view?usp=drivesdk⬅
.
__________________
Our social media:
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
Website: http://himatemiauntirta.com
Facebook: http://fb.com/himatemiauntirta
Instagram: himatemia_untirta
OA Line: @vik7460i

#HimatemiaBISA
#HimatemiaGo

Gelar Teknologi Kimia XX 2019

12.24.00 Add Comment
 
Hallo Teknik Kimia 😉
Ada kabar terbaru untuk kita semua !!!
Pendaftaran CHESPECTION (Chemical Engineering Scientific Paper Competition) dari serangkaian acara GTK XX telah dibuka guys🎉
.
Dengan tema "Peran Generasi Muda dalam Mengembangkan Teknologi Terbarukan yang Inovatif dan Solutif dalam Mewujudkan Program Pembangunan yang Berkelanjutan" ➡️Catat Tanggal pentingnya ya⬅️ :
👉 Pengumpulan Abstrak : 26 Mei - 18 Juli 2019 (EXTENDED)
👉 Pengumuman Abstrak : 19 Juli 2019
👉 Pengumpulan Fullpaper Gel.1 : 20 Juli - 2 Agustus 2019
👉 Pengumpulan Fullpaper Gel.2 : 3 - 30 Agustus 2019
👉 Pengumuman Fullpaper : 20 September 2019
👉 Persiapan Prototype : 20 September – 10 Oktober 2019
👉 Persentasi Finalis LKTI : 11 - 12 Oktober 2019
.
🌟FREE Abstrak LKTI
⚠Download panduan formulir pendaftaran di kmtk.ums.ac.id
.
Jangan lupa daftar dan jangan sampai ketinggalan ya guyss!! 😆😊
.
________________________

📣More Information 📣 :
📞Contact Us
☎ Haya (081281741027)
☎ Shella (089605297098)
Ig : kmtkums & gtk_ums
Line : oxs3111q
Fb : TEKNIK KIMIA UMS
Youtube : KMTK UMS
Web : kmtk.ums.ac.id
.
#HimatemiaBISA
#HimatemiaGO

LKTI Nasional Tracival 2019

21.55.00 Add Comment

▫ ✉ UKM TRAS (TIRTAYASA RESEARCH and ACADEMIC SOCIETY) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa✉ ▫
.
💡Kamu pemuda Bangsa Indonesia yang mempunyai karya-karya Inovatif? Jika iya, ayoo tuangkan ide cemerlangmu di Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional, Yuk Ikuti Event UKM TRAS (Tirtayasa Research and Academic Society)💡Proudly Present:
.
▫ 🚀 *Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional TRACIVAL 2019* 🚀
.
▫ "Peran Generasi Millenial Dalam Mengoptimalisasi SDGs di Era Revolusi Industri 4.0" 📑
.
FREE ABSTRAK 📑
.
📌 SUB TEMA 📌

1. Pendidikan

2. Sains dan Teknologi

3. Ekonomi dan Politik

4. Lingkungan

5. Sosial dan Budaya

6. Agrokompleks
.
▫ 📥 Syarat dan Ketentuan 📥 (Tercantum di Poster)
.
📩Kirim ke Email: tracival2019@gmail.com
.
📩Formulir Pendaftaran:

http://bit.ly/FormulirTRACIVAL2019
.
📩Panduan LKTIN TRACIVAL 2019:

http://bit.ly/PANDUANKTINTRACIVAL2019
.
▫ 🏆🏆 HADIAH JUARA 🏆🏆
.
🎗Juara 1: 💵3.000.000+🏆+🎁
.
🎗Juara 2: 💵2.000.000+🏆+🎁
.
🎗Juara 3: 💵1.000.000+🏆+🎁
.
🎗Juara Harapan 1: 💵+🏆+🎁
.
🎗Juara Harapan 2 : 💵+🏆+🎁
.
🎗Juara Harapan 3 : 💵+🏆+🎁 .
🎗Best Presentation : 🏆and 🎁
.
🎗Best Poster : 🏆 and 🎁

Cara Daftar : Daftar_LKTIN TRACIVAL 2019_2019_Nama Ketua👇
.
CP : Rohana (087750316580)
Anis Maryanih (089685708479)
Figi Arnesti Putri (087776933934)
.
📸 Instagram: @tracival_untirta

#HimatemiaBISA
#HimatemiaGo

Soil Festival 2019

09.44.00 Add Comment
 ⠀
Halo Teknik Kimia! 🤗✨
Selamat Pagi ☀️ Ada info lomba baru nih,
Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah (HMIT) - Institut Pertanian Bogor dalam rangka kegiatan Soil Festival 2019 mempersembahkan Lomba Soil Judging Contest dan Nasional Soil Cerdas Cermat untuk mahasiswa S1/D3/sederajat.
  ⠀
➡️Subtema⬅️
Isu keberlanjutan kelapa sawit dalam perspektif keilmuan.
⏳Linimasa:
📍30 Juni 2019 - Pembukaan pendaftaran lomba
📍31 Agustus 2019 - Penutupan pendaftaran lomba
📍15 September 2019 - Batas Pembayaran
📍18 Oktober 2019 - Rapat Teknis (IPB Dramaga, Bogor)
📍19 Oktober 2019 - Pelaksanaan lomba (IPB Dramaga, Bogor) 
📍20 Oktober 2019 - Pengumuman pemenang lomba (IPB Dramaga, Bogor) 
 ⠀
🎊Total Hadiah🎊 : Fully Funded Education Trip to Malaysia 3Days 2Night dan puluhan jutaan rupiah
📑 Panduan Lomba: bit.ly/bukupanduansoilfest2019
📝 Pendaftaran : bit.ly/kompetisisoilfest2019
 ⠀
CP Nurrahmawati Dewi
Line : nurrahmawd
WA : 085841937093
 ⠀
📣More Info📣
----------------------------
IG : @Soilfestival
LINE : @anp6344i
 ⠀
Yukk!! Ikut lombanya dan harumkan nama Teknik Kimia UNTIRTA 🙆‍♂️👍
 ⠀
#HimatemiaBISA
#HimatemiaGo


Latihan Dasar Organisasi dan Manajemen Organisasi

19.35.00 Add Comment


Badan Koordinasi Kegiatan Mahasiswa Teknik Kimia Indonesia atau biasa BKKMTKI merupakan suata badan yang menaungi himpunan-himpunan Teknik Kimia dari berbagai universitas di Indonesia. BKKMTKI didirikan di Palembang, 26 September 1987. BKKMTKI ini diadakan agar adanya pemerataan informasi bagi seluruh mahasiswa teknik kimia di Indonesia. Tujuan berdirinya BKKMTKI ini adalah untuk menjadikan mahasiswa teknik kimia Indonesia menjadi insan akademis dan organisatoris yang bertaqwa kepada Tuhan YME yang dipersiapkan sebagai tenaga profesional penggerak pembangunan menuju masyarakat adil dan makmur serta mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Nah, jadi temen-temen udah tau kan apa itu BKKMTKI? Sekarang yang akan kita bahas adalah LDO. Apa itu LDO? LDO merupakan singkatan dari Latihan Dasar Organisasi, dimana LDO ini adalah salah satu proker dan juga alur kaderisasi di BKKMTKI. Tahun ini LDO dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 27-28 April 2019 di Vila Grand SMESCO Hills, Bogor.
Pasti kalian udah gak asing dengan kalimat Latihan Dasar Organisasi. Yup, seperti yang kalian ketahui, LDO ini berisi kegiatan tentang dasar-dasar berorganisasi seperti manajemen waktu, manajemen organisasi dan lain-lain. Selain itu, ada pengenalan BKKMTKI. Kemudian ada games juga free time, dan pastinya di acara LDO ini kita bakal ketemu dari mahasiswa-mahasiswa Teknik Kimia dari kampus lain lho!
Nah, sekarang kita akan mereview materi yang kita dapat di LDO kemarin yaitu tentang manajemen waktu dan organisasi. Simak baik-baik ya!
Dalam berorganisasi tentunya kita harus bisa mengatur waktu juga organisasi yang kita jalani. Manajemen waktu yaitu cara untuk kita dapat memanfaatkan dah mengatur setiap bagian waktu untuk mencapai target yang telah direncanakan. Untuk dapat memanajemen waktu, sebaiknya kita dapat menentukan skala prioritas atau kepentingan penting mendesak, penting tidak mendesak, tidak penting mendesak dan tidak penting tidak mendesak.
Menentukan target dan rencana sangat penting untuk berorganisasi.
Nah, ngomong-ngomong manajemen organisasi. Manajemen Organisasi adalah sebuah proses dalam memanejerial sebuah organisasi baik dalam hal kepentingan bersama baik berupa pencapaian Visi maupun Misi dalam sebuah kerjasama demi tujuan yang mampu di pertanggung jawabkan bersama.
Fungsi manajemen organisasi adalah:

  • Planning

Menyusun rencana, berarti memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Agar dapat membuat rencana secara teratur dan logis, sebelumnya harus ada keputusan terlebih dahulu sebagai petunjuk langkah-langkah selanjutnya.

  • Organizing

Pengorganisasian atau organizing berarti menciptakan suatu struktur dengan bagian-bagian yang terintegrasi sedemikian rupa sehingga hubungan antar bidang-bidang satu sama lain dipengaruhi oleh hubungan mereka dengan keseluruhan struktur tersebut.

  • Staffing

Staffing merupakan salah satu fungsi manajemen berupa penyusunan personalia pada suatu organisasi sejak dini dari merekrut tenaga kerja, pengembangannya sampai dengan usaha agar setiap petugas memberi daya guna maksimal kepada organisasi.

  • Coordination

Koordinasi adalah keahlian untuk saling bekerjasama yang dilaksanakan oleh sebuah organisasi untuk meraih tujuan.

  • Controlling 

Pengawasan merupakan tindakan seorang ketua untuk menilai dan mengendalikan jalannya suatu kegiatan yang mengarah demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.

#HimatemiaBISA
#HimatemiaGo