Teknik Kimia di mata Dosen

10.32.00 Add Comment


Dr. Indar Kustiningsih, S.T.,M.T.  merupakan dosen senior di Teknik Kimia Untirta, beliau lulusan S1 Teknik Kimia Universitas Gajah Mada , S2 Teknik Kimia Universitas Indonesia , dan S3 Teknik Kimia Universitas Indonesia.
Bagaimana keseruan Wawancara mengenai pandangan beliau terhadap jurusan Teknik Kimia dan Mahasiswanya?? Yuk kita baca artikel berikut ini ...

Susah senangnya di Teknik Kimia?

Pasti mahasiswa baru semester 1 dan 2 kaget karena di SMA beda dengan di bangku perkuliahan, bahkan tak sedikit yang mulai beranggapan bahwa mereka salah jurusan loh! Mulai dari materi-materi yang diberikan oleh dosen, sampai hand book yang dipakai menggunakan b.inggris. semua itu butuh adaptasi,  Kita harus mencari teman yang rajin dan lingkungan yang baik karena lingkungan sekitar itu sangat berpengaruh terhadap pola keseharian kita. “ pada dasarnya saya menyukai matematika, kimia dan fisika, kagetnya saya waktu awal perkuliahan bukan di perhitungannya namun lebih ke hand book yang dipakai menggunakan bahasa inggris dan cara mengajar dosen yang sangat jauh berbeda dengan guru guru di SMA, sempat saya berfikir untuk mendaftar ke STAN tahun berikutnya ( semester 3), namun tidak jadi karena pada semester 3 akhirnya sudah merasa enjoy di Teknik Kimia” ucap beliau.

Bedanya Teknik Kimia dengan kimia



Teknik Kimia dengan Kimia Murni jelas berbeda, di Teknik Kimia kita mempelajari rekayasa untuk menghasilkan sesuatu (produk) yang bisa digunakan untuk keperluan manusia, dapat mendesain alatnya dan bahkan di tugas akhirnya dapat mendesain pabrik lengkap sampai analisa ekonominya. Sedangkan Kimia murni menyelidiki sifat dan struktur zat, serta interaksi antara materi-materi penyusun zat. “
Namun demikian, Kuliah di jurusan manapun, baik di Teknik Kimia maupun Kimia Murni mempunyai kesulitannya  masing-masing bukan hanya teknik saja yang sulit,Semuanya sama tidak ada yg mudah.  kalu sudah masuk ke jurusan tersebut, ya harus mampu belajar mengatur ritme perkuliahan,  punya komitmen, dan memilih teman yang baik, karena teman sangat berpengaruh”.

“Bagaimana tanggapan ibu mengenai Praktikum diteknik kimia?”

Kuliah di jurusan IPA pasti ada praktikumnya dan mepunyai kesulitan masing-masing jadi bukan Teknik Kimia saja yang berat. Kalian harus terbiasa di tempa, karena itu buat bekal kalian nanti jika terjun didunia industri, bahkan ketika nanti diterima kerja di industri  harus ditraining terlebih dahulu.. harus mau belajar lagi dan tetap kerja keras.
“Setiap ujian itu pasti sulit tidak ada yg mudah, yang jelas kita harus berusaha sebaik mungkin untuk melalui setiap ujian dalam perkuliahan, harus sering-sering minta doa orang tua karena doa orang tua itu sangat besar pengaruhnya dan  mendekatkan diri pada Allah. Kesulitan apapun yang kalian rasakan di bangku perkuliahan pasti akan berlalu, jika pada saat itu kalian merasa sangat berat dan ingin menangis ya nangis saja.. itu semua akan jadi kenangan indah koq pada saat kalian sudah lulus”. Pungkas beliau

 Bedanya Mahasiwa UI,UGM, dan Untirta

Di Universitas Indonesia, khususnya Departemen Teknik Kimia, atmosferik akademiknya kelihatan sekali, banyak spot-spot  untuk  mahasiswa yang berfungsi  sebagai tempat berkumpulnya mahasiswa mengerjakan tugas,  di UGM jika sedang ujian mereka tidak pernah diawas oleh dosen jadi pengawasnya dari TU, meskipun diawas oleh TU tetapi mereka tidak mencontek. Alumni di UGMpun saling berlomba-loma dan  berkontribusi membantu jurusan, seperti merenovasi ruangan kelas, renovasi taman- taman di kampus untuk mahasiswa mengerjakan tugas dan sebagainya. Banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan Untirta khusunya Teknik Kimia, yaitu bagaimana  caranya meningkatkan daya juang dan menciptakan atmosferik akademik yang bagus untuk lingkungan sekitar sehingga dapat meningkatkan kualitas akademik yang  baik untuk para Mahasiswanya.

#HimatemiaBISA
#HimatemiaGO

PRESTASI MEMBANGGAKAN KARYA ANAK BANGSA

12.38.00 Add Comment

Sebelumnya dan yang paling utama. Selamat hari anak bagi seluruh anak bangsa di negeri tercinta ini, Indonesia. Umumnya , kalian semua pasti tahu kan bahwa tanggal 23 juli adalah peringatan hari anak se-Indonesia. Tapi apakah kalian tahu mengapa tanggal 23 juli ditetapkan sebagai peringatan hari anak se-Indonesia ? Dan anak bangsa memiliki beragam karya yang patut di banggakan.
Apa saja ya kira kira ?

Nah untuk itu mari simak artikel dibawah ini, yuk !

 Hari Anak diselenggarakan pada tanggal yang berbeda-beda di berbagai negara di belahan dunia. Hari Anak Internasional diperingati setiap 1 Juni, sedangkan Hari Anak Universal diperingati setiap 20 November. Setiap Negara bisa saja merayakan Hari Anak pada tanggal yang berbeda-beda, namun perayaan ini tetap bertujuan sama yaitu menghormati hak-hak anak di seluruh dunia.

Sementara di Indonesia sendiri, Hari Anak Nasional diperingati setiap 23 Juli sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Presiden Soeharto) Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984. Berawal dari gagasan mantan presiden RI ke-2 (Soeharto), yang melihat anak-anak sebagai aset kemajuan bangsa, sehingga sejak tahun 1984 berdasarkan Keputusan Presiden RI No 44 tahun 1984, ditetapkan setiap tanggal 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional (HAN). Kegiatan Hari Anak Nasional dilaksanakan mulai dari tingkat pusat, hingga daerah.

Indonesia tidak kekurangan orang pintar. Hal ini terlihat dari banyaknya anak bangsa yang mencurahkan kepintaran mereka, untuk menciptakan teknologi baru yang memudahkan kehidupan. Bahkan, tak sedikit teknologi karya anak bangsa yang terkenal di dunia internasional. Hal itu juga sebagai bukti bahwa anak  memang layak dibilang sebagai aset kemajuan bangsa, karena sudah sangat banyak karya-karya serta prestasi hasil anak bangsa .
Apa saja sih karya anak bangsa tersebut ? Berikut adalah beberapa deretan terobosan baru yang unik cipta anak bangsa.

Sepedah Motor Listrik


Ciptaan mahasiswa Institut Teknologi 10 November (ITS). Sebuah sepeda motor yang bertenaga listrik diberi nama Gesits, sepeda motor ini menggunakan baterai berukuran 5kWH sebagai motor penggerak. Untuk sekali pengisian penuh, baterai tersebut mampu digunakan untuk perjalanan sejauh 80 bahkan 100 kilometer. Ketika baterai habis, hanya butuh waktu 4 jam saja loh untuk pengisian ulang sampai penuh kembali. Wah keren ya..

Tempat Sampah Pintar


Ciptaan Gede Herry Arum Wijaya, seorang mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya. Tong sampah itu memiliki teknologi sensor yang bisa mengelompokkan jenis sampah, sehingga mulut tong akan terbuka sesuai klasifikasi sampah. Misalnya sampah rumah tangga, metal, sampah plastik, bahkan sampah kaca.
Cocok untuk teman teman yang masih bingung membuang sampah sesuai jenisnya nih !

Kulkas Anti Freon



Diciptakan oleh dua siswa SD asal Semarang, Sanika Putra dan Arya Nardhana. Keduanya membuat lemari pendingin tanpa berbekal listrik sedikitpun. Bahan yang mereka gunakan pun cukup sederhana untuk dibuat. Bahan seperti kotak styrofoam, air dingin, dan pasir tentu mudah didapatkan. Cara menggunakannya pun mudah. Tempatkan bahan yang akan didinginkan ke dalam sebuah wadah kaleng. Kemudian letakkan di styrofoam. Lalu, isi kotak styrofoam dengan pasir dan air dingin.

Nah segitu aja artikel kali ini,  Yuk yuk berkarya ! Agar bisa berinovasi seperti adik adik dan teman teman kita  , keren kan.

#HimatemiaBISA
#HimatemiaGo

DAFTAR PUSTAKA

http://www.markijar.com/2015/07/hari-anak-nasional-pengertian-dan.html
https://www.goodnewsfromindonesia.id/2019/05/15/7-inovasi-teknologi

OPTIMALISASI LIMBAH SISIK IKAN MENJADI EDIBLE FILM BERBASIS KITOSAN Himatemia Research –

19.40.00 Add Comment


Siapa sih yang tidak mau makanan yang dijual ataupun yang akan dikonsumsinya dapat mempunyai umur yang lumayan lama a.k.a tidak cepat mengalami pembusukan? Wah pastinya setiap konsumen maupun produsen menginginkan hal tersebut kan. Nah kalian tau tidak sih kalau ternyata makanan bisa loh diperlambat pembusukannya dengan menggunakan lapisan tipis seperti plastik yang sifatnya tahan lama dan tentunya aman dan terbuat dari bahan baku yang ramah lingkungan. Hmm bahan baku ramah lingkungan itu seperti apa ya? Limbah sisik ikan bisa menjadi salah satu sumber bahan untuk dalam pengolahan membuat edible film. Ko bisa?
Nah kalian pasti penasaran kan, kira-kira ada apa hubungan limbah sisik ikan dengan cara menciptakan lapisan tipis untuk makanan yang aman dan tahan lama?
Yuk kita simak artikel dibawah ini!




Mengingat Indonesia termasuk negara kepulauan yang sebagian besar masyarakatnya mempunyai profesi sebagai nelayan tak jarang ditemukan setumpuk limbah sisik ikan yang terbuang begitu saja dan menjadi limbah laut yang tentu akan mendatangkan banyak dampak negatif mulai dari mengganggu kesehatan dan mengundang bencana seperti banjir. Karena hal tersebut ilmuan mengilhami dengan memanfaatkan limbah sisik ikan sebagai kitosan untuk membuat sebuah lapisan tipis atau edible film. Dikarenakan informasi mengenai pemanfaatan limbah sisik ikan dan edible film masih sedikit maka di artikel ini akan membahas bahan baku apa aja si dalam pembuatan edible film dan peran limbah sisik untuk edible film.
Berdasarkan dari penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa limbah sisik ikan dapat dimanfaatkan dalam pembuatan edible film karena limbah sisik ikan dapat diolah sebagai kitosan. Wah asing ya kata-kata dipembahasan kita kali ini, kira-kira sobat ilmiah ada yang tau tidak nih tentang apa itu edible film dan kitosan?


Edible film merupakan lapis tipis yang dapat diaplikasikan sebagai  pelapis  pelindung  makanan yang ramah lingkungan. Sebuah edible film harus mempunyai kandungan bahan utama seperti karbohidrat, gliserol, protein, dan dapat juga ditambahkan karagenan. Gliserol digunakan sebagai plasticizer untuk menguatkan hasil edible film, karbohidrat sebagai bahan pembentuk, protein sebagai penghambat pertumbuhan mikroorganisme. Kitosan sendiri dapat digunakan sebagai bahan baku protein dari pembuatan edible film.

Kitin dan kitosan merupakan polimer alamiah yang sangat melimpah keberadaannya di alam dan merupakan senyawa golongan karbohidrat yang dapat dihasilkan dari limbah hasil taut, khususnya golongan udang, ikanm kepiting, dan kerang. Kitin diperoleh dengan melalui proses deproteinasi dan demineralisasi. Kitosan merupakan produk dari proses deasetilasi kitin, yang memiliki sifat unik, karena polimer ini memiliki gugus arnin yang bermuatan positif, sedangkan polisakarida lain urnumnya bersifat netral atau bermuatan negatif. Oleh karena itu, kitosan dapat digunakan sebagai sumber material alami, sebab kitosan sebagai polimer alarni mempunyai karakteristik yang baik, seperti dapat terbiodegradasi, tak beracun dan dapat mengadsorpsi. Pengolahan kitin dan kitosan kegunaannya sangat luas dalam keperluan sehari hari. Kitin dan kitosan diolah sebagai bahan pengawet atau anti jamur di bidang kuliner (makanan).

Wah, sobat ilmiah semua sekarang pasti sudah pada tahukan ya tentang limbah sisik ikan yang dapat dimanfaatkan dalam pembuatan edible film yang ramah lingkungan terkhusus pada lingkungan laut loh..
Nah untuk sobat ilmiah semua, bisa banget nih mencoba meneliti atau melakukan kajian lmiah tentang si kitosan ini, lumayan kan buat judul penelitian ataupun KTI yang dilombakan. Hehe
Sampai sini dulu yah artikel nya, sampai ketemu di artikel ilmiah bulan depan Sobat Ilmiah….
#HimatemiaResearch
#HimatemiaGo

DAFTAR PUSTAKA
Ferhagucci, Helmi. 2012. Skripsi Pengaruh Penambahan Plasticizer Dan Kitosan Terhadap Karakter Edible Film Ca-Alginat. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Kusurnawati, N, 2009. Pemanfaatan Limbah Kulit Udang Sebagai Bahan Baku Pembuatan Mem bran ultrafiltrasi. 13 (2): 113-120.

Pratiwi, Rianta. 2014. Manfaat Kitin Dan Kitosan Bagi Kehidupan Manusia. Oseana, Volume XXXIX, Nomor 1, Tahun 2014: 35 - 43

Sanjaya, I. & L. Yuanita, 2007. Adsorpsi Pb (I:1-) oleh  Kitosan Hasil  Isolasi Kitin Cangkang Kepiting Bakau (Scylla sp.) Jurnal lima Dasar. 8 (1): 30-36.

Informasi Beasiswa PPA

14.32.00 Add Comment

Hallo Teknik Kimia ๐Ÿ™‹

Ada kabar gembira nih buat kalian pemburu beasiswa! Universitas Sultan Ageng Tirtayasa membuka pendaftaran bagi penerima beasiswa PPA Semester Genap tahun 2019 ini dengan kuota sebanyak 662 mahasiswa ๐Ÿ™Œ
.
๐Ÿ’ Beasiswa PPA diberikan kepada mahasiswa๐Ÿ’ 
1. Untuk S1 Beasiswa diberikan kepada mahasiswa paling rendah pada semseter II dan paling tinggi duduk pada semester VIII serta masih menjadi mahasiswa aktif
sekurang-kurangnya 6 bulan tahun anggaran berjalan.
2. Untuk D3 Beasiswa diberikan kepada mahasiswa paling rendah pada semseter II dan paling tinggi duduk pada semester IV
3. Penerima PPA periode Tahun 2018 yang masih memenuhi syarat dapat mendaftar kembali
.
๐Ÿ“‘Berkas yang harus dilampirkan sebagai berikut๐Ÿ“‘
1. Formulir Beasiswa PPA.
2. Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan Kartu Rencana Studi (KRS) atau yang sejenis sebagai bukti mahasiswa aktif.
3. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).
4. Fotokopi transkrip nilai yang disahkan oleh pimpinan perguruan tinggi dengan IPK minimal 3,00.
5. Fotokopi buku rekening BNI yang masih aktif.
6. Fotokopi piagam atau bukti prestasi lainnya pada bidang ko-kurikuler dan/atau ektrakurikuler (jika memiliki).
7. Surat pernyataan tidak menerima beasiswa/bantuan biaya pendidikan lain dari sumber APBN/APBD yang diketahui oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan.
8. Rekomendasi dari pimpinan Fakultas Jurusan.
9. Fotokopi kartu keluarga.
10. Surat keterangan tidak mampu atau layak mendapat bantuan yang dikeluarkan oleh Lurah/Kepala Desa atau pejabat berwenang (Bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu)
Batas terakhir pengumpulan berkas sesuai dengan ketentuan tanggal di fakultas masing-masing, dan dikumpulkan pada masing-masing fakultas.
.
⚠️Formulir pendaftaran beasiswa PPA 2019 dapat didownload dilink berikut ⚠
➡️ https://drive.google.com/file/d/1qz3_7ImrTiAPanvpk7Llpiy8IILFW3zk/view?usp=drivesdk⬅
.
__________________
Our social media:
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
Website: http://himatemiauntirta.com
Facebook: http://fb.com/himatemiauntirta
Instagram: himatemia_untirta
OA Line: @vik7460i

#HimatemiaBISA
#HimatemiaGo

Gelar Teknologi Kimia XX 2019

12.24.00 Add Comment
 
Hallo Teknik Kimia ๐Ÿ˜‰
Ada kabar terbaru untuk kita semua !!!
Pendaftaran CHESPECTION (Chemical Engineering Scientific Paper Competition) dari serangkaian acara GTK XX telah dibuka guys๐ŸŽ‰
.
Dengan tema "Peran Generasi Muda dalam Mengembangkan Teknologi Terbarukan yang Inovatif dan Solutif dalam Mewujudkan Program Pembangunan yang Berkelanjutan" ➡️Catat Tanggal pentingnya ya⬅️ :
๐Ÿ‘‰ Pengumpulan Abstrak : 26 Mei - 18 Juli 2019 (EXTENDED)
๐Ÿ‘‰ Pengumuman Abstrak : 19 Juli 2019
๐Ÿ‘‰ Pengumpulan Fullpaper Gel.1 : 20 Juli - 2 Agustus 2019
๐Ÿ‘‰ Pengumpulan Fullpaper Gel.2 : 3 - 30 Agustus 2019
๐Ÿ‘‰ Pengumuman Fullpaper : 20 September 2019
๐Ÿ‘‰ Persiapan Prototype : 20 September – 10 Oktober 2019
๐Ÿ‘‰ Persentasi Finalis LKTI : 11 - 12 Oktober 2019
.
๐ŸŒŸFREE Abstrak LKTI
⚠Download panduan formulir pendaftaran di kmtk.ums.ac.id
.
Jangan lupa daftar dan jangan sampai ketinggalan ya guyss!! ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜Š
.
________________________

๐Ÿ“ฃMore Information ๐Ÿ“ฃ :
๐Ÿ“žContact Us
☎ Haya (081281741027)
☎ Shella (089605297098)
Ig : kmtkums & gtk_ums
Line : oxs3111q
Fb : TEKNIK KIMIA UMS
Youtube : KMTK UMS
Web : kmtk.ums.ac.id
.
#HimatemiaBISA
#HimatemiaGO

LKTI Nasional Tracival 2019

21.55.00 Add Comment

▫ ✉ UKM TRAS (TIRTAYASA RESEARCH and ACADEMIC SOCIETY) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa✉ ▫
.
๐Ÿ’กKamu pemuda Bangsa Indonesia yang mempunyai karya-karya Inovatif? Jika iya, ayoo tuangkan ide cemerlangmu di Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional, Yuk Ikuti Event UKM TRAS (Tirtayasa Research and Academic Society)๐Ÿ’กProudly Present:
.
▫ ๐Ÿš€ *Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional TRACIVAL 2019* ๐Ÿš€
.
▫ "Peran Generasi Millenial Dalam Mengoptimalisasi SDGs di Era Revolusi Industri 4.0" ๐Ÿ“‘
.
FREE ABSTRAK ๐Ÿ“‘
.
๐Ÿ“Œ SUB TEMA ๐Ÿ“Œ

1. Pendidikan

2. Sains dan Teknologi

3. Ekonomi dan Politik

4. Lingkungan

5. Sosial dan Budaya

6. Agrokompleks
.
▫ ๐Ÿ“ฅ Syarat dan Ketentuan ๐Ÿ“ฅ (Tercantum di Poster)
.
๐Ÿ“ฉKirim ke Email: tracival2019@gmail.com
.
๐Ÿ“ฉFormulir Pendaftaran:

http://bit.ly/FormulirTRACIVAL2019
.
๐Ÿ“ฉPanduan LKTIN TRACIVAL 2019:

http://bit.ly/PANDUANKTINTRACIVAL2019
.
▫ ๐Ÿ†๐Ÿ† HADIAH JUARA ๐Ÿ†๐Ÿ†
.
๐ŸŽ—Juara 1: ๐Ÿ’ต3.000.000+๐Ÿ†+๐ŸŽ
.
๐ŸŽ—Juara 2: ๐Ÿ’ต2.000.000+๐Ÿ†+๐ŸŽ
.
๐ŸŽ—Juara 3: ๐Ÿ’ต1.000.000+๐Ÿ†+๐ŸŽ
.
๐ŸŽ—Juara Harapan 1: ๐Ÿ’ต+๐Ÿ†+๐ŸŽ
.
๐ŸŽ—Juara Harapan 2 : ๐Ÿ’ต+๐Ÿ†+๐ŸŽ
.
๐ŸŽ—Juara Harapan 3 : ๐Ÿ’ต+๐Ÿ†+๐ŸŽ .
๐ŸŽ—Best Presentation : ๐Ÿ†and ๐ŸŽ
.
๐ŸŽ—Best Poster : ๐Ÿ† and ๐ŸŽ

Cara Daftar : Daftar_LKTIN TRACIVAL 2019_2019_Nama Ketua๐Ÿ‘‡
.
CP : Rohana (087750316580)
Anis Maryanih (089685708479)
Figi Arnesti Putri (087776933934)
.
๐Ÿ“ธ Instagram: @tracival_untirta

#HimatemiaBISA
#HimatemiaGo

Soil Festival 2019

09.44.00 Add Comment
 ⠀
Halo Teknik Kimia! ๐Ÿค—✨
Selamat Pagi ☀️ Ada info lomba baru nih,
Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah (HMIT) - Institut Pertanian Bogor dalam rangka kegiatan Soil Festival 2019 mempersembahkan Lomba Soil Judging Contest dan Nasional Soil Cerdas Cermat untuk mahasiswa S1/D3/sederajat.
  ⠀
➡️Subtema⬅️
Isu keberlanjutan kelapa sawit dalam perspektif keilmuan.
⏳Linimasa:
๐Ÿ“30 Juni 2019 - Pembukaan pendaftaran lomba
๐Ÿ“31 Agustus 2019 - Penutupan pendaftaran lomba
๐Ÿ“15 September 2019 - Batas Pembayaran
๐Ÿ“18 Oktober 2019 - Rapat Teknis (IPB Dramaga, Bogor)
๐Ÿ“19 Oktober 2019 - Pelaksanaan lomba (IPB Dramaga, Bogor) 
๐Ÿ“20 Oktober 2019 - Pengumuman pemenang lomba (IPB Dramaga, Bogor) 
 ⠀
๐ŸŽŠTotal Hadiah๐ŸŽŠ : Fully Funded Education Trip to Malaysia 3Days 2Night dan puluhan jutaan rupiah
๐Ÿ“‘ Panduan Lomba: bit.ly/bukupanduansoilfest2019
๐Ÿ“ Pendaftaran : bit.ly/kompetisisoilfest2019
 ⠀
CP Nurrahmawati Dewi
Line : nurrahmawd
WA : 085841937093
 ⠀
๐Ÿ“ฃMore Info๐Ÿ“ฃ
----------------------------
IG : @Soilfestival
LINE : @anp6344i
 ⠀
Yukk!! Ikut lombanya dan harumkan nama Teknik Kimia UNTIRTA ๐Ÿ™†‍♂️๐Ÿ‘
 ⠀
#HimatemiaBISA
#HimatemiaGo


Latihan Dasar Organisasi dan Manajemen Organisasi

19.35.00 Add Comment


Badan Koordinasi Kegiatan Mahasiswa Teknik Kimia Indonesia atau biasa BKKMTKI merupakan suata badan yang menaungi himpunan-himpunan Teknik Kimia dari berbagai universitas di Indonesia. BKKMTKI didirikan di Palembang, 26 September 1987. BKKMTKI ini diadakan agar adanya pemerataan informasi bagi seluruh mahasiswa teknik kimia di Indonesia. Tujuan berdirinya BKKMTKI ini adalah untuk menjadikan mahasiswa teknik kimia Indonesia menjadi insan akademis dan organisatoris yang bertaqwa kepada Tuhan YME yang dipersiapkan sebagai tenaga profesional penggerak pembangunan menuju masyarakat adil dan makmur serta mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Nah, jadi temen-temen udah tau kan apa itu BKKMTKI? Sekarang yang akan kita bahas adalah LDO. Apa itu LDO? LDO merupakan singkatan dari Latihan Dasar Organisasi, dimana LDO ini adalah salah satu proker dan juga alur kaderisasi di BKKMTKI. Tahun ini LDO dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 27-28 April 2019 di Vila Grand SMESCO Hills, Bogor.
Pasti kalian udah gak asing dengan kalimat Latihan Dasar Organisasi. Yup, seperti yang kalian ketahui, LDO ini berisi kegiatan tentang dasar-dasar berorganisasi seperti manajemen waktu, manajemen organisasi dan lain-lain. Selain itu, ada pengenalan BKKMTKI. Kemudian ada games juga free time, dan pastinya di acara LDO ini kita bakal ketemu dari mahasiswa-mahasiswa Teknik Kimia dari kampus lain lho!
Nah, sekarang kita akan mereview materi yang kita dapat di LDO kemarin yaitu tentang manajemen waktu dan organisasi. Simak baik-baik ya!
Dalam berorganisasi tentunya kita harus bisa mengatur waktu juga organisasi yang kita jalani. Manajemen waktu yaitu cara untuk kita dapat memanfaatkan dah mengatur setiap bagian waktu untuk mencapai target yang telah direncanakan. Untuk dapat memanajemen waktu, sebaiknya kita dapat menentukan skala prioritas atau kepentingan penting mendesak, penting tidak mendesak, tidak penting mendesak dan tidak penting tidak mendesak.
Menentukan target dan rencana sangat penting untuk berorganisasi.
Nah, ngomong-ngomong manajemen organisasi. Manajemen Organisasi adalah sebuah proses dalam memanejerial sebuah organisasi baik dalam hal kepentingan bersama baik berupa pencapaian Visi maupun Misi dalam sebuah kerjasama demi tujuan yang mampu di pertanggung jawabkan bersama.
Fungsi manajemen organisasi adalah:

  • Planning

Menyusun rencana, berarti memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Agar dapat membuat rencana secara teratur dan logis, sebelumnya harus ada keputusan terlebih dahulu sebagai petunjuk langkah-langkah selanjutnya.

  • Organizing

Pengorganisasian atau organizing berarti menciptakan suatu struktur dengan bagian-bagian yang terintegrasi sedemikian rupa sehingga hubungan antar bidang-bidang satu sama lain dipengaruhi oleh hubungan mereka dengan keseluruhan struktur tersebut.

  • Staffing

Staffing merupakan salah satu fungsi manajemen berupa penyusunan personalia pada suatu organisasi sejak dini dari merekrut tenaga kerja, pengembangannya sampai dengan usaha agar setiap petugas memberi daya guna maksimal kepada organisasi.

  • Coordination

Koordinasi adalah keahlian untuk saling bekerjasama yang dilaksanakan oleh sebuah organisasi untuk meraih tujuan.

  • Controlling 

Pengawasan merupakan tindakan seorang ketua untuk menilai dan mengendalikan jalannya suatu kegiatan yang mengarah demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.

#HimatemiaBISA
#HimatemiaGo


Flavonoid si Zat Aromatik Penyembuh Diabetes Mellitius

06.04.00 Add Comment

Ada yang suka makan Cokelat ? Pasti banyak banget nih teman – teman semua penggemar makanan yang satu ini…
Tentunya kalian tahu kan kalo cokelat permen maupun makanan penutup ini berasal dari buah kakao atau yang memiliki nama latin Theobroma cacao L.
oh iya pasti teman – teman juga tahu bahwa selain cokelat, ada banyak sekali makanan manis yang biasa kita konsumsi sehari – hari, yang tentunya jika diiringi dengan pola hidup yang tidak sehat maka akan berisiko menyebabkan penyakit Diabetes mellitus.
Kira – kira apa sih hubungan buah Cacao dengan penyakit Diabetes Mellitus ?
Yuk, simak artikel yang satu ini…


Mengingat Indonesia sebagai Negara produsen kakao ketiga terbesar di dunia setelah Negara Pantai Gading dan Ghana di Afrika Barat serta konsumsi cokelat per kapita di Indonesia relatif masih rendah dan informasi tentang produk olahan  kakao dan cokelat untuk kesehatan juga  masih sedikit maka dalam tulisan ini akan dibahas tentang potensi keunggulan produk olahan kakao dan pengaruhnya terhadap kesehatan manusia.
Dari penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa ekstrak metanol kulit buah kakao memiliki senyawa metabolit sekunder seperti flavonoid dan tanin. Flavonoid merupakan salah satu golongan senyawa yang terbukti dapat digunakan sebagai antioksidan, antikanker, dan antidepresan.
 Wah, kaya akan manfaat sekali ya…, tapi sebenarnya sobat ilmiah tau nggak sih, apa itu flavonoid?
Flavonoid adalah senyawa-senyawa polifenol yang mempunyai 15 atom karbon, terdiri dari dua cincin benzena yang dihubungkan menjadi satu oleh rantai linier yang terdiri dari tiga atom karbon. Kelompok senyawa bioaktif yang banyak ditemukan pada bahan makanan yang berasal dari tumbuhan. Flavonoid serupa dengan antioksidan yang memiliki beragam manfaat untuk tubuh, yakni memperbaiki sel yang rusak akibat radikal bebas. Suplemen flavonoid juga diduga bisa mengurangi risiko kanker, hipertensi, dan diabetes.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan mahasiswa Unjani, Kadar flavonoid yang ditunjukkan dengan menggunakan metode AlCl3 adalah sebesar 0,2371±0,0004 %. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ekstrak metanol kulit buah kakao memiliki kadar flavonoid sebesar 0,2371±0,0004 %.
Buah-buahan dan sayuran merupakan sumber makanan yang baik untuk kita. Hal itu dikarenakan, baik sayuran dan buah-buahan kaya akan kandungan flavonoid.

Beberapa penelitian menunjukkan efek hipoglikemik dari flavonoid dengan beberapa mekanisme yaitu, mengurangi penyerapan glukosa, meningkatkan toleransi glukosa, meningkatkan sekresi insulin dengan cara regenerasi sel ฮฒ pankreas dan merangsang penyerapan glukosa pada jaringan perifer, serta mengatur aktivitas ekspresi enzim yang terlibat dalam metabolisme karbohidrat, sehingga flavonoid dianggap sebagai bahan alam yang menjanjikan dan secara signifikan merupakan bahan untuk memperkaya pilihan terapi diabetes melitus saat ini (Brahmachari, 2011).
Setelah menyimak pembahasan di atas, sobat ilmiah semua jadi pada tahu kan bahwa buah kakao yang biasa dibuat makanan cokelat ternyata mengandung zat yang dapat mengurangi risiko penyakit Diabetes loh…
Nah untuk sobat ilmiah semua, bisa banget nih mencoba untuk meneliti atau melakukan kajian lmiah tentang flavonoid ini, lumayan kan buat judul penelitian ataupun KTI yang dilombakan. Hehe
Sampai sini dulu ya artikel kali ini, sampai ketemu di artikel ilmiah bulan depan Sobat Ilmiah….

#HimatemiaResearch
#HimatemiaGo

Pengajian Teknik Kimia

23.10.00 Add Comment

(Senin,20/05/19) Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Untirta mengadakan pengajian Ramadhan 2019 yang di selenggarakan di Auditorium letter U FT.UNTIRTA. Dalam pengajian tersebut menghadirkan narasumber yaitu Dr.ing Anton Irawan S.T.,M.T. Pengajian ini diikuti oleh Dosen dan Mahasiswa

Dalam pengajian kali ini beliau membahas materi yang berjudul "Mendekat Kepada Allah SWT"
Seperti dikutip pada QS.Al-Baqarah: 186, 'dan apabila hamba-hambaku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang aku, maka sesungguhnya aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdo'a apabila dia berdo'a kepada-ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintahku) dan beriman kepadaku, agar mereka memperoleh kebenaran'.

Maka dari itu jadikanlah dunia ini sebagai ladang untuk mencari kebaikan agar semakin dekat kepada Allah SWT.
Apa saja cara mendekatkan diri kepada Allah SWT??
1. Sholat lima waktu, dengan tepat waktu
2. Selalu bersyukur atas segala sesuatu yang telah di berikan Allah kepada kita
3. Ingat kematian dan dan tidak tergiur dengan dunia
4. Berzikir dan mengerjakan ibadah sunnah

Terakhir, beliau juga menyampaika pesan kepada setiap  mahasiswa seperti berikut:
-Selesaikan segera kuliah anda dan jangan ditunda-tunda lagi
- Bangunlah kompetensi anda mulai dari sekarang dan saudara akan tunai 5-10 tahun kedepan
- Tidur malam paling telat pukul 22.00 dan bangun paling lambat pukul 03.00 WIB. Jika anda tidur terlampau larut maka tubuh anda akan merasa lelah dan jikalau terbangun terlalu siang maka anda akan kehilangan kesempatan emas untuk produktif.

Chemical Engineering Research Competition

12.19.00 Add Comment

Hallo semua๐Ÿ™Œ
Ada info lomba baru nihh, HMTK Universitas Diponegoro mengadakan lomba yaitu cerco ( Chemical Engineering Research Competition ), dengan tema :
"Innovation in Applied Research New and Advanced Technology for Sustainable Development Goals 2030 : Chemical Resources Conversion."

๐Ÿ“Adapun untuk Sub tema :
1. Energy Resources and Reneweble Energy
2. Material,  Science and Development
3. Climate and Environtment
4. Waste Treatment
5. Food and Bioprocess
6. Process and System Engineering
7. Separation Process
8. Pharmaeutical Materials

▶️ Adapun untuk Timeline :
๐Ÿ”บ9 Mei - 7 Juli 2019 : Registration and abstract deadline
๐Ÿ”บ7 Juli - 21 Juli 2019 : Stage I selection
๐Ÿ”บ22 Juli : Announcement of abstract selection result
๐Ÿ”บ23 Juli - 25 Agustus 2019 : Full paper submission
๐Ÿ”บ25 Agustus - 24 September 2019 : Stage II selection
๐Ÿ”บ25 September 2019 : Finalist announcement
๐Ÿ”บ24 Oktober 2019 : Technical Meeting
๐Ÿ”บ25 Oktober 2019 : Grand final and culture trip
๐Ÿ”บ26 Oktober 2019 : Grand seminar, expo and winner announcement

๐Ÿ“ฑContact Person๐Ÿ“ฑ
FERRIS ANDHIKA : 082138006203
Idline : ferris030201
SABRINA RAHMI A : 081563571880
Idline : sabrinarahmia

๐Ÿ“ฃMore Info๐Ÿ“ฃ
Website : creation.undip.ac.id
Line : @qlk57560
Email : creationundip@che.undip.ac.id
Facebook : creation undip
Youtube : creation undip
Instagram : creationundip
Twitter : @creationundip

Yuk ikut lomba dan harumkan nama Teknik Kimia!๐Ÿ˜Š

#HimatemiaBISA⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
#HimatemiaGo

Beasiswa Chandra Asri

11.45.00 Add Comment

Hallo Teknik Kimia๐Ÿ™‹
Kabar baik bagi kalian pemburu beasiswa! PT Chandra Asri Petrochemical (CAP) mengadakan program beasiswa bagi mahasiswa/i UNTIRTA dan juga mengadakan Sosialisasi.

Program beasiswa tersebut diperuntukan untuk mahasiswa :
1. Fakultas Hukum
2. Fakultas Ilmu Sosial Politik
3. Fakultas Pertanian
4. Fakultas Teknik
5. Fakultas Ekonomi
6. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Adapun untuk Persyaratan Umumnya yaitu :
◾️Sudah lulus minimum 90 sks
◾️Indeks Prestasi Kumulatif > 3.25
◾️Belum menerima beasiswa dari institusi lain

Untuk Jadwal Program nya yaitu :
๐Ÿ”บ10 Mei 2019 : Presentasi/Sosialisasi
๐Ÿ”บ19 Mei 2019 : Batas kirim aplikasi elektronik
๐Ÿ”บ27 Mei 2019 : Pengumuman seleksi awal
๐Ÿ”บ24 Mei 2019 : Endurance Focus Group Discussion (FGD)
๐Ÿ”บ25 Mei 2019 : Wawancara
๐Ÿ”บ01 Juni 2019 : Pengumuman Akhir

Untuk Pendaftaran aplikasi beasiswa telah dibuka dan dapat diunduh melalui ๐Ÿ‘‡www.chandra-asri.com

✨Presentasi/Sosialisasi Program Beasiswa✨
๐Ÿ“† Jum'at, 10 Mei 2019
⌚ Pukul : 08.00 - 11.00 WIB
๐Ÿ“Tempat :  Ruang Aula Teknik, Fakultas Teknik, kampus UNTIRTA Cilegon, Jl Jend. Sudirman Km 3 Cilegon - Banten

#HimatemiaBISA⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
#HimatemiaGo

Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional ITS

18.17.00 Add Comment

✨[ LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL ITS ]✨

Halo teman teman Teknik Kimia ! ๐Ÿ™Œ 
Institut Teknologi Sepuluh Nopember mengadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah  "  The Application of Chemistry by Making an Eco Friendly Technology to Face the Industrial Revolution 4.0 "

๐Ÿ“Dengan sub tema :
 • ECO Friendly Material 
 • Bio Energi
 • Waste Treatment

⏩Persyaratan :
1. Peserta merupakan mahasiswa aktif (D3 /D4/S1) perguruan tinggi negeri atau swasta di Indonesia yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) aktif

2. Peserta adalah individu atau kelompok yang terdiri dari maksimal 1 orang dalam satu perguruan tinggi yang sama ( diperbolehkan dari tahun angkatan dan disiplin ilmu yang berbeda) 

3. Setiap mahasiswa hanya diperbolehkan menjadi ketua pada satu karya tulis atau menjadi anggota pada keduanya

๐Ÿ—“️Pendaftaran dan pengumpulan abstrak maksimal tanggal 10 Mei 2019

๐ŸŽHadiah pemenang :
- Juara 1 : Trophy bergilir Gubernur Jawa Timur + Uang Rp 4.500.000 + Piagam penghargaan

- Juara 2 : Trophy + Uang Rp 3.500.000 + Piagram penghargaan

- Juara 3 : Trophy + Uang Rp 2.000.000 + Piagam penghargaan

- Best Presentation : Uang Rp 500.000 + Piagam penghargaan

- Best Exhibition : Uang Rp 500.000 + Piagam penghargaan

Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi Contact Person dibawah ini :
 Trie Oriana : 082240780526 Syarah Habibah : 089673126331
twitter : @chemweekits

#HimatemiaBISA
#HimatemiaGO

LKTIM unnes 2019

09.12.00 Add Comment


Hallo sahabat ๐Ÿ™‹
Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional hadir kembali ๐Ÿ”ฌ
_________________________
๐Ÿ“ŒTema
"Strategi dan Inovasi Generasi Milenial dalam Pengembangan IPTEK serta Sumber Daya untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0"

Subtema:
1. Teknologi
2. Energi
3. Agrokompleks
4. Lingkungan

๐ŸŽฏSyarat dan Ketentuan Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Nasional 2019๐ŸŽฏ
1. Peserta terdaftar sebagai mahasiswa aktif (D3/S1) dibuktikan dengan scan Kartu Tanda Mahasiswa dan Surat Keterangan Mahasiswa Aktif atau Kartu Rencana Studi dari fakultas di perguruan tinggi masing-masing.
2. Setiap tim terdiri dari minimal 2 orang dan maksimal 3 orang dengan 1 orang sebagai ketua tim dan yang lain sebagai anggota tim .
3. Peserta boleh berasal dari program studi maupun fakultas yang berbeda, tetapi harus dalam perguruan tinggi yang sama.
4. Setiap peserta dapat bergabung dalam 2 tim yang berbeda, dan setiap tim boleh terdiri dari mahasiswa D3/S1.
5. Setiap peserta hanya boleh menjadi ketua tim pada satu karya tulis

๐Ÿ“Timeline Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Nasional 2019๐Ÿ“
- Pendaftaran dan Pengumpulan Abstrak: 12 April – 5 Mei 2019
- Pengumuman Abstrak: 15 Mei 2019
- Pembayaran dan Pengiriman Full Paper: 16 Mei –28 Mei 2019
- Pengumuman Finalis: 1 Juli 2019
- Technical Meeting: 27 Juli 2019
- Grand Final: 28 Juli 2019
- Pengumuman dan Fieldtrip: 29 Juli 2019

Hadiah Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Nasional 2019
Juara 1 : Rp 3.000.000 (trofi+sertifikat)
Juara 2 : Rp 2.000.000 (trofi+sertifikat)
Juara 3 : Rp 1.000.000 (trofi+sertifikat)
Harapan 1 : Uang Pembinaan (trofi+sertifikat)
Harapan 2 : Uang Pembinaan (trofi+sertifikat)
Best Poster : (Trofi+sertifikat)
Best Presentation : (Trofi+sertifikat)
Best Paper : (Trofi+sertifikat)

*Semua peserta yang lolos seleksi tahap 1 (seleksi abstrak) akan mendapatkan e-sertifikat LKTI Nasional 2019 yang akan dikirim via e-mail ketua tim.

Fasilitas:
- E-sertifikat bagi peserta lolos abstrak
- Throphy
- Uang jutaan rupiah
- Fieldtrip
- Penginapan

Tempat babak Final Universitas Negeri Semarang

Bagi yang ingin mendaftar dapat mengisi formulir pendaftaran di :
http://bit.ly/lktimunnes2019

Free Pendaftaran Abstrakk !!!!

For More Information
๐Ÿ“ฒAfrizal Malna (087856862369)
๐Ÿ“ฒRizky Amalia (089661716345)
_________________________
Our social media:

Website: http://himatemiauntirta.com
Facebook: http://fb.com/himatemiauntirta
Instagram: himatemia_untirta
OA Line: @vik7460i
Twitter: @himatemia_ft

#HimatemiaBISA
#HimatemiaGo

Harapan Masa Depan! Beberapa Teknologi ini Bisa Menggantikan Plastik

14.37.00 Add Comment

Saat ini, banyaknya limbah plastik telah menjadi masalah di seluruh dunia karena sifat plastik yang membutuhkan waktu lama untuk terurai bahkan bisa mencapai ratusan tahun. Pemakaian plastik dalam jumlah banyak juga turut mengambil andil dari meningkatnya masalah ini. Apabila hal ini dibiarkan, lingkungan hidup kita akan semakin rusak dan tidak sehat sehingga suatu solusi dibutuhkan.

Banyak ilmuwan dan masyarakat yang mulai menciptakan berbagai alternatif pengganti plastik. Teknologi ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk masalah limbah plastik yang sudah tidak terbendung. Nah, apa sajakah teknologi tersebut? Berikut adalah ulasannya!

1. Kantong belanja dari pati singkong


Kantong belanja pada umumnya kita temukan terbuat dari plastik, tetapi seorang entrepreneur dari Bali, Kevin Kumala, berhasil menciptakan kantong belanja berbahan pati singkong. Melalui perusahaan yang didirikannya yaitu Avani, kantong plastik yang diciptakannya bisa dikomposkan dengan mudah dan telah tersertifikasi bebas bahan toksik.
Dengan penemuan ini, diharapkan penggunaan plastik yang sulit terurai dapat dikurangi dan lingkungan menjadi lebih sehat

2. Styrofoam dari jamur


Produk ini diciptakan oleh Ecoative dengan bahan dasar miselium jamur yang diproses dan dibentuk sedemikian rupa agar bisa digunakan sebagai kemasan produk. Kemasan yang dihasilkan cukup tebal dan menyerupai styrofoam sehingga cocok untuk mengemas berbagai jenis produk.

Jamur yang digunakan ditumbuhkan menggunakan media dari limbah pertanian sehingga ramah lingkungan. Selain itu, produk ini juga tidak memiliki tambahan senyawa kimia apapun. Produk yang dinamakan mResin ini sangat ramah lingkungan mulai dari proses produksi hingga dibuang dan terurai dengan sendirinya.

3. Polikarbonat dari gabungan gula dan karbon dioksida


Para peneliti dari Centre of Sustainable Chemical Technologies (CSCT), Inggris berhasil menemukan plastik buatan yang berasal dari gabungan gula dan karbon dioksida. Mereka menggunakan kombinasi bahan tersebut untuk menciptakan bahan sejenis polikarbonat yang umumnya digunakan untuk lensa kaca mata, kaset, dan botol minum.

Umumnya, plastik polikarbonat terbuat dari minyak bumi dan sulit diurai oleh alam, tetapi teknologi terbaru ini memungkinkan untuk membuat polikarbonat yang mudah diurai. Selain itu, gula dan karbon dioksida lebih mudah ditemukan dan murah harganya dibandingkan minyak bumi. Meski produk ini masih dalam tahap penelitian, ide ini dapat menjadi solusi untuk menggantikan plastik di masa depan.

4. Botol minum dari ekstrak mikroalga


Institusi ilmu pengetahuan bernama European Institute of Innovation and Technology (EIT) berhasil menciptakan kemasan air minum berbentuk bola yang bisa dimakan, karena terbuat dari ekstrak mikroalga. Produk ini dinamakan Ooho dan sudah mulai diproduksi dalam skala kecil sejak 2014 lalu.

Selain harga Ooho yang lebih murah dibanding plastik, penggunaan edible water bottle ini tidak meninggalkan emisi karbon dioksida karena bisa langsung dimakan. Meski belum diproduksi massal, Ooho sudah banyak digunakan untuk acara olahraga seperti maraton karena lebih praktis.

Nah, jadi itulah beberapa teknologi yang diharapkan suatu hari bisa menggantikan plastik. Meski tidak semua teknologi tersebut sudah hadir di Indonesia, tentu rasanya senang karena ada harapan untuk masa depan bumi tercinta kita.

“Bumi ini cukup untuk tujuh generasi, namun tidak akan pernah cukup untuk tujuh orang serakah”. – Magatma Gandhi.

Selamat Hari Bumi.... Yuk kita bersama menjaga bumi yg menjadi tempat tinggal kita saat ini!!

Lomba Karya Tulis Ilmiah PIN 2019

21.35.00 Add Comment

๐Ÿšจ๐Ÿšจ๐Ÿšจ๐Ÿšจ๐Ÿšจ๐Ÿšจ๐Ÿšจ

PEKAN ILMIAH NASIONAL 4

๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ŠHallo sahabat siswa dan mahasiswa di seluruh Indonesia๐Ÿ‘‹๐Ÿคฉ๐ŸŽ‰

๐Ÿ“ฃ Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional PIN 2019

_____
Pendaftaran : 16 Maret - 1 Mei 2019
Abstrak gelombang 1 : 16 Maret - 8 April 2019
Abstrak gelombang 2 : 9 April - 1 Mei 2019
Pengumuman abstrak : 11 Mei 2019
Pengumpulan full paper gelombang 1 : 12 Mei - 12 Juni 2019
Pengumpulan full paper gelombang 2 : 13 Juni - 12 Juli 2019
Pengumuman finalist : 17 Agustus 2019
Technical Meeting 19 September
Pelaksanaan PIN : 20 September - 22 September 2019
______

✨ Jadilah Bagian dari PIN#4 dan Tunjukkan Karya Terbaikmu✨

๐Ÿ“Œ Tema
"INOVASI GENERASI MILLENIAL MENGHADAPI TANTANGAN GLOBAL DALAM UPAYA MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI INDONESIA"

Sub tema
1. Industri
2. Energi dan Sumber Daya Mineral
3. Pendidikan
4. Sosial Budaya
5. Kesehatan
6. Teknologi
7. Agrokompleks
8. Lingkungan
9. Ekonomi
10. Sains

Hadiah untuk Siswa

Juara I            Rp3.500.000,- (Tiga Juta  Lima Ratus Rupiah) +Tropi +Sertifikat)
Juara II          Rp2.500.000,- (Dua Juta Lima Ratus Rupiah)+Tropi +Sertifikat
Juara III         Rp1.500.000,- (Satu Juta  Lima Ratus Rupiah)+Tropi +Sertifikat)
Juara harapan I Piala + sertifikat + souvenir
Juara harapan II Piala + sertifikat + souvenir
Juara harapan III Piala + sertifikat + souvenir
Ekspo Terbaik Piala + Sertifikat + souvenir


Hadiah untuk Mahasiswa

Juara I: Rp3.500.000,- (Tiga Juta  Lima Ratus Rupiah) +Tropi +Sertifikat)
Juara II: Rp2.500.000,- (Dua Juta Lima Ratus Rupiah)+Tropi +Sertifikat
Juara III: Rp1.500.000,- (Satu Juta  Lima Ratus Rupiah)+Tropi +Sertifikat)
Juara harapan I: Piala + sertifikat + souvenir
Juara harapan II: Piala + sertifikat + souvenir
Juara harapan III: Piala + sertifikat + souvenir
Ekspo Terbaik: Piala + Sertifikat + souvenir


๐Ÿ† TOTAL Hadiah ๐Ÿ’ต 15.000.000 ๐Ÿ’ธ

Terpilihnya Rektor UNTIRTA 2019

20.40.00 Add Comment


Senat Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Serang, Banten akan mengirimkan hasil sidang pemilihan Rektor periode 2019-2023 yang dimenangkan dengan telak oleh Dr. H. Fatah Sulaiman .S. T., M.T. Fatah saat ini menjabat sebagai Wakil Rektor bidang akademik Untirta.

Pada rapat senat yang digelar 12 April 2019 kemarin, dari 37 anggota senat, 30 suara menjatuhkan pilihannya kepada Fatah Sulaiman, sisanya untuk TB Ismail dan Suherman.

Adapun visi dan misi Dr Fatah Sulaiman, ingin mewujudkan Untirta 2030 memiliki daya saing di ASEAN. Langkahnya, meningkatkan kualitas relevansi dan daya saing pendidikan serta lulusan yang unggul, berkarakter, berdaya saing. “Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berbasis kebutuhannya dan perkembangan zaman,” kata Fatah.

Selain itu, kata dia, meningkatkan daya dukung tata kelola perguruan tinggi yang baik sebagai implementasi dari integrated smart and green university. “Penguatan dosen dan penambahan guru besar menjadi kebutuhan mendesak ke depan,” pungkasnya.

Menanggapi hasil ini, R.S. Suroyo Jr. Presiden Mahasiswa BEM KBM Untirta 2008 berpendapat bahwa Fatah Sulaiman adalah figur yang tepat untuk meneruskan kepemimpinan Untirta kedepan.

“Pak Fatah punya rekam jejak yang panjang dan berpengalaman. Dengan kepercayaan mayoritas senat kepada beliau membuktikan bahwa kinerja Pak Fatah sebagai Kepala Pusdainfo, Wakil Rektor IV bidang Kerjasama dan Wakil Rektor I bidang Akademik pada periode-periode sebelumnya dinilai berhasil”, tutur Ketua Harian DPP Pemuda Tani Indonesia ini.

“Keberhasilan beliau mengawal akreditasi A Untirta dan memulai pembangunan kampus Sindang Sari adalah salah satu alasan kuat untuk Pak Fatah melanjutkan kepemimpinan Untirta”, tambahnya.

Senada dengan Suroyo, Angga Hermanda Wakil Presiden BEM KBM Untirta 2013 menyambut baik hasil keputusan senat tersebut.

“Pada pemilihan Rektor Untirta tahun 2011, Pak Fatah memperoleh suara tertinggi dikalangan Mahasiswa. Beliau dipercaya sebagai jembatan bagi tokoh muda dan tokoh senior di Untirta”, terang Angga.

“Pernah mendapat suara terbanyak mahasiswa dan memperoleh mayoritas suara senat Untirta sudah cukup kuat bagi Menristek Dikti untuk juga memilih Pak Fatah menjadi Rektor Untirta periode 2019-2023”, tutup Sekretaris Lembaga Kajian Damar Leuit ini.

Posco Asia Fellowship Scholarship 2019

21.26.00 Add Comment


Hallo Teknik Kimia๐Ÿ™Œ
Ada kabar gembira nih buat kalian pemburu beasiswa! Posco TJ Park Foundation membuka pendaftaran beasiswa dana pendidikan kepada 15 mahasiswa UNTIRTA program Strata-1 (S1) dan maksimal semester 6.

๐Ÿ‘‰Persyaratan yang harus dilengkapi:๐Ÿ‘ˆ
- Surat keterangan aktif kuliah terbaru.
- Surat kesediaan mengikuti rangkaian kegiatan pemberi dan pengelola beasiswa.
- Surat keterangan tidak sedang menerima beasiswa dari instansi lain.
- Transkip nilai terakhir yang dilegalisir dengan IPK Min. 3.30
- CV atau Resume dengan data prestasi akademik/non akademik.
- Motivational Letter (dalam Bahasa Inggris).
- Slip gaji orang tua yang sudah di sahkan.
- Sertifikat kemampuan  berbahasa inggris (jika ada).
- KTP
- KK
- Buku tabungan BNI atas nama pribadi (halaman depan).

๐Ÿ‘‰Proses Seleksi:๐Ÿ‘ˆ
◾️Pendaftaran
◾️Seleksi Administrasi
◾️Interview
◾️Pengumuman Final

Klik link dibawah ini, untuk dapat mengunggah seluruh berkas persyaratan๐Ÿ‘‡
www.io.untirta.ac.id

⚠️Pendaftaran terakhir tanggal 30 April 2019

๐Ÿ“ฃUntuk informasi lebih lanjut kunjungi UPT. PLI UNTIRTA (Gedung UPT Terpadu lt.2).

#HimatemiaBISA
#HimatemiaGo

Teknik Kimia bukan Kimia biasa

10.35.00 Add Comment

Meskipun memiliki nama “Kimia“, jurusan teknik yang satu ini tidak semata-mata belajar tentang reaksi kimia saja. Apa saja itu?
Di dalam artikel ini akan dibahas tentang apa itu teknik kimia, mata kuliah dalam teknik kimia, dan peluang kerja dari sarjana teknik kimia.

APA ITU TEKNIK KIMIA?
Meskipun jurusan ini memiliki nama “Kimia”, tapi yang akan dipelajari tidak hanya kimia saja, terdapat mata kuliah Fisika dan Matematika yang cukup banyak. Sehingga bermodal “suka kimia” saja tidak cukup untuk bisa bertahan di jurusan ini. Di jurusan Teknik Kimia, mempelajari tentang bagaimana cara mengolah bahan mentah menjadi produk dalam skala besar misalnya mengekstrak sari buah jeruk dalam skala besar, seperti apa proses perancangan pabrik yang harus dibuat, seperti apa penanganan bahan baku, standar keamanan pabrik, serta mempelajari cara membuat proses tersebut lebih efisien lagi.

Seorang sarjana Teknik Kimia juga di tuntut untuk bisa memahami alur proses pembuatan produk, mulai dari bahan baku, alat-alat yang dibutuhkan, jenis proses, kondisi proses (temperatur, tekanan, laju alir), merancang layout pabrik, sampai ke evaluasi ekonomi dan studi kelayakan dari pabrik tersebut. Fokus utama Teknik Kimia ada di pemrosesan bahan baku yang ada di sebuah pabrik atau industri, termasuk di dalamnya bagaimana merancang pabrik tersebut.

MATA KULIAH DI TEKNIK KIMIA
Sebagai referensi maka di dalam artikel ini menampilkan mata kuliah di jurusan teknik kimia pada Universitas Sultan Ageng Tirtayasa


Seperti yang terlihat bahwa fisika lebih mendominasi di dalam mata kuliah teknik kimia. Selain itu, teman-teman juga harus belajar tentang matematika dan kimia. Walaupun kimia di jurusan ini tidak mendominasi namun kimia merupakan salah satu mata kuliah yang wajib dipahami di awal semester terlebih untuk mekanisme reaksi yang nantinya akan berguna dalam perancangan pabrik.


PELUANG KERJA TEKNIK KIMIA
Hampir semua perusahaan yang memiliki pabrik pengolahan butuh ilmu dari sarjana Teknik Kimia, mulai dari industri otomotif, industri makanan, industri semen, minyak dan gas, pertambangan, pabrik pupuk, energi, hingga obat-obatan. Pilihan Perusahaan untuk industri makanan yaitu mulai dari Indofood, Mayora, Garuda Food, Dua Kelinci, Campina, Frisian Flag, Nestle, Danone, Kapal Api, dll. Sedangkan pilihan lain dari industri obat-obatan seperti Kalbe Farma, Tempo Scan Pasific, Dexa Medica, Sanbe Farma. Tidak lupa juga perusahaan consumer goods “raksasa” seperti Unilever dan Wings Group. Perusahaan ini dituntut untuk terus berinovasi untuk membuat produk-produk baru yang tentu saja melibatkan proses kimia. Industri Semen, Petrokimia dan Pupuk juga butuh ahli kimia industri, seperti PT Chandra Asri Petrochemical, Lotte Chemical Titan Nusantara, Petrokimia Gresik, Pupuk Kaltim, Pupuk Sriwijaya (Pusri), Semen Gresik, Semen Baturaja, Holcim, Semen Tigaroda, dll.
Tidak jarang sarjana Teknik Kimia masuk ke perusahaan Energi (minyak, gas dan batubara) karena gajinya yang “wah”, diantaranya perusahaan Pertamina, Chevron, Medco Energy, CNOOC SES, Exxon, Shell, Total E&P dan BP (dulunya “British Petroleum”).


Akhir kata, jurusan Teknik Kimia merupakan salah satu jurusan Teknik yang sangat menjanjikan. Selama ada industri pengolahan, peluang kerja bagi sarjana Teknik Kimia juga akan selalu terbuka. Jika anda suka dengan Kimia, Fisika, dan Matematika serta bidang rekayasa (engineering), ini adalah jurusan yang tepat. Namun harus tetap diingat jurusan kimia sangat berbeda dengan jurusan kimia. Lalu, apakah teman-teman tertarik masuk jurusan Teknik Kimia?

Fakta di balik perayaan April Mop

17.40.00 Add Comment

Setiap tangal 1 April, sebagian orang menyebut hari itu dengan perayaan April Mop. April Mop sendiri adalah suatu hari yang diperbolehkan melakukan kebohongan, kesaksian palsu atau lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah. April Mop atau April Fools’ Day ditandai dengan aksi tipu-menipu dan candaan terhadap orang lain dengan tujuan mempermalukan mereka yang mudah ditipu.
Hingga sekarang, sejarah April Mop masih bersifat simpang siur. Artinya, April Mop masih menjadi misteri terkait banyaknya teori di masyarakat. Bahkan, sejumlah negara di dunia punya versi April Mop sendiri-sendiri. Berikut ulasan singkat tentang sejarah April Mop dibeberapa negara:
  •   April Mop versi Prancis

Mulai tahun 1582, Perancis sudah memperingati April Mop saat masa pemerintahan Raja Charles IX. Kala itu, Paus Gregory XIII merombak penanggalan kalender yang semula 1 tahun hanya terdiri dari 10 bulan menjadi 12 bulan seperti penanggalan kalender Masehi sekarang. Sehingga, perayaan tahun baru yang semula dirayakan mulai tanggal 25 Maret hingga pada 1 April, dimajukan ke tanggal 1 Januari. Tetapi, rakyat Perancis menentang keputusan Paus. Para warga akhirnya menetapkan perayaan 1 April sebagai Tahun Barunya. Perilaku mereka ini malah ditertawakan oleh sejumlah masyarakat lainnya yang meledek mereka dengan cara memberikan lelucon palsu. Meski diledek, masyarakat Perancis terus bertingkah aneh setiap tanggal 1 April dan menjadikannya sebuah tradisi tahunan. Memasuki tahun 1782, tradisi itu justru ditiru oleh orang Inggris yang selanjutnya mempopulerkannya ke seluruh dunia.

  • April Mop versi Spanyol


Sejarah April Mop pun datang dari Spanyol. Negara ini merayakan April Mop pada tanggal 28 Desember yang disebut Dia de los Santos Inocentes. Itu berarti sebagai hari anak tak bersalah sampai pemerintahan Spanyol mengeluarkan undang-undang baru agar tanggal 28 desember 1978 diundur sehari supaya tidak dijadikan bahan tertawan publik. Namun, pernyataan berbeda diungkapkan Joseph Boskin, profesor dari Boston University. Boskin mengatakan, ide April Mop digagas oleh para pelawak Kerajaan Romawi pada masa pemerintahan Raja Constantin I di abad ketiga sampai keempat pasca Masehi. Mulanya, para pelawak kerajaan ini mengajukan petisi kepada Raja untuk mengizinkan mereka menjadi raja hanya untuk sehari saja. Tak disangka, sang Raja setuju dengan petisi ini dan mengangkat salah satu pelawaknya yang bernama Jeter untuk menjadi Raja Sehari pada tanggal 1 April. Setelah naik tahta, Raja Jeter pun meresmikan tanggal 1 April sebagai hari kemustahilan.

  • April Mop versi Perang Salib


Versi ini menjabarkan bahwa perayaan April Mop adalah hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara salib yang dilakukan lewat cara-cara penipuan. Tak segan-segan, tentara salib merayakan April Mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan meski berniat hanya iseng. Di masa itu, tentara salib menipu umat muslim Spanyol yang kalah perang. Mereka mengatakan bahwa warga Spanyol akan dibebaskan dan dibawa keluar dengan menggunakan kapal. Tetapi itu semua hanyalah bohong belaka. Ini merupakan cara tentara salib untuk menipu masyarakat Spanyol. Kala muslim Spanyol masuk ke dalam kapal, mereka justru dibunuh oleh tentara Salib. Peristiwa keji itu terjadi pada tanggal 1 April.

Sekian uraian mengenai fakta-fakta asal mula April Mop. Pada intinya, April Mop adalah budaya barat yang bersifat jahil dan sangat merugikan orang lain.

Cipta Puisi Nasional

20.31.00 Add Comment

Hi Engineers ! Ada info menarik nih bagi kalian yang suka menulis puisi, yaitu  Lomba  Cipta Puisi Nasional,  dengan tema "AKU PEMUDA"

⏩Syarat dan ketentuan :
1. Peserta adalah pelajar/Mahasiswa/Umum (15-25 tahun)
2. Karya puisi orisinil (belum pernah dipublikasikan)
3. Membayar biaya pendaftaran Rp. 10.000/puisi
4. Maksimal pengiriman 3 naskah puisi (berlaku kelipatan)

๐Ÿ’ฐAdministrasi  : 0077-01-086749-50-4 (a.n Ani Yuliani)
✉Pengiriman naskah : demastainimsda@gmail.com

Keterangan  lebih lanjut dapat dilihat di poster, atau hubungi contact person di bawah ini !

๐Ÿ“ฑContact Person :
0857-0121-6697 (Alfina)
0822-4408-0506 (Fadhil)

Yuk harumkan nama Teknik Kimia dengan mengikuti lomba ini serta bawa pulang hadiahnya ๐ŸŽ

#HimatemiaBISA
#HimatemiaGO!

Informasi Mahasiwa Baru 2019

14.05.00 Add Comment


๐Ÿ‘‰๐ŸปINFO PEMBAYARAN UKT๐Ÿ‘ˆ๐Ÿป
Untuk Mahasiswa Baru jalur SNMPTN Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Bank BNI seluruh Cabang Indonesia melalui Teller atau ATM dengan menggunakan menu Student Payment Center (SPC)  kode untirta 8041, dengan ketentuan sebagai berikut.

1) Waktu : 08 s.d 16 April 2019.

2) Melakukan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan menyebut No Peserta SNMPTN

3) Menerima bukti pembayaran dari Bank BNI (Teller atau ATM )

4) Tata cara pembayaran UKT bisa diakses  di sini: https://drive.google.com/file/d/0B4KY1MhkjLm8WURKbk5xa19YWDQ/view?usp=drivesdk

—————————————

๐Ÿ‘‰๐ŸปINFO PEMBERIAN NIM dan PIN๐Ÿ‘ˆ๐Ÿป
Pemberian Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dan Personal Identification Number (PIN), di Kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, pada tanggal 22 s/d 24 April 2019 dengan jadwal sebagai berikut :

Senin, 22 April  2019, : Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP).
Selasa, 23 April  2019, : Fakultas Hukum, FEB dan FISIP. 
Rabu,  24 April  2019, : FAKULTAS TEKNIK dan Fakultas Pertanian.


๐Ÿ—’ Dengan Membawa Persyaratan:
1. FAKTA INTEGRITAS yang ditanda tangani dan materai.
2. Surat Pernyataan Mentaati Peraturan yang ditanda tangani dan materai
3. Membawa Slip Pembayaran UKT

#HimatemiaBISA
#HimatemiaGo

Selamat Berjuang di PKM 2019

10.43.00 Add Comment


Selamat berjuang kepada Tim PKM:
✨ Sdr. Akhmad Banu Adji Saputro (Teknik Kimia 2015)
✨ Sdri. Yollanda Anggreani (Teknik Kimia 2015)
✨ Sdr. Saiful Bahri (Teknik Kimia 2015)
✨ Sdri. Vika Ameliya Suryadi (Teknik Kimia 2015)
sebagai tim yang telah lolos pkm didanai๐Ÿ’ช๐Ÿป

Semoga dapat mengharumkan nama Teknik Kimia Untirta๐Ÿ™๐Ÿป

#HimatemiaBISA
#HimatemiaGo

LOKITA 2019 [Lomba Kimia Se-Tangerang Raya]

22.01.00 Add Comment

Hallo Teknik Kimia!๐Ÿ™Œ
LOKITA COME BACK lebih seru lombanya, lebih banyak hadiahnya!
Lomba Kimia Se-Tangerang Raya๐Ÿ”ฌ

๐Ÿ“ฅRegistrasi : 4 Februari – 20 Maret 2019
HTM:
Lomba Olimpiade : Rp 50.000,-/ peserta
Buy 4 get 1
Lomba Poster : Rp 30.000,-/peserta

๐Ÿ“ŒPelaksanaan
Lomba Olimpiade :
Penyisihan : 23 Maret 2019
Final : 28 Maret 2019
Lomba Poster
Pengumpulan : 23 Maret 2019
Pengumuman : 28 Maret 2019

๐Ÿ’ฐPembayaran
An. Erni Ayu Puspasari
MANDIRI No rekening ( 155-00-0788686-7 ).
.
Total Hadiah Jutaan Rupiah !!!
❗OLIMPIADE
Juara 1 : Piala + sertifikat + medali + Rp 1.500.000,-
Juara 2 : Piala + sertifikat + medali + Rp 1.000.000,-
Juara 3 : Piala + sertifikat + medali + Rp 750.000,-
Harapan 1 : Medali + Sertifikat
Harapan 2 : Medali + Sertifikat

❗POSTER
Juara 1 : Sertifikat + Rp 500.000,-
Juara 2 : Sertifikat + Rp 300.000,-
Juara 3 : Sertifikat + Rp 200.000,-

๐Ÿ“ŽCara Mendaftar
ONLINE
Mengirim format pendaftaran dan konfirmasi pembayaran ke ●WA : 0882.1118.8328 (Kamilah)
●Email : himatemia.unis@gmail.com
●Line : @smi3051m

๐Ÿ“ONDESK
Fakultas Tenik Lantai 3 Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
Jl. Maulana Yusuf No. 10 Babakan, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118

Info lebih lanjut
๐Ÿ“ฑWA :
0882.1118.8328 (Kamilah)
0813.1062.9855 (Alfa)
๐Ÿ“ฑLine :
@smi3051m
alfa.dewi
๐Ÿ“ฑInstagram : @himatemia_unis

#HimatemiaGo

MUSMATEMIA XII FT UNTIRTA

21.18.00 Add Comment

  • Jumat, 22 Februari 2019 Himpunanan Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (HIMATEMIA UNTIRTA) telah melaksanakan Musyawarah Mahasiswa Teknik kimia yang ke-12 (MUSMATEMIA XII) dengan tema "Satukan Pikiran dan Tujuan untuk Regenerasi HIMATEMIA yang lebih baik". Kegiatan ini bertempat di Aula Fakultas Teknik UNTIRTA.



Tujuan diadakannya MUSMATEMIA ini untuk meningkatkan kesadaran berorganisasi bagi mahasiswa, sebagai ajang silaturahmi antar mahasiswa, mengembangkan potensi agar menjadi pribadi yang mempunyai kecakapan memilih dan menentukan ketua Himpunan baru serta Merevitalisasi pedoman organisasi dan struktur organisasi.

Agendan resmi dibuka pada pukul 16.00 WIB diawali dengan sambutan Ketua pelaksana MUSMATEMIA, dilanjut dengan sambutan Ketua Himpunan,Wakil Dekan 3, dan ketua IKATEMIA. Agenda dilanjutkan dengan pemilihan pimpinan sidang, Penyampaian Laporan Pengawasan BPH  periode 2018/2019 dan pemaparan Laporan Pertanggung Jawaban pengurus serta pendemisioneran kepengurusan periode 2018/2019


Agenda dilanjut dengan pemilihan Ketua BPH yang terpilih sdr. Aji Sa'adillah dan Wakil Ketua BPH Sdr. Galih Aditya periode 2019/2020


Adapun Ketua Himpunan yang terpilih periode 2019/2020 Sdr. Ahmad Royhan dan Sekretaris Umum Sdr. Afif Sena Hidayat, setelah serah terima jabatan Ketua dan Sekertasris Umum HIMATEMIA periode 2019/2020 agenda dilanjutkan dengan rekomendasi-rekomendasi serta penutup.

CONGRATULATION

17.07.00 Add Comment

Selamat kepada Sdr. Aji Sa’adillah Ramadhan yang telah terpilih sebagai Ketua Badan Pengawas Himpunan periode 2019/2020 dan Sdr. Galih Aditya yang telah terpilih sebagai Wakil Ketua Badan Pengawas Himpunan periode 2019/2020 pada agenda MUSMATEMIA XII.

Semoga dapat mengemban amanah dengan baik๐Ÿ™๐Ÿป

__________________
Our social media:

Website: http://himatemiauntirta.com
Facebook: http://fb.com/himatemiauntirta
Instagram: himatemia_untirta
OA Line: @vik7460i
Twitter: @himatemia_ft

#HimatemiaGo
#CerdasBerprestasi

Pendaftaran Calon Ketua HIMATEMIA

12.09.00 Add Comment

Hallo teknik kimia!๐Ÿ™Œ๐Ÿป
Sebagai bentuk regenerasi organisasi, Badan Pengawas Himpunan membuka pendaftaran calon ketua HIMATEMIA periode selanjutnya.

Bagi mahasiswa teknik kimia untirta yang berminat dan memenuhi kriteria, dapat mengumpulkan berkas pendaftaran kepada BPH paling lambat taggal 17 Februari 2019.

▶ Syarat dan Kriteria calon Ketua Himpunan dapat dilihat pada gambar diatas

#HimatemiaGo
#CerdasBerprestasi