Latihan Dasar Organisasi dan Manajemen Organisasi

19.35.00


Badan Koordinasi Kegiatan Mahasiswa Teknik Kimia Indonesia atau biasa BKKMTKI merupakan suata badan yang menaungi himpunan-himpunan Teknik Kimia dari berbagai universitas di Indonesia. BKKMTKI didirikan di Palembang, 26 September 1987. BKKMTKI ini diadakan agar adanya pemerataan informasi bagi seluruh mahasiswa teknik kimia di Indonesia. Tujuan berdirinya BKKMTKI ini adalah untuk menjadikan mahasiswa teknik kimia Indonesia menjadi insan akademis dan organisatoris yang bertaqwa kepada Tuhan YME yang dipersiapkan sebagai tenaga profesional penggerak pembangunan menuju masyarakat adil dan makmur serta mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Nah, jadi temen-temen udah tau kan apa itu BKKMTKI? Sekarang yang akan kita bahas adalah LDO. Apa itu LDO? LDO merupakan singkatan dari Latihan Dasar Organisasi, dimana LDO ini adalah salah satu proker dan juga alur kaderisasi di BKKMTKI. Tahun ini LDO dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 27-28 April 2019 di Vila Grand SMESCO Hills, Bogor.
Pasti kalian udah gak asing dengan kalimat Latihan Dasar Organisasi. Yup, seperti yang kalian ketahui, LDO ini berisi kegiatan tentang dasar-dasar berorganisasi seperti manajemen waktu, manajemen organisasi dan lain-lain. Selain itu, ada pengenalan BKKMTKI. Kemudian ada games juga free time, dan pastinya di acara LDO ini kita bakal ketemu dari mahasiswa-mahasiswa Teknik Kimia dari kampus lain lho!
Nah, sekarang kita akan mereview materi yang kita dapat di LDO kemarin yaitu tentang manajemen waktu dan organisasi. Simak baik-baik ya!
Dalam berorganisasi tentunya kita harus bisa mengatur waktu juga organisasi yang kita jalani. Manajemen waktu yaitu cara untuk kita dapat memanfaatkan dah mengatur setiap bagian waktu untuk mencapai target yang telah direncanakan. Untuk dapat memanajemen waktu, sebaiknya kita dapat menentukan skala prioritas atau kepentingan penting mendesak, penting tidak mendesak, tidak penting mendesak dan tidak penting tidak mendesak.
Menentukan target dan rencana sangat penting untuk berorganisasi.
Nah, ngomong-ngomong manajemen organisasi. Manajemen Organisasi adalah sebuah proses dalam memanejerial sebuah organisasi baik dalam hal kepentingan bersama baik berupa pencapaian Visi maupun Misi dalam sebuah kerjasama demi tujuan yang mampu di pertanggung jawabkan bersama.
Fungsi manajemen organisasi adalah:

  • Planning

Menyusun rencana, berarti memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Agar dapat membuat rencana secara teratur dan logis, sebelumnya harus ada keputusan terlebih dahulu sebagai petunjuk langkah-langkah selanjutnya.

  • Organizing

Pengorganisasian atau organizing berarti menciptakan suatu struktur dengan bagian-bagian yang terintegrasi sedemikian rupa sehingga hubungan antar bidang-bidang satu sama lain dipengaruhi oleh hubungan mereka dengan keseluruhan struktur tersebut.

  • Staffing

Staffing merupakan salah satu fungsi manajemen berupa penyusunan personalia pada suatu organisasi sejak dini dari merekrut tenaga kerja, pengembangannya sampai dengan usaha agar setiap petugas memberi daya guna maksimal kepada organisasi.

  • Coordination

Koordinasi adalah keahlian untuk saling bekerjasama yang dilaksanakan oleh sebuah organisasi untuk meraih tujuan.

  • Controlling 

Pengawasan merupakan tindakan seorang ketua untuk menilai dan mengendalikan jalannya suatu kegiatan yang mengarah demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.

#HimatemiaBISA
#HimatemiaGo


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »