Hari Sumpah Pemuda

21.46.00

SUMPAH PEMUDA
Pada dasarnya kita semua tahu bahwa 28 Oktober merupakan peringatan hari sumpah Pemuda, namun sejauh mana yang kita ketahui tentang sumpah pemuda? Untuk itu mari simak artikel dibawah ini yuk!

Sumpah pemuda merupakan salah satu tonggak semangat perjuangan kemerdekaan oleh para pemuda Indonesia.
Peristiwa sumpah pemuda dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 1928 yang hingga kini diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Di awali dengan inisiatif para pelajar Indonesia yaitu PPPI (Perhimpunan Pelajar-pelajar Indonesia) serta para cendekiawan Indonesia yang pada saat itu memiliki cita-cita untuk menyatukan seluruh organisasi pemuda di Indonesia,  kemudian pertemuan-pertemuan agar terwujudnya cita-cita tersebut pun dilakukan.

Pertemuan tersebut menghasilkan keputusan bahwasanya akan dilaksanakann kongres pada bulan Oktober mendatang dengan susunan panitia yang diambil dari setiap organisasi pemuda yang ada dan masing masing memiliki satu jabatan. Selain organisasi PPPI, banyak organisasi pemuda yang ikut terlibat diantaranya yaitu Jong Java, Jong Celebes, Jong Soemantranen Bond serta organisasi lainnya.
Kongres sumpah pemuda yang dilaksanakan dua hari berturut-turut yakni tanggal 27 hingga 28 Oktober 1928 menghasilkan rumusan sumpah pemuda. Teks Sumpah Pemuda ditulis oleh Moehammad Yamin dan ditanda tangani oleh Soegondo Djojopuspito yang merupakan ketua kongres tersebut yang kemudian rumusan itu dibacakan oleh Soegondo.

Rumusan Sumpah Pemuda hasil kongres tersebut merupakan pemersatu pemuda-pemudi di seluruh Indonesia. Hingga saat ini rumusan tersebut masih sering dikumandangkan ketika peringatan Hari Sumpah Pemuda.
Berikut teks sumpah pemuda dengan ejaan baru Bahasa Indonesia saat ini :
SUMPAH PEMUDA

1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia
2. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia,
3. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Dari sejarah sumpah pemuda, berikut maknanya kemudian mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. kita bisa mengetahui maknanya. Berikut makna yang dapat diambil dari sejarah sumpah pemuda dan harus kita implementasikan di kehidupan sehari-hari  :


  • Menyerukan untuk menjaga keutuhan NKRI
  • Bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia
  • Semangat untuk melanjutkan kemerdekaan
  • Menghargai perjuangan bangsa Indonesia
  • Menambah rasa cinta terhadap tanah air
  • Bangga dan giat menggunakan bahasa Indonesia

Perjuangan yang harus kita lakukan sebagai pemuda untuk bangsa Indonesia yang lebih baik masih sangatlah panjang. Untuk itu mari lebih semangat dalam berjuang !


#HimatemiaGO
#HimatemiaBISA

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »