Artikel

Berita

Beasiswa dan Lomba

Recent Posts

Fakta Fakta Menarik Dibalik Batik

22.21.00 Add Comment

Kata Batik berasal dari bahasa Jawa “amba” yang berarti menulis dan “titik”. Batik merupakan jati diri bangsa Indonesia yang juga sebagai pembeda dengan bangsa lain. Batik juga merupakan wujud ekspresi budaya yang menyimbolkan karakter dan menyiratkan estetika tinggi pada masyarakat indonesia. Saat ini arti batik telah meluas, hampir seluruh elemen bangsa ini memiliki pengakuan dan penghormatan terhadap batik. Salah satunya terbukti dari maraknya kaum muda menggalakkan busana batik untuk pakaian sehari-hari. 

Sejarah hari batik nasional


Pada 2 Oktober 2009, dunia telah resmi mengakui bahwa batik secara otentik milik bangsa Indonesia melalui UNESCO. Kemudian pemerintah Indonesia menindaklanjuti pengakuan UNESCO dengan menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Maka sejak saat itu, setiap tanggal 2 Oktober, seluruh masyarakat Indonesia memperingatinya sebagai Hari Batik Nasional.

Nah, Untuk lebih mengenal batik, berikut terdapat rangkumkan 7 fakta menarik tentang batik yang mungkin belum kalian tahu. Yuk, simak!

1. Batik berasal dari dua padanan Bahasa Jawa, yakni 'amba' yang berarti menulis, dan 'titik'. Kedua kata ini dikombinasikan sehingga memiliki definisi 'menulis titik' di atas kain.

2.Kata Batik pertama kali terdaftar dalam Bahasa Inggris di Encyclopedia Britannica pada tahun 1880, dengan ejaan Battik. Batik juga pernah dieja dengan beragam tulisan lainnya, mulai dari mbatek, mbatik, batek.

3.  Mantan Presiden Indonesia kedua, Soeharto, adalah sosok yang pertama kali memperkenalkan Batik ke mata internasional pada pertengahan tahun 80-an. Kabarnya, batik dijadikan sebagai souvenir atau cinderamata untuk para tamu kenegaraan dari berbagai dunia.

4. Masing-masing batik memiliki arti dan makna tersendiri. Sehingga, terdapat beberapa batik yang tidak boleh dikenakan pada acara-acara tertentu. Misalnya, motif batik seperti sidamukti, sidaluhur, dan kawung, yang biasa dipakai untuk menutup jenazah.

5. Batik dengan motif 'parang rusak' dari model batik motif parang, dilarang dikenakan dalam acara pernikahan. Motif ini bisa membawa sial pada pernikahan tersebut. Hal ini bisa membuat rumah tangga pengantin yang memakainya menjadi rusak dan penuh dengan perselisihan. Kemudian ada motif Truntum dan Sido Asih, yang hanya boleh dipakai oleh pengantin.



6. Proses pembuatan batik didominasi dengan awalan huruf N. Terdapat 12 proses membatik, yang 11 di antaranya diawali dengan huruf N. Sebut saja, mulai dari Nyungging, Njaplak, Nglowong, Ngiseni, Nyolet, Nopok, Ngelir, Nglorod, Ngrentesi, Nyumri, Nyoja, Nglorod.

7. Batik Tulis adalah jenis batik yang memiliki harga paling mahal. Alasannya, proses pembuatannya dibuat secara manual dan membutuhkan waktu yang lama (Kutipan Facts of Indonesia)

Nah ,gimana teman-teman? Semakin bangga dengan budaya Indonesia bukan? Mari sama sama kita jaga kelestarian Budaya Indonesia!

#HimatemiaGO
#HimatemiaBISA

Optimalisasi Sekam Padi Sebagai Silika Gel

11.52.00 Add Comment

Hai sobat ilmiah, kembali lagi di pembahasan ilmiah Himatemia Research. Buat sobat ilmiah yang ngikutin artikel-artikel ilmiah tiap bulan pasti tau topik apa aja yang sudah kami bahas.. Kalau belum bisa cek di web himatemia untirta. Nah sekarang kami ingin membahas topik baru nihh, kira-kira tentang apa yaa??? Yups bener banget topik kali ini tentang silika gel, sesusai dengan judul artikel bulan ini yuk kita  kupas bareng- bareng.

Pasti yang pertama kali  muncul dibenak kalian “emang apa sih silika gel itu?” “emang manfaatnya apa aja?” “emang bisa ya sekam padi dimanfaatkan menjadi silika gel?”. Makanya sobat ilmiah harus baca artikel ini sampai habis biar makin bertambah deh ilmu pengetahuannya hehe

Silika gel merupakan salah satu material berbasis silika yang mempunyai kegunaan secara luas seperti pada industri farmasi, keramik, cat, dan aplikasi khusus pada bidang kimia. Silika gel adalah polimer asam silikat dengan berat molekul  besar dan banyak menyerap air sehingga berbentuk padat kenyal. Definisi lain dari silika gel adalah silika amorf yang terdiri atas globula-globula SiO4 tetrahedral yang tidak teratur dan beragregat membentuk kerangka tiga dimensi (Oscik, J., 1982)
Masih bingung ya silika gel itu apa ??? ini nih sobat kami kasih gambarnya.

Gambar 1. Silika gel

Nahhh pasti familiar kan sama gambar diatas?? Yups benar sekaliii, yang suka ada didalam kardus sepatu. Nah kalau kita beli sepatu pasti deh didalam kardusnya ngga hanya sepatu aja yang ada tapi juga ada si silika gel ini sobat.

“emang apa sih manfaat nya silika gel itu?” nah manfaat dari silika gel ini banyakk banget yaitu Pada dunia industri penggunaan silika gel sudah sangat luas, silika gel merupakan produk yang aman digunakan untuk menjaga kelembaban makanan,obat-obatan, elektronik dan film sekalipun. Produk anti lembab ini menyerap lembab tanpa merubah kondisi zatnya. Dewasa ini salah satu material yang banyak diminati adalah komposit berbasis silika seperti komposit MgO-SiO2 (Damiyanti,2012). Selain itu silika juga banyak digunakan sebagai penyangga katalis heterogen untuk berbagai reaksi katalitik seperti sintesis biodiesel (Sharma, 2011; Helwani, 2009).

Contoh pengaplikasian yang paling mudah ditemui adalah pada kardus sepatu yaitu dapat menghilangkan bau sepatu. Karena Silika gel merupakan suatu bentuk dari silika yang dihasilkan penggumpalan sol natrium silikat (NaSiO2). Sol mirip agar – agar ini dapat didehidrasi sehingga berubah menjadi padatan atau butiran mirip kaca yang bersifat tidak elastis. Sifat ini menjadikan silika gel dimanfaatkan sebagai zat penyerap, pengering dan penopang katalis. Singkatnya silika gel akan menyerap dari bau sepatu yang ada karena bentuk nya yang berpori-pori dan sifatnya yang dapat menyerap serta menjaga kelembapan.

“trus gimana cara nya sekam padi bisa jadi silika gel?” nah ini caranya sekam padi di bakar terlebih dahulu didalam oven bersuhu kurang lebih 700 celcius, tujuannya untuk mengubah sekam padi menjadi bubuk. Sekam padi yang sudah dioven kemudian Abu sekam padi yang diperoleh ditambahkan dengan NaOH. Perbandingan berat antara abu sekam padi: NaOH aquadest adalah 1:1:10. Kemudian dipanaskan sambil diaduk sehingga larutan tersebut jenuh. Setelah dingin, disaring dengan kain saring dan filtratnya ditampung, kemudian filtrat dikeringkan.

Langkah selanjutnya pembuatan silika gel. Filtrat yang telah kering diasamkan dengan asam sitrat dan asam klorida. Kemudian endapan gel yang terbentuk diperas dengan kain penyaring, dicuci berulang-ulang dan dikeringkan dengan suhu ditahan selama 2 jam.

“kenapa sih menggunakan sekam padi untuk membuat silika gel?”


Karena Sekam padi (rice hulk/rice hull) atau kulit gabah merupakan bagian terluar dari bulir padi dan memiliki kandungan silika terbanyak dibandingkan dengan hasil samping pengolahan lainnya.
Dengan adanya kandungan silika yang tinggi, sekam padi menjadi salah satu sumber silika nabati yang berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai alternatif silika mineral.

  Nahh gimana pembahasan topik kali ini? Semoga bermaanfaat dan bisa jadi referensi sobat ilmiah dalam melakukan penelitian ataupun kegiatan pengembangan ilmiah lannya (.
Sampai sini dulu yah artikel nya, sampai ketemu di artikel ilmiah bulan depan Sobat Ilmiah...

#HimatemiaResearch
#HimatemiaGo

DAFTAR PUSTAKA
Oscik, J., 1982, Adsorption, John Wiley & SonsInc., Chichester.
Sharma, Y.C., Singh, B. & Korstad, J. 2011, "Latest developments on application of heterogenous basic catalysts for an efficient and eco friendly synthesis of biodiesel: A review", Fuel, vol. 90, no. 4, pp. 1309-1324. 
Harsono, H. 2002. Pembuatan Silika Amorf dari Limbah Sekam Padi. Jurnal Ilmu Dasar, Vol. 3 No. 2: 98-103
Meriatna,Leni Maulida, dkk. 2015. Pengaruh Temperatur Pengeringan dan Konsentrasi Asam Sitrat pada Pembuatan Silika Gel dari Sekam Padi. Jurnal Teknologi Kimia Unimal, Vol. 1 hal 78-88.