PEMANFAATAN DAUN KEMANGI (OCIMUM BASILICUM) SEBAGAI HANDSANITIZER ALAMI

12.14.00

“PEMANFAATAN DAUN KEMANGI (OCIMUM BASILICUM) SEBAGAI HANDSANITIZER ALAMI

-HIMATEMIA-



Hallo sobat Himre...

Dunia Saat ini sedang dilanda  wabah Corona virus disease-19 atau yang biasa dikenal sebagai Covid-19, dan negara kita Indonesia adalah salah satu dari sekian banyak negara di dunia yang terkena sebaran wabah ini, bahkan dengan kasus yang sudah mencapai 275.000 kasus per September 2020.

Menurut World Health Organization (WHO), wabah Covid-19 ini dapat menyebar terutama dari orang ke orang melalui percikan atau droplet yang berasal dari hidung dan mulut saat orang yang terinfeksi Covid 19 ini bersin, batuk, maupun saat berbicara. Kemungkinan penularan secara tidak langsung lewat droplet yang menempel pada benda dan permukaan lainnya juga sangat berbahaya, sehingga orang disekitar yang tidak sengaja menyentuh  benda tersebut dapat terinfeksi juga.

Untuk mengurangi resiko terinfeksi atau menyebarnya Covid-19 ini dapat dilakukan berbagai upaya yaitu dengan rajin mencuci tangan baik itu menggunakan sabun maupun handsanitizer. Handsanitizer merupakan jenis cairan pembersih tangan yang berbahan dasar alkohol yang biasa digunakan untuk membunuh mikroorganisme dengan pemakaian tanpa dibilas air. Menurut Center Of Disease Control (CDC), handsanitizer terbagi menjadi 2 yaitu handsanitizer yang mengandung alkohol dan yang tidak mengandung alkohol. Handsanitizer yang mengandung alkohol memiliki kandungan alkohol sebanyak 60- 95 %.

Dengan maraknya penggunaan  produk handsanitizer, menyebabkan sempat terjadinya kelangkaan bahan baku alkohol. Sehingga hal tersebut berdampak pada kenaikan harga handsanitizer. Dari kelangkaan tersebut banyak peneliti yang berusaha untuk menemukan fomulasi handsanitizer berbasis bahan alam yang salah satunya ternyata dapat dibuat dengan bahan dasar daun kemangi.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan berbagai macam tanaman, salah satunya tanaman herbal yakni daun kemangi. Tanaman ini merupakan tanaman yang memiliki manfaat sebagai obat, penghasil minyak atsiri, pestisida nabati, juga sebagai sayuran dan minuman. Daun kemangi berasal dari divisi Spermatophyte, kelas dikotil, ordo amaranthaceae, genus acimum dan spesies Ocimum basilicum L. yang memiliki kandungan kimia aktif didalamnya seperti minyak atsiri, karbohidrat, fitosterol, tanin, lignin, pati, saporin, alkaloid, senyawa fenolik, flavonoid, antrakuinon dan terpenoid. Sedangkan kandungan yang terdapat pada minyak atsiri daun kemangi yang nantinya akan dijadikan sebagai handsanitizer adalah ocimum basilicum, camphor, limonene, methyl cinnamte dan linalool.

Sudah banyak penelitian yang melakukan uji aktivitas antibakteri pada minyak atsiri daun kemangi ini, salah satu penelitiannya dilakukan oleh Biro Penelitian dan Aplikasi Universitas Ataturk Turki yang menunjukan bahwa ekstrak ethanol yang terkandung pada daun kemangi (Ocimum basilicum) memiliki antibakteri terhadap 9 spesies termasuk didalamnya adalah Bacillus dan Micrococcus. Kemudian untuk ekstrak  methanol dan hexanol daun kemangi menunjukan adanya aktifitas pada 13 species dari 7 genus. Senyawa aktif yang terkandung dalam minyak atsiri yakni linalool dengan potensi antibakteri sebesar (56,7 – 60 %).

Adapun pembuatan handsanitizer berbahan dasar daun kemangi ini dapat dilakukan dengan cara, mengambil ekstraksi daun kemangi yang mengandung minyak atsiri yang dapat diperoleh dengan cara distilasi uap daun kemangi menggunakan teknik consecutive sampling. Selanjutnya pembuatan daun kemangi di ekstraksi secara maserasi kinetic, menggunakan pelarut berupa ethanol 80% selama 1 jam. Kemudian diendapkan selama semalaman, dimana dilakukan sekurang-kurangnya 3 kali sampai bening dan selanjutnya hasil dapat dicampur dan dipekatkan dengan alat rotary evaporator.

Dengan demikian, penggunaan handsanitizer berbahas alam khususnya daun kemangi ternyata memang memiliki banyak keuntungan, diantaranya sebagai antibakteri, produknya aman, ramah lingkungan, serta bernilai ekonomis.

Yuk sobat Himre, bisa banget nih untuk coba membuat handsanitizer daun kemangi. Salam Himre, selamat bertemu diartikel selanjutnya.

 

#HimatemiaBERAKSI

#HimatemiaGO

 

DAFTAR PUSTAKA

Diah. A. L dkk. 2016. Efek potensial daun kemangi (ocimum basilicum L) sebagai pemanfaatan handsanitizer. Lampung. Universitas Lampung. Diakses 27 September 2020

Novita. M. 2014. Daun kemangi (ocimum cannum) sebagai alternatif pembuatan handsanitizer. Jawa timur. Universitas Jember. Diakses 27 September 2020

https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public. Diakses 27 September 2020

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »