DARI ZEOLIT UNTUK PESISIR

17.19.00

 

 

DARI ZEOLIT UNTUK PESISIR 

    Mungkin sudah ga asing kali ya bagi kita mendengar bahwa indonesia adalah negara maritim, jadi secara ga langsung kita itu punya garis pantai yang panjang, bayangin aja deh kita punya garis pantai sepanjang 81.000 km. Terus orang yang tinggal dikawasan pesisir mencapai angka 16 juta lebih, luas banget ga tuh ?  

    Tapi sayang banget nih karena daerah pesisir ini yang bisa kita liat luas banget wilayahnya itu sangat sulit untuk diolah tanahnya dalam bidang bertanian, hal ini karena kandungan nutrisi yang diperluin sama tanaman ga bisa tercukupi dan beberapa masalah lainnya.

    Terus gimana tuh supaya daerah pesisir bisa dipakeuntuk bercocok tanam ? yang pertama itu kita harus buat supaya lahan tersebut dapat menahan dan menyimpan air, terus kita harus ngebuat supaya lahan tersebut kaya akan unsur-unsur yang diperluin sama tanaman, gimana tuh caranya ? ya dikasih pupuk lah biar lahannya bisa mendukung pertumbuhan tanaman tersebut. 

 

    Kalian tau ga kalo mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jadi tim yang beranggotakan Rizka Fitria Utami, Khoirunnisa Amartya Octaviani, dan Berliana Tristati Putri ngembangin pupuk dari zeolit dan asam humat pada penelitian terbarunya MODIFIKASI SLOW RELEASE UREA MENGGUNAKAN ZEOLIT DAN ASAM HUMAT UNTUK MENANGGULANGI PERMASALAHAN DI TANAH PESISIR dengan tujuan pelepasan zatnya diperlambat, loh kok, kenapa diperlambat ? supaya zat yang lepas dari pupuk ini ga terbuang sia-sia dan lebih banyak zat yang terserapnya dibanding yang terbuang gitu teman-teman. 

    Sebentar kita udah bahas gunanya, tapi kalian tau ga zeolit itu apa ? mungkin untuk temen-temen yang udah baca artikel kita yang lain udah ada gambaran apa itu zeolit. Jadi gini teman-teman zeolit merupakan senyawa alumino-silikat hidrat terhidrasi dengan unsur utama yang terdiri dari kation alkali dan alkali tanah terutama Ca, K dan Na, dengan rumus umum (LaAlbSicO2.nH2O) dimana L adalah logam. Sifat umum dari zeolit adalah kristal yang agak lunak dengan warna putih coklat atau kebiru-biruan. Senyawa kristalnya berwujud dalam struktur tiga dimensi yang tak terbatas dan memiliki rongga-rongga yang saling berhubungan membentuk saluran ke segala arah dengan ukuran saluran tergantung dari garis tengah logam alkali ataupun alkali tanah yang terdapat pada strukturnya. Dimana rongga-rongga tersebut akan terisi oleh air yang disebut air kristal.

    Zeolit merupakan senyawa alumino silikat terhidrasi yang terdiri dari tetrahedral (Si, Al) dan dikelilingi oleh atom-atom O dalam ikatan tiga dimensi. Mineral zeolit yang paling umum dijumpai adalah (Na,K)2O, Al2O3, 10SiO2, 8H2O.

    Nah jadi intinya mah zeolit ini senyawa yang bagus untuk jadi absorben dan bisa dipake deh untuk pengikat zat-zat yang dibutuhkan kayak yang udah dibahas diatas.

    Terus dari hasil penelitian itu bisa dimanfaatin untuk pengembangan lahan didaerah pesisir untuk menunjang diversifikasi pangan daerah tersebut.



Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »