9 Alasan Mengapa Kuliah Di Luar Negeri Adalah Impian yang Luar Biasa

14.28.00
Melanjutkan kuliah ke luar negeri merupakan cita-cita yang istimewa. Karena hal tersebut hanya untuk mereka yang benar-benar menginginkan lebih. Yang berani keluar dari zona nyaman. Meskipun tantangannya dua kali lebih sulit, namun manfaat yang datang tiga kali lebih baik. Dan segudang manfaat tersebut tidak kamu dapatkan jika hanya menempuh pendidikan di dalam negeri. Simak ulasan berikut ini supaya kamu semakin yakin untuk mengejar impianmu kuliah di luar negeri!


1. Tinggal di luar negeri menjadikanmu manusia yang tahan banting


Selama merantau ke luar negeri, kamu dipaksa untuk menaklukan segala tantangan dengan sumber daya yang terbatas. Uang kiriman atau beasiswa harus dihemat agar bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari. Jika butuh dana tambahan maka harus mencari uang sendiri misalnya dengan kerja part time atau menjadi teaching assistant. Tantangan yang menghampiri pun tak selalu soal uang. Hal-hal kecil yang tidak menjadi persoalan ketika sekolah di dalam negeri, akan menjadi tantanganmu setiap harinya seperti masalah cuaca, makanan, atau tempat beribadah (bagi yang muslim). Namun pada akhirnya kamu akan survive melalui itu semua dan perlahan menjadi pribadi yang tangguh dan mandiri. 


2. Menguasai bahasa asing selain bahasa Indonesia

Pada awalnya kamu akan kesusahan untuk berkomunikasi dengan bahasa asli negara rantauanmu. Apalagi jika kamu memberanikan diri berangkat dengan kemampuan bahasa asingmu yang memang masih minim. Namun tak ada cara yang lebih efektif untuk mempelajari bahasa asing selain langsung mempraktikkan dengan native speaker di negara asalnya. Meskipun awalnya kamu kesulitan, namun hal ini akan sepadan dengan kemampuan yang kamu dapatkan nantinya.


3. Tak hanya bahasa, kamu akan memahami budaya dan gaya hidup negara tersebut

Kamu akan memahami budaya negara rantauanmu yang pasti berbeda dari Indonesia. Misalnya seperti hidangan khas negeri tersebut, gaya hidup keseharian masyarakat setempat, kebiasaan mereka menyapa tetangga, cara bersenda gurau, cara makan atau budaya sosial di dalam keseharian lainnya. Pengalaman seperti ini tak bisa kamu dapatkan jika tak melanjutkan sekolah ke luar negeri. Akan lain pula rasanya jika kamu hanya membaca buku atau menonton film tentang suatu negara dibandingkan dengan kamu tinggal dan merasakan langsung kebudayaan dan gaya hidup negeri tersebut.


4. Kesempatan traveling akan terbuka lebar

Saat libur panjang atau sekedar menghabiskan weekend, kamu bisa pergi mengunjungi negeri tetangganya untuk mengganti suasana penat melepas lelah sehabis kuliah dan menikmati keanekaragaman budaya negara-negara tersebut. Apalagi jika kamu kuliah di Eropa. Kamu bisa pergi ke Prancis, Inggris, Belanda, Italia, Spanyol tanpa harus membayar visa tambahan dan hanya perlu naik kereta! Bukan tidak mungkin kamu akan melakukan itu disela-sela waktu kuliah mu, kan? 😍


5. Inner circle-mu adalah sesama pelajar Indonesia yang berprestasi dan menginspirasi

Di negeri tempat studi nanti, kamu akan bertemu mahasiswa yang sedang menjalani jalan hidup yang sama denganmu melalui Persatuan Pelajar Indonesia (PPI). Mereka bukanlah mahasiswa sembarangan. Mereka mahasiswa yang memiliki segudang prestasi dan latar belakang yang menginspirasi. Mengenal mereka secara pribadi akan semakin melecutkan semangatmu untuk menjadi pribadi yang sama menginspirasinya atau bahkan lebih baik lagi. Tak hanya itu, di masa yang akan datang pun kalian juga bisa merencanakan berbagai proyek bersama demi kemajuan negeri sendiri.


6. Tak hanya sesama pelajar Indonesia, tapi temanmu juga berasal dari banyak negara

Selain mahasiswa dari negeri setempat, kamu juga akan bertemu dengan mahasiswa dari negera-negara yang sama jauhnya denganmu. Kamu akan memahami berbagai tipe orang dari berbagai latar belakang budaya yang berbeda dari penjuru dunia. Tak heran jika kamu menemukan sebuah keluarga baru yang akan bersamamu mengarungi suka duka belajar di negeri rantauan.


7. Belajar dari buku ajar langka dan dosen-dosen terbaik dibidangnya

Meskipun universitas di Indonesia terbukti memiliki dosen yang berkualitas, namun dalam beberapa hal universitas di negeri maju masih lebih unggul. Universitas di negeri maju bisa menjamin akses ke ratusan ribu dokumen jurnal secara gratis dari perpustakaan mereka apabila sewaktu-waktu kamu kesulitan menemukan referensi kuliahmu. Di luar negeri, kamu pun akan belajar dari dosen-dosen terbaik di bidangnya. Dan berkesempatan magang di perusahaan atau organisasi-organisasi internasional.


8. Tinggal di negara berbeda membuatmu melihat dunia dengan sudut pandang yang lebih luas.


Pergi jauh dari negara asal memberikanmu pengalaman berbeda dan luar biasa. Pada akhirnya kamu akan melihat dunia dari kacamata yang berbeda. Bahwa kehidupan ini tidak hanya ada di negeri tempat kamu dilahirkan saja. Tetapi bahkan di pelosok bergurun atau bersalju, ada budaya dan kehidupan luhur yang tak pernah kamu ketahui ada di sekitarmu. Dan tentunya sangat berbeda dengan apa yang selama ini kamu alami di tanah air.


9. Dengan berbagai pengalaman menakjubkan disana, kamu menyadari bahwa tempat kamu pulang tetap Indonesia




Segera setelah kamu merasakan kehidupan di negara lain, kamu menyadari betapa Indonesia merupakan rumah bagi jiwa dan ragamu. Kamu bertekad untuk berjuang menyelesaikan studi demi kembali ke Indonesia dan mengabdi pada negeri yang telah memberimu kehidupan.



Melanjutkan studi di luar negeri akan membuka pikiranmu menjadi lebih luas dan menumbuhkan sikap toleransi yang tinggi. Tak sedikit lho beasiswa yang menawarkan biaya sekolah gratis ke negara-negara di penjuru dunia. Kamu hanya perlu mencoba dan bertekad mendapatkannya. Tetap semangat mengejar cita-cita, ya!



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »