[ Makanan Khas Cilegon ]

14.36.00


Makanan Khas Cilegon


Kota Cilegon terletak di ujung barat Pulau Jawa. Kota ini dijuluki sebagai kota industri karena banyaknya industri yang tersebar di Kota Cilegon dimulai dari industri baja, kimia dsb. Selain sebagai kota industri ternyata Cilegon memiliki beberapa makanan khas yang dapat dinikmati. Inilah 3 makanan khas Cilegon yang tidak boleh dilewatkan:
1.       Rabeg
Rabeg adalah salah satu makanan khas banten yang dapat ditemukan di Cilegon. Makanan ini dikenal sebagai makanan kesukaan dari sultan banten yaitu Sultan Maulana Hasanuddin. Rabeg hampir sama seperti semur daging yang berbahan dasar daging sapi atau kambing. Rabeg dikenal memiliki rasa yang manis, gurih dan pedas yang didapatkan dari rempah-rempah yang digunakannya. Pembuatan rabeg cukup mudah, pertama menumis bumbu yang sudah dihaluskan lalu merebus daging yang sudah dicincang dan memasukkan daging tersebut kedalam bumbu yang sudah ditumis lalu tambahkan kaldu dan air sisa rebusan daging selanjutnya biarkan hingga rebusan menjadi kental dan menyatu dengan daging.
Sumber foto: Historia.id

2.       Gipang
Gipang dikenal sebagai salah satu camilan populer khas Cilegon. Gipang memiliki rasa yang renyah dan manis karena terbuat dari ketan yang dicampur dengan air gula. Cara membuat gipang sangat sederhana dengan bahan utamanya yaitu ketan putih atau ketan merah yang dikukus lalu didinginkan dan dicuci air bersih lalu dijemur hingga kering. Selanjutnya ketan ini digoreng dan dicampur dengan air gula yang membuat teksturnya sedikit lengket. Saat ini gipang memiliki beberapa varian rasa seperti pandan dan gula merah. Gipang juga dapat ditemukan di pasar dengan harga yang sangat terjangkau.
Sumber foto: lensabanten.com

3.       Nasi Gonjleng
Nasi gonjleng memiliki nama yang sangat unik dan penyajiannya pun biasanya hanya pada hari-hari tertentu saja tapi untuk saat ini nasi gonjleng dapat ditemukan di berbagai sudut kota. Nasi ini mirip dengan nasi kebuli karena memiliki aroma pekat. Nasi gonjleng dilengkapi dengan sambal goreng daging sapi atau bisa juga dengan rabeg, emping dan acar timun. Nasi gonjleng cukup diminati oleh masyarakat Kota Cilegon karena harganya yang masih terjangkau.
Sumber foto: bantennews.co.id
Demikianlah artikel mengenai kekhasan kota Cilegon dari segi kuliner. Semoga tulisan ini bermanfaat sebagai informasi untuk lebih mengetahui kota Cilegon.


#HimatemiaBERAKSI
#HimatemiaGo




Daftar Pustaka

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »