PRESTASI MEMBANGGAKAN KARYA ANAK BANGSA

12.38.00

Sebelumnya dan yang paling utama. Selamat hari anak bagi seluruh anak bangsa di negeri tercinta ini, Indonesia. Umumnya , kalian semua pasti tahu kan bahwa tanggal 23 juli adalah peringatan hari anak se-Indonesia. Tapi apakah kalian tahu mengapa tanggal 23 juli ditetapkan sebagai peringatan hari anak se-Indonesia ? Dan anak bangsa memiliki beragam karya yang patut di banggakan.
Apa saja ya kira kira ?

Nah untuk itu mari simak artikel dibawah ini, yuk !

 Hari Anak diselenggarakan pada tanggal yang berbeda-beda di berbagai negara di belahan dunia. Hari Anak Internasional diperingati setiap 1 Juni, sedangkan Hari Anak Universal diperingati setiap 20 November. Setiap Negara bisa saja merayakan Hari Anak pada tanggal yang berbeda-beda, namun perayaan ini tetap bertujuan sama yaitu menghormati hak-hak anak di seluruh dunia.

Sementara di Indonesia sendiri, Hari Anak Nasional diperingati setiap 23 Juli sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Presiden Soeharto) Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984. Berawal dari gagasan mantan presiden RI ke-2 (Soeharto), yang melihat anak-anak sebagai aset kemajuan bangsa, sehingga sejak tahun 1984 berdasarkan Keputusan Presiden RI No 44 tahun 1984, ditetapkan setiap tanggal 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional (HAN). Kegiatan Hari Anak Nasional dilaksanakan mulai dari tingkat pusat, hingga daerah.

Indonesia tidak kekurangan orang pintar. Hal ini terlihat dari banyaknya anak bangsa yang mencurahkan kepintaran mereka, untuk menciptakan teknologi baru yang memudahkan kehidupan. Bahkan, tak sedikit teknologi karya anak bangsa yang terkenal di dunia internasional. Hal itu juga sebagai bukti bahwa anak  memang layak dibilang sebagai aset kemajuan bangsa, karena sudah sangat banyak karya-karya serta prestasi hasil anak bangsa .
Apa saja sih karya anak bangsa tersebut ? Berikut adalah beberapa deretan terobosan baru yang unik cipta anak bangsa.

Sepedah Motor Listrik


Ciptaan mahasiswa Institut Teknologi 10 November (ITS). Sebuah sepeda motor yang bertenaga listrik diberi nama Gesits, sepeda motor ini menggunakan baterai berukuran 5kWH sebagai motor penggerak. Untuk sekali pengisian penuh, baterai tersebut mampu digunakan untuk perjalanan sejauh 80 bahkan 100 kilometer. Ketika baterai habis, hanya butuh waktu 4 jam saja loh untuk pengisian ulang sampai penuh kembali. Wah keren ya..

Tempat Sampah Pintar


Ciptaan Gede Herry Arum Wijaya, seorang mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya. Tong sampah itu memiliki teknologi sensor yang bisa mengelompokkan jenis sampah, sehingga mulut tong akan terbuka sesuai klasifikasi sampah. Misalnya sampah rumah tangga, metal, sampah plastik, bahkan sampah kaca.
Cocok untuk teman teman yang masih bingung membuang sampah sesuai jenisnya nih !

Kulkas Anti Freon



Diciptakan oleh dua siswa SD asal Semarang, Sanika Putra dan Arya Nardhana. Keduanya membuat lemari pendingin tanpa berbekal listrik sedikitpun. Bahan yang mereka gunakan pun cukup sederhana untuk dibuat. Bahan seperti kotak styrofoam, air dingin, dan pasir tentu mudah didapatkan. Cara menggunakannya pun mudah. Tempatkan bahan yang akan didinginkan ke dalam sebuah wadah kaleng. Kemudian letakkan di styrofoam. Lalu, isi kotak styrofoam dengan pasir dan air dingin.

Nah segitu aja artikel kali ini,  Yuk yuk berkarya ! Agar bisa berinovasi seperti adik adik dan teman teman kita  , keren kan.

#HimatemiaBISA
#HimatemiaGo

DAFTAR PUSTAKA

http://www.markijar.com/2015/07/hari-anak-nasional-pengertian-dan.html
https://www.goodnewsfromindonesia.id/2019/05/15/7-inovasi-teknologi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »