TATA CARA DAN ETIKA MENGHUBUNGI DOSEN

14.20.00


   Seorang mahasiswa pastinya membutuhkan hubungan yang baik antara mahasiswa dengan mahasiswa maupun mahasiswa dengan dosen. Dosen adalah peran penting dalam perguruan tinggi dan hubungan baik dengan dosen sangatlah di perlukan, dengan adanya perkembangan jaman maka akan semakin banyak pula hal-hal yang berubah dan memudahkan banyak hal, salah satunya adalah menghubungi dosen pada jaman sekarang mahasiswa lebih banyak menghubungi dosen melalui chat atau surat elektronik. Perkembangan teknologi memudahkan banyak hal, namun banyak juga orang-orang yang menyepelekan hal-hal yang seharusnya dilakukan terutama sebagai mahasiswa, salah satunya adalah etika atau tata cara menghubungi dosen.

Tata cara ataupun tata cara menghubungi dosen merupakan hal penting yang perlu kita pelajari bersama untuk menunjang hubungan baik antar mahasiswa dengan dosen. Berikut merupakan tata cara menghubungi dosen agar tetap terjalinnya hubungan baik ke dosen, antara lain :











1. Waktu menghubungi

Hal yang harus kita perhatikan pertama-tama adalah kapan kita menghubungi Beliau juga sangat menentukan, jangan menghubungi di jam-jam sibuk, karena nanti pasti dihiraukan dahulu, dan kebanyakan akhirnya terlupakan. Jangan menghubungi beliau terlalu pagi, ataupun terlalu malam. Juga jangan gunakan waktu transisi dari siang ke malam, atau malam ke pagi. Gunakan waktu-waktu di mana sekiranya orang longgar untuk membaca dan membalas SMS atau mengangkat telfon.







2. Menggunakan bahasa yang baik dan mudah dipahami

Selanjutnya yang harus kita perhatikan setelah waktu menghubungi adalah bahasa yang kita gunakan untuk menghubungi dosen haruslah baik atau sesuai dengan kbbi dan juga bahasa yang dipakai harus mudah dipahami agar tidak terjadi ambigu.

3. Mulai lah dengan salam dan perkenalan

Setelah memperhatikan 2 hal tadi yaitu waktu dan bahasa yang digunakan, untuk membuat pesan pertama kali yang harus kita lalukan adalah memulainya dengan salam dan juga memperkenalkan diri atau identitas kita, agar orang yang kita hubungi tau siapa kita. Contohnya : “Selamat siang pak, saya Owen dari teknik kimia 2018 ....”.

4. Menuliskan tujuan menghubungi secara singkat dan jelas

Hal ini merupakan hal yang penting pada bagian pesan karena tujuan atau maksud kita menghubungi dosen harus lah jelas dan mudah di mengerti agar tujuan kita menghubungi dapat tersampaikan dengan baik dan tidak bertele-tele.









5. Mengucapkan maaf dan terima kasih

Setelah kita menyanpaikan tujuan kita harus mengakhirinya pesan dengan sopan, dengan cara meminta maaf jika menggangu waktunya dan berterima kasih sudah berkenan meluangkan waktunya.

Itulah tata cara dan juga etika menghubungi dosen yang baik dan benar agar terjalninnya hubungan yang baik antar dosen dan mahasiswa, semoga dari artikel kali ini dapat bermanfaat dan bisa di implementasikan oleh kalian para pembaca dalam kehidupan sehari-hari.



Sumber :
https://imam.web.id/etika-mahasiswa-menghubungi-dosen-2018/

https://dosennndeso.blogspot.com/2013/02/etika-menghubungi-dosen-via-sms-yang.html

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »