SELAMATKAN BUMI KITA DARI BENCANA

12.02.00


Sumber gambar : Sindomanado.com

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan,  perubahan iklim yang terjadi meningkatkan risiko dan peluang curah hujan ekstrem menjadi pemicu banjir Jakarta 2020.
Suhu lingkungan yang tinggi menjadi salah satu faktor penyebab kebakaran hutan yang terjadi di Australia. Udara yang kering juga membuat tumbuhan lebih cepat terbakar karena kelembapannya lebih mudah hilang.

Apakah kalian sadar bahwa dua bencana ini berkaitan dengan perubahan iklim dan pemanasan global?

Sumber gambar : Kompasiana.com

Sebenarnya, perubahan iklim dan pemanasan global merupakan dua hal yang berbeda, loh. Tetapi dua hal tersebut saling berkaitan.

Perubahan iklim mencakup setiap dan semua fluktuasi jangka panjang dalam satu atau lebih variabel terkait iklim. Sebagai contoh, curah hujan rata-rata di dalam lokasi yang sama. Sedangkan, pemanasan global mengacu pada peningkatan suhu permukaan rata-rata planet Bumi. Pemanasan global adalah bentuk perubahan iklim.

Sebagai manusia yang memiliki akal, sudah seharusnya kita menjaga bumi dan saling membantu untuk mengurangi dampak dari perubahan iklim dan pemanasan global.

Lalu, bagaimana sih caranya?


1. Melakukan penghematan Listrik.
 Secara tidak langsung kita telah mengurangi kadar CO2 pada lapisan atmosfer karena sebagian besar gas CO2 ini dihasilkan dari pembangkit listrik yang berbahan bakar fosil.

2. Tidak menebang pohon sembarangan.
 Kalian pasti tahu dong bahwa pohon menyerap gas CO2. Jadi, jika kita menebang dalam jumlah yang sangat banyak, akan menimbulkan bahaya dan dampak pemanasan global pun akan semakin buruk karena tidak ada yang menyerap gas CO2.

Sumber gambar : Ayobandung.com

3. Menanam Pohon
Menanam pohon atau reboisasi merupakan langkah untuk menyeimbangkan kadar gas CO2 di lapisan atmosfer. Karena pohon akan menyerap gas CO2 untuk melakukan proses fotosintesis dan akan melepaskan oksigen ke udara.

4. Menggunakan energi alternatif untuk mengurangi pemanasan global.
Misalnya mengganti pemakaian pembangkit listrik yang berbahan bakar fosil dengan energi yang dikeluarkan oleh sinar matahari, panas bumi, angin atau air.

5. Mengurangi penggunaan kendaraan berbahan bakar fosil.
 Dengan menguranginya maka sedikitnya kita sudah mengurangi emisi karbon dioksida yang dikeluarkan oleh kendaraan tersebut.


6. Reuse, Reduce, Recycle.
Reuse merupakan cara pemanfaatan kembali. Reduce merupakan cara penghematan. Recycle merupakan pendaur ulangan.

Yuk, mulai hari ini kita saling membantu untuk mengurangi pemanasan global dan dampak buruknya terhadap bumi kita!

“Just because it’s not happening in your backyard doesn’t mean it will never happen”

#HimatemiaGO
#HimatemiaBISA

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »