Zeolit, Alternatif Adsorben Yang Banyak Ditemukan Di Alam Untuk Penghilangan Kadar Ammonium

17.30.00

 


ZEOLIT, ALTERNATIF ADSORBEN YANG BANYAK DITEMUKAN DI ALAM UNTUK PENGHILANGAN KADAR AMMONIUM

Tahukah kalian bahwa kandungan amonium dan racun dalam air dapat berbahaya bagi makhluk hidup? Dibutuhkan perhatian khusus terhadap kadar racun ammonium di Perairan. Oleh karena itu, sudah menjadi suatu keharusan untuk melakukan penghilangan kandungan ammonium dari air limbah yang dibuang ke lingkungan.

Ammonium memiliki efek berbahaya dan beracun terhadap kesehatan manusia dan sumber daya biotik, hal ini dapat terjadi ketika kandungan ammonium telah melebihi batas kemampuan lingkungan menetralkan racun dan melewati batas yang diizinkan.

Sebenarnya ammonium termasuk dalam kategori senyawa basa lemah, sehingga akan dengan mudah dilakukan proses penyerapan atau adsorpsi dengan zat padat. Salah satu caranya yaitu memanfaatkan sifat daya serap yang tinggi dari bahan zeolit.

Zeolit merupakan senyawa alumino-silikat hidrat terhidrasi dengan unsur utama yang terdiri dari kation alkali dan alkali tanah terutama Ca, K dan Na, dengan rumus umum (LaAlbSicO2.nH2O) dimana L adalah logam. Sifat umum dari zeolit adalah kristal yang agak lunak dengan warna putih coklat atau kebiru-biruan. Senyawa kristalnya berwujud dalam struktur tiga dimensi yang tak terbatas dan memiliki rongga-rongga yang saling berhubungan membentuk saluran ke segala arah dengan ukuran saluran tergantung dari garis tengah logam alkali ataupun alkali tanah yang terdapat pada strukturnya. Dimana rongga-rongga tersebut akan terisi oleh air yang disebut air kristal.

Zeolit merupakan senyawa alumino silikat terhidrasi yang terdiri dari tetrahedral (Si, Al) dan dikelilingi oleh atom-atom O dalam ikatan tiga dimensi. Mineral zeolit yang paling umum dijumpai adalah (Na,K)2O, Al2O3, 10SiO2, 8H2O.

Dalam proses adsorpsi pemilihan adsorben merupakan hal yang sangat penting, salah satu adsorben yang memiliki potensi yaitu zeolit. Zeolit merupakan material berpori dan memiliki beberapa kandungan mineral dominan (SiO4 dan AlO4). Menurut International Zeolite Association, terdapat 234 tipe zeolit yang terdiri dari 67 tipe zeolit alam dan sisanya yaitu zeolit sintetis. Penggunaan zeolit sebagai media adsorpsi menjadi hal yang menarik karena jumlahnya yang besar di Indonesia terutama zeolit dari Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Berdasarkan hasil survei terdapat sekitar 40 lokasi yang mengandung endapan zeolit alam dan sebagian besar berada di Pulau Jawa, termasuk yang terluas di daerah Banten. Kandungan Zeolit di Kecamatan Bayah terhampar areal seluas 400 hektar lebih dengan deposit lebih dari 123 juta ton.

Jenis mineral yang dimiliki oleh zeolit alam sangat beragam. Keberagaman tersebut akan memengaruhi kemampuannya dalam menjerap kation. Mineral zeolit pada umumnya memiliki komponen silika dan alumina. Banyaknya silika dan alumina disetiap jenis mineral berbeda tergantung kondisi lingkungan dan proses pembentukannya.Setiap zeolit alam memiliki tipe yang berbeda-beda. Zeolit Lampung memiliki tipe klinoptilolit, zeolit Bayah dan Tasikmalaya memiliki kombinasi tipe klinoptilolit dan mordenit. Keberagaman tipe zeolit diduga karena kondisi lingkungan dan proses pembentukannya.

Zeolit disebut salah satu adsorben alternative yang tinggi karena memiliki pori yang banyak dan mempunyai kapasitas tukar kation yang tinggi dan dapat diaplikasikan pada rentang temperatur yang luas sehingga sangat cocok digunakan sebagai adsorben, selain itu struktur zeolit yang berongga sehingga zeolit mampu menyerap sejumlah besar molekul yang berukuran lebih kecil atau sesuai dengan ukuran rongganya serta kristal zeolit yang telah terdehidrasi merupakan adsorben yang selektif dan mempunyai efektivitas adsorpsi yang tinggi. Sifat dari zeolit alam sendiri mampu menyerap ammoniuml. Untuk meningkatkan aktivitas dari zeolit alam, dapat dilakukan modifikasi sehingga dapat mengoptimalkan kerja dari zeolit dengan cara memperluas permukaan dari zeolit serta membuka pori zeolit.


#HimatemiaBERAKSI

#HimatemiaGO





Share this

Related Posts

Previous
Next Post »