[ Revolusi Industri 5.0 ]

14.18.00


Revolusi Industri 5.0


Apa Itu Revolusi Industri ?
Revolusi Industri merupakan sebutan untuk suatu peristiwa di saat terjadinya perubahan secara besar-besaran di bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, transportasi, dan teknologi serta memiliki dampak yang mendalam terhadap kondisi sosial, ekonomi, dan budaya di dunia. Revolusi Industri dimulai dari Britania Raya dan kemudian menyebar ke seluruh Eropa Barat, Amerika Utara, Jepang, dan menyebar ke seluruh dunia.

Revolusi Industri menandai terjadinya titik balik besar dalam sejarah dunia, hampir setiap aspek kehidupan sehari-hari dipengaruhi oleh Revolusi Industri, khususnya dalam hal peningkatan pertumbuhan penduduk dan pendapatan rata-rata yang berkelanjutan dan belum pernah terjadi sebelumnya. Revolusi Industri diketahui dimulai pada abad ke-18, ketika masyarakat pertanian menjadi lebih maju dan urban. Kereta api lintas benua, mesin uap, listrik, dan penemuan-penemuan lainnya mengubah masyarakat secara permanen.
Secara historis, revolusi industri gelombang pertama terjadi sejak abad ke-18 dan berkembang hingga memasuki gelombang keempat pada abad ini.


Revolusi industri 1.0
Berdasarkan catatan sejarah yang ada, revolusi industri pertama terjadi pada kisaran tahun 1750-1830. Pada gelombang pertama ini, revolusi industri ditandai dengan adanya penemuan mesin uap dan kereta api. Mesin uap digunakan untuk menggantikan tenaga manusia dan hewan dalam proses produksi.

Revolusi industri 2.0
Revolusi industri kedua terjadi pada rentang tahun 1870-1900 yang ditandai dengan adanya penemuan listrik, alat komunikasi, minyak, dan bahan-bahan kimia. Berbagai penemuan tersebut mendukung pelaksanaan konsep produksi massal.

Revolusi industri 3.0
Revolusi industri gelombang ketiga terjadi mulai tahun 1960 hingga saat ini yang ditandai dengan adanya penemuan komputer, telepon genggam atau ponsel, dan internet. Penemuan-penemuan tersebut tentu saja bermanfaat untuk melakukan otomasi proses produksi dalam kegiatan produksi.

Revolusi industri 4.0
Dikenal dengan istilah revolusi industri 4.0, di mana era baru ini ditandai dengan berintegrasinya beberapa teknologi sekaligus yaitu biologi, fisika, dan digital. Perpaduan teknologi ini memungkinkan pelaksanaan proses produksi menjadi lebih mudah dan cepat serta produktif.

Lalu apa itu Revolusi Industri 5.0 Atau Society 5.0 ?
Revolusi industri 5.0 Jepang pertama kali diperkenalkan pada Juni 2017. Selanjutnya, Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, memperkenalkan road-map yang terkesan lebih humanis pada tanggal 21 Januari 2019. Road map tersebut dikenal dengan istilah super-smart society atau society 5.0.
Jepang mengalami masa-masa sulit selama kurang lebih satu dekade terakhir. Populasi masyarakat usia produktif menurun drastis dan jumlah penduduk lansia meningkat. Hal ini turut diperparah oleh krisis buruh yang sulit diatasi. Jepang menganggap bahwa perkembangan sektor manufaktur dan bisnis tak lagi dapat mengandalkan tenaga serta keahlian manusia. Hingga akhirnya permasalahan tersebut mendorong terjadinya revolusi industri 5.0 ala Jepang sebagai bentuk solusi. Revolusi industri ini juga dianggap sebagai solusi untuk menekan tingginya biaya perawatan infrastruktur di berbagai sektor.

Sisi revolusi industri ini dianggap lebih memperhatikan sisi kemanusiaan. Jutaan data dikumpulkan di internet untuk kemudian diolah demi menghasilkan teknologi yang bisa diterapkan di berbagai bidang kehidupan.
Implementasi revolusi industri 5.0 ala Jepang kini mulai dimanfaatkan untuk mendukung berbagai bidang, misalnya:
1.      Pengiriman paket dengan menggunakan drone tanpa awak.
2.      Pelayanan kesehatan yang mengandalkan sistem remote.
3.      Kulkas pintar dengan pintu yang dapat memberikan info tentang jumlah persediaan makanan di dalamnya serta saran untuk membuat aneka hidangan.
4.      Pemanfaatan teknologi robot dan Artificial Intelligence (AI) sebagai pelayan restoran dan hotel.
5.      Kreasi robot yang dapat membantu menyelesaikan urusan rumah tangga (misalnya bersih-bersih rumah dan memberi makan hewan peliharaan).
6.      Penggunaan teknologi robot dan sensor untuk merawat sejumlah infrastruktur seperti jalan raya, terowongan, dan jembatan.



#HimatemiaBERAKSI
#HimatemiaGo


Sumber gambar :


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »