Himatemia untuk Masyarakat (HIMASY): Membangun Potensi Desa Tertinggal

09.37.00


Cilegon, ( 20/7/19) Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia UNTIRTA  melakukan kegiatan pengabdian masyarakat bertajuk “Sosialisasi Pemanfaatan Kacang Tanah Menjadi Produk Olahan Pangan Unggulan” di Desa Cikeubel Atas, Kelurahan Ciora, Kecamatan Grogol, Cilegon. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dan dosen Jurusan Teknik Kimia yang berjumlah 13 orang.

Program desa binaan ini diselenggarakan  berdasarkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang salah satunya berbicara mengenai pengabdian pada masyarakat, Lewat Tri Dharma Perguruan Tinggi ini Himatemia Untirta memutuskan untuk membuat program desa binaan. Acara tersebut merupakan kegiatan rutin yang diagendakan setiap  tiga minggu sekali oleh departemen REST (Riset Edukasi Sosial Teknologi), bertujuan untuk mengoptimalkan potensi yang ada baik dalam sumber daya manusia maupun sumber daya alam berupa kacang tanah.


Kegiatan ini dibuka dengan sambutan oleh ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia, Saudara Ahmad Royhan dan juga Ketua jurusan Teknik kimia, Bapak Endang Suhendi, S.T.,M.Eng., Serta Ketua RT Setempat. Setelah sambutan selesai banyak rangkaian acara menarik, diantaranya yaitu sosialisasi pembuatan suatu produk seperti pemanfaatan kacang tanah yang diisi oleh salah satu mahasiswa teknik kimia dengan ibu-ibu Desa Cikeubel Atas.
Dalam sosialisasi tersebut, banyak membahasan mengenai alternatif Pengolahan kacang, salah satunya menjadi tempe dan peyek kacang, serta tanya jawab antara narasumber dan peserta.


Kegiatan selanjutnya dilanjutkan dengan praktek langsung pembuatan peyek kacang yang diikuti oleh seluruh peserta ibu-ibu Desa Cikeubel yang ditemani pendamping untuk memandu dalam pembuatan peyek. Dalam kelompok tersebut ibu-ibu membuat peyek kacang mulai dari menyiapkan alat dan bahan, pembuatan adonan, dan menggorengnya. Acara ini mendapatkan sambutan dan atensi bagus dari masyarakat sekitar, hal tersebut dibuktikan dengan Semangat dan antusias masyarakat Desa Cikeubel pada rangkaian acara.  Kegiatan sosialisasi diakhiri dengan pemberian hadiah berupa peralatan rumah tangga oleh Pak Endang Suhendi, S. T., M. Eng.,


Program Pengabdian Masyarakat ini sendiri berawal dari kepedulian mahasiswa dan keinginan turut membantu memajukan Desa yang tertinggal didaerah Cilegon terutama dalam bidang ekonomi.

Dengan adanya  desa binaan ini, diharapkan warga  Desa Cikeubel dapat merasakan manfaatnya secara langsung dan mengaplikasikan ilmu yang didapat pada waktu sosialisasi dan praktek langsung pembuatan peyek kacang. Selain itu juga semakin terjalin hubungan yang baik antara mahasiswa teknik kimia dengan masyarakat Desa Cikeubel .

#HimatemiaBISA
#HimatemiaGO

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »