THERMO GUN BERBAHAYA ATAU TIDAK?

15.34.00

 


THERMO GUN BERBAHAYA ATAU TIDAK?

Saat ini penggunaan Thermo Gun sedang marak digunakan. Ketika kita akan memasuki tempat umum seperti mall, bandara, stasiun, bahkan beberapa toko di jalan pun menggunakan Thermo Gun untuk mengukur suhu orang yang akan masuk kedalamnya. Tapi, belakangan ini sedang viral bahwa Thermo Gun berbahaya bagi kesehatan otak karena radiasinya yang menembak ke kepala. Narasi lain menyebutkan bahwa Thermo Gun sebenernya digunakan untuk mengukur suhu panas pada kabel dan bukan untuk manusia. Jadi, Thermo Gun berbahaya atau tidak ya?

Menurut Spesialis Penyakit Dalam, dr. Ari Fahrial Syam yang mengatakan bahwa termometer yang digunakan di kening pada saat mengukur suhu tubuh (Thermo Gun) aman digunakan dan telah lulus uji kesehatan. Penggunaan termometer inframerah juga tidak berdampak pada sistem saraf dan retina manusia karena termometer inframerah tidak memancarkan sinar radasi seperti sinar-X.

dr. Ari menambahkan bahwa penggunaan Thermo Gun untuk mengukur suhu panas kabel adalah tidak tepat karena terdapat dua termometer yaitu termometer klinik yang digunakan untuk kepentingan medis dan termometer industri yang digunakan untuk mengukur suhu benda atau alat manufaktur.

Jadi, klaim tentang radiasi dari Thermo Gun yang membahayakan manusia ternyata tidak benar karena sudah dipastikan bahwa penggunaan Thermo Gun tidak berdampak pada sistem saraf dan retina manusia sehingga termometer ini aman digunakan untuk mengecek suhu tubuh pada manusia. Tapi, Thermo Gun dapat membahayakan manusia jika penggunaannya dengan dipukulkan ke kening orang lain.



#HimatemiaBERAKSI

#HimatemiaGO



Sumber:

https://www.kominfo.go.id/content/detail/27991/disinformasi-pengukur-suhu-tubuh-thermo-gun-berbahaya-bagi-manusia/0/laporan_isu_hoaks#:~:text=Faktanya%2C%20klaim%20mengenai%20Thermo%20Gun,dan%20telah%20lulus%20uji%20kesehatan

https://mojok.co/terminal/thermo-gun-memang-berbahaya-karena-3-alasan-ini/

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4309519/cek-fakta-tidak-benar-radiasi-laser-thermo-gun-berbahaya-bagi-tubuh-manusia


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »