Uang Peringatan Kemerdekaan

12.54.00

 
Uang Peringatan Kemerdekaan

Hari Senin (17/08/2020), Bank Indonesia resmi mengeluarkan uang baru sebesar 75.000 rupiah dalam rangka memperingati HUT ke-75 Republik Indonesia. Uang ini dapat dipesan mulai hari Senin (17/08/20) jam 15.00 WIB. Untuk mendapatkan uang pecahan ini, Bank Indonesia menuliskan beberapa keterangan melalui laman resminya, sebagai berikut:

·         Untuk mendapatkan Uang Peringatan 75 Tahun Kemerdekaan RI, masyarakat dapat menukarkan uang rupiah senilai Rp75 ribu secara tunai dengan 1 (satu) lembar UPK 75 Tahun RI yang memiliki nilai nominal senilai Rp75 ribu.

·         Sebelum melakukan penukaran, masyarakat harus melakukan pemesanan jadwal dan lokasi penukaran secara online pada aplikasi PINTAR di website Bank Indonesia melalui tautan https://pintar.bi.go.id.

·         Setiap 1 (satu) KTP hanya dapat ditukarkan untuk memperoleh 1 (satu) lembar Uang Peringatan Kemerdekaan Ke-75 RI dengan nominal Rp 75 ribu.

Periode penukaran uang ini dibagi menjadi 2 tahap, yaitu:

·         Periode pemesanan penukaran tahap 1 (17 Agustus 2020 Pukul 15.00 WIB – 30 September 2020), dengan tempat penukaran di Kantor Pusat (KP) Bank Indonesia dan 45 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Dalam Negeri (KPwDN) di seluruh provinsi dan beberapa kota/kabupaten.

·         Periode pemesanan penukaran tahap 2 (1 Oktober 2020 – selesai), dengan tempat penukaran di Bank Indonesia (KP dan KPwDN) dan Bank Umum yang ditunjuk.

Penukaran uang ini dapat dilakukan dengan memenuhi syarat, sebagai berikut:

·         Warga Negara Indonesia

·         Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP)

·         Telah melakukan pemesanan melalui aplikasi PINTAR

·         Membawah Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli

·         Membawa bukti pemesanan dalam bentuk hardcopy atau digital

·         Melakukan penukaran pada waktu dan lokasi yang telah dipilih sesuai yang tertera pada bukti pemesanan

·         Data Nama dan NIK yang tercantum pada bukti pemesanan sesuai dengan KTP asli yang dibawa pada saat penukaran.

Menurut Bank Indonesia, uang 75 ribu rupiah didesain dengan mengusung 3 tema besar, yaitu: Mensyukuri kemerdekaan, Memperteguh kebinekaan, dan Menyongsong masa depan gemilang.

Tema mensyukuri kemerdekaan digambarkan dengan peristiwa pengibaran bendera saat proklamasi kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945 dan dilengkapi dengan adanya  gambar tokoh proklamator Dr. (H.C) Ir. Soekarno dan Dr. (H.C) Drs. Mohammad Hatta serta adanya gambar pegunungan memiliki filosofi pembuka dan permulaan lembaran baru.

Tema memperteguh Kebinekaan digambarkan dengan anak Indonesia yang menggunakan pakaian adat yang mewakili daerah barat, tengah, dan timur NKRI. Hal ini juga digambarkan dalam beragamnya kain motif nusantara yakni tenun gringsing bali, batik kawung jawa, dan songket Sumatera Selatan yang memiliki makna kebaikan, keanggunan dan kesucian.

Sementara, tema menyongsong masa depan gemilang digambarkan dengan satelit Merah Putih sebagai jembatan komunikasi NKRI serta peta Indonesia emas pada bola dunia dimana melambangkan peran strategis Indonesia dalam kancah global dan juga adanya gambar anak Indonesia yang dilukiskan sebagai SDM unggul di era Indonesia maju.

Setelah membaca artikel diatas, apakah kamu berminat untuk menukarkan uang 75 ribu?



#HimatemiaBERAKSI
#HimatemiaGO


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »