Apa Sih Yang Dipelajari di Jurusan Teknik Kimia?

13.31.00


Apa Sih Yang Dipelajari di Jurusan Teknik Kimia?

Halo sobat Teknik Kimia.

Tidak terasa, mahasiswa baru Teknik Kimia maupun Mahasiswa Teknik Kimia mulai memasuki kegiatan perkuliahan kembali. Apakah ada diantara kalian yang masih bingung dengan Juruaan Teknik Kimia? Pasti beberapa diantara mahasiswa baru ataupun mahasiswa yang sudah menjalani perkuliahan masih bingung dengan serba-serbi maupun prospek kerja dari Teknik Kimia. Apasih yang ada di benak kalian mengenai jurusan Teknik Kimia? Mungkin beberapa diantara kalian ada yang berfikiran jurusan ini akan mempelajari mengenai reaksi kimia, tapi, apakah teknik kimia hanya mempelajari reaksi kimia saja? Apakah cukup hanya bermodal suka kimia, cukup untuk dapat survive di jurusan Teknik Kimia? Di artikel kali ini, kita akan mengupas dan meluruskan mengenai apa yang dipelajari di Jurusan Teknik Kimia, serta serba-serbinya. Jadi, simak terus artikelnya ya..

Sebelum kita bahas apa saja yang dipelajari di Jurusan Teknik Kimia alangkah baiknya kita mengenal lebih dulu apa itu Teknik Kimia.

Teknik Kimia merupakan jurusan ilmu teknik yang mempelajari mengenai proses yang di lakukan dari bahan mentah menjadi produk komersil dengan memanfaatkan proses-proses kimia. Jurusan Teknik Kimia lebih berfokus pada proses mengubah bahan baku menjadi produk, sehingga, seringkali sarjana Teknik Kimia disebut sebagai Process Engineer. Seorang Sarjana Teknik Kimia juga dapat membuat rancangan pabrik industri kimia. Produk yang dihasilkan oleh teknik kimia dapat ditemukan hampir di segala kegiatan kita, mulai dari baju yang kita kenakan, makanan yang kita konsumsi, hingga kendaraan yang kita gunakan.

Prospek kerja yang ditawarkan dari teknik kimia cukup luas. Mahasiswa Teknik Kimia dapat berkarir di berbagai macam jenis industri. Lulusan teknik kimia dapat berkarir sebagai tenaga pengajar (dosen dan guru), peneliti, consultant, research and development, project engineer. Selain itu, lulusan teknik kimia dapat bekerja di industri kimia, Industri minyak dan gas, hingga industri makanan dan minuman.

Dalam jurusan Teknik Kimia, mahasiswa dituntut untuk dapat mengerti proses reaksi kimia dalam skala besar, bagaimana cara menangani bahan baku, standar untuk keamanan di pabrik, serta bagaimana menjalankan suatu proses seefisien mungkin. Yang dipelajari di jurusan teknik kimia bukanlah pelajaran kimia yang di ajarkan di SMA melainkan Kimia Terapan yang sudah dipadukan dengan Fisika dan Matematika. Di jurusan teknik kimia pula mengajarkan mahasiswanya agar dapat memproses, mengendalikan dan mengoptimalkan suatu proses.

Pada semester awal perkuliahan, mata kuliah yang diajarkan masih umum, seperti mengulang beberapa pelajaran saat bangku SMA. Mulai menginjak semester kedua, terdapat beberapa mata kuliah yang berisi pengenalan teknik kimia. Dan pada semester ketiga hingga semester ke mulai terdapat mata kuliah yang menjurus ke  teknik kimia. Seperti, Neraca Massa dan Energi, Termodinamika, Sistem Utilitas, Metode Numerik, Teknik Bioproses, dan lainnya. Tugas akhir dari jurusan Teknik Kimia sendiri terdiri dari penelitian dan pra rancangan pabrik.

Selain mata kuliah yang telah disebutkan diatas, seperti halnya jurusan ‘berbau’ teknik yang lain, terdapat beberapa mata kuliah praktikum. Seperti, Praktikum Kimia Dasar, Praktikum Kimia Organik, Praktikum Metode Numerik, Praktikum Fisika Dasar, dan lainnya. Beberapa kegiatan praktikum, tidak hanya menggunakan zat-zat kimia saja, namun menggunakan beberapa program, seperti Hysys, ChemOffice, dan Matlab.

Meskipun jurusan Teknik Kimia mempelajari ilmu kimia, namun, ilmu fisika dan matematika lebih mendominasi sebagian mata kuliah yang akan dipelajari. Oleh karena itu, apabila kalian berpikir memilih jurusan Teknik Kimia karena menyukai pelajaran kimia, sebenarnya tidak cukup, kita perlu menyukai pelajaran yang berhubungan dengan perhitungan dan analisis.

Jadi, meskipun ada kata ‘Kimia’ dalam Teknik Kimia, tidak menjadikan Teknik Kimia hanya mempelajari ilmu kimia serta reaksi-reaksi kimia saja. Bahkan, beberapa orang awam, sering salah anggapan jika teknik kimia merupakan jurusan yang mempelajari cara pembuatan bom.

Meskipun Teknik Kimia merupakan salah satu jurusan yang sulit,  tetapi hal itu sebanding dengan cakupan ilmu yang didapat. Karena, di Teknik Kimia mempelajari beberapa ilmu dasar di jurusan lain. Asalkan kita gigih dan semangat dalam menjalani kegiatan perkuliahan di Teknik Kimia, pasti kita mampu menjalankan keseharian di Teknik Kimia. Tetap semangat dan selalu bersyukur. Sampai jumpa di artikel selanjutnya..

 

#HimatemiaBERAKSI

#HimatemiaGO


DAFTAR PUSTAKA

https://www.halokampus.com/jurusan-teknik-kimia (diakses pada 26 Agustus 2020)

https://www.osc.medcom.id/serunya-belajar-teknik-kimia (diakses pada 30 Agustus 2020)

https://www.rencanamu.id/seputar-prodi-teknik-kimia (diakses pada 30 Agustus 2020)

https://www.duniailkom.com/apa-saja-yang-dipelajari-di-teknik-kimia (diakses pada 26 Agustus 2020)

https://www.tambahpinter.com/teknik-kimia (diakses pada 30 Agustus 2020)



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »