Berawal dari Hobi Menjadi Peluang Bisnis

10.14.00


Berawal dari Hobi Menjadi Peluang Bisnis

Dalam keadaan sekarang ini yang membuat banyak orang mulai bosen terutama kamu mahasiswa yang masih kuliah online, kenapa nggak nyoba cari hobi baru yang menguntungkan.

Hobi itu sendiri merupakan suatu kegiatan yang disukai oleh setiap orang. Baik dalam bidang olah raga, seni maupun di dalam berbisnis. Jika kita melakukan suatu pekerjaan yang kita sukai, maka pekerjaan yang sebenarnya berat akan terasa ringan. Namun yang menjadi masalah adalah belum banyak orang yang tahu dan mengerti bagaimana cara mengubah hobi menjadi bisnis. Dapat dikatakan hampir semua hobi bisa dijadikan sebagai peluang bisnis bila dilakukan dengan jeli dan tekun.

Dalam mengembangkan hobi tersebut diperlukan passion dalam menjalani bisnis. Itu sebabnya, kebanyakan pebisnis sukses memulai bisnisnya berdasar dari hobi mereka. Namun banyak orang yang tidak berani mengambil resiko untuk memulai bisnis sendiri. Namun ada beberapa tips untuk kamu yang mau memulai bisnis dari hobi ini

Cara Mengubah Hobi Menjadi Bisnis yang Menguntungkan :

1. Ketahui hobi kamu terlebih dahulu

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencari tau apa hobi kamu, kegiatan apa yang membuat kamu merasa nyaman dan senang, hal apa yang membuat kamu rela membayar untuk melakukan kegiatan tersebut. Ketika kamu bisa menjawab pertanyaan tersebut, sudah bisa dipastikan hobi yang kamu jalani berpotensi untuk menjadi peluang bisnis.

2. Perluas Pengetahuan dan Wawasan

 selanjutnya adalah mengkombinasikan antara keterampilan dan passion yang kami miliki. Dengan menggunakan  pengetahuan yang kamu miliki untuk mengembangkan hobi tersebut. Pikirkanlah segala macam peluang yang dapat kamu ciptakan, lalu langkah selanjutnya hubungkan ide-ide tersebut dengan hobi yang kamu miliki sekarang. Agar bisa lebih mengembangkan usaha yang kamu mulai dan lebih  berpotensi untuk mendatangkan pendapatan yang lebih besar lagi.

3. Membangun Komunitas

Jika kita membahas mengenai hobi, maka erat kaitannya dengan komunitas. Komunitas adalah pasar yang sangat potensial yang harus kamu libatkan. Oleh karena itu sangat penting untuk membangun sebuah komunitas tersebut. Selain untuk menjaring pelanggan, komunitas berperan untuk memperluas jaringan yang kamu miliki, memperkaya pengetahuan mengenai hobi tersebut dan mengikuti perkembangan yang saat ini sedang di cari.

4. Tularkan hobi kamu kepada orang lain

Ini merupakan cara paling mudah menghasilkan uang dari hobi kita. Jika kamu suka melukis, maka buatlah kelas melukis di rumah anda khusus untuk anak-anak sekolah atau pun orang dewasa. Anda juga dapat memulai dengan kelas memasak, kelas piano, kelas karate dan banyak lagi. Jika anda mahir bahasa asing, membuka jasa bimbingan belajar juga berpotensi menghasilkan.

5. Pelajari Target Pasar dari Hobi kamu

Setelah Anda menentukan hobi Anda yang berpotensi mendapatkan keuntungan maka langkah selanjutnya dengan mengenal baik pasar yang Anda target. Dengan bekal hobi tersebut tentunya Anda memahami betul apa yang konsumen sukai dan tidak disukai.

6. Mulailah bisnis kamu

Hal ini merupakan hal terpenting karena jika belum dimulai untuk apa?. Coba saja karena ini hobi kamu jadi tidak ada yang namanya rugi dalam bisnis yang kamu mulai ini.

 

#HimatemiaBERAKSI

#HimatemiaGO



Sumber :

https://www.cermati.com/artikel/amp/6-cara-mengubah-hobi-menjadi-peluang-bisnis

https://www.jurnal.id/id/blog/5-cara-mengubah-hobi-menjadi-ladang-bisnis-yang-menguntungkan/


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »