[ Tetap Produktif di Tengah Pandemi COVID-19 ]

14.54.00

Tetap Produktif di Tengah Pandemi COVID-19


Halo sobat Teknik Kimia! Bagaimana kabarnya? Semoga kita selalu dalam kondisi yang baik dan sehat wal’afiat. Sudah diketahui bersama bahwa virus COVID-19 yang muncul pada awal tahun 2020 ini membuat gempar masyarakat di seluruh belahan dunia termasuk Indonesia. Penyebaran virus ini berlangsung dengan cepat serta telah memakan ribuan korban jiwa dan angkanya akan terus bertambah. Selanjutnya Pemerintah Indonesia membuat beberapa kebijakan tentang pembatasan kegiatan social distancing seperti aktivitas belajar mengajar yang mulanya dilakukan di Sekolah kemudian harus dilakukan secara daring (belajar dari Rumah), pembatasan aktivitas di tempat umum, pembatasan aktivitas di dalam masjid yang mengharuskan untuk sholat berjamaah dengan berjarak 1-2 meter atau segala bentuk aktivitas yang menimbulkan keramaian. Pemerintah membatasi berbagai aktivitas yang bertujuan untuk meminimalisir penyebaran virus corona. Karena virus COVID-19 ini sangat mudah penularannya, yaitu melalui kontak fisik dengan penderita. Saat ini sudah ada 43,083 kasus positif di Indonesia.

Di tengah pandemi ini, masyarakat khususnya di kalangan mahasiswa sering mengeluhkan penat dan bosan karena ruang gerak yang dibatasi. Menonton serial salah satu platform atau membantu pekerjaan orang tua di rumah menjadi pilihan kegiatan sebagian besar mahasiswa selain mengerjakan tugas perkuliahan. Namun, ternyata di tengah pandemi ini kita bisa menjadi lebih produktif loh sobat teknik kimia. Pemaknaan kata produktif tidak melulu soal mencari uang. Jika melihat arti produktif dari KBBI, maka akan didapatkan, 1) bersifat atau mampu menghasilkan (dalam jumlah besar), 2) memberi hasil atau manfaat, 3) mampu menghasilkan terus dan dipakai secara teratur untuk membentuk unsur-unsur baru. Produktif, bisa disimpulkan sebagai sikap untuk melakukan kegiatan dan ingin terus berkarya, yang hasilnya kemudian bisa bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain. Produktivitas di sini bukan hanya dengan giat mengerjakan tugas perkuliahan saja, namun juga dengan mengisi waktu yang bermanfaat dan dapat meningkatkan kualitas individu. Dengan begitu, pikiran menjadi lebih rileks dan tidak penat.

Namun, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya tetap produktif ditengah pandemi ini. Berikut ini beberapa cara agar tetap produktif di masa Pandemi COVID-19:
  • Persiapkan Peralatan dan Software untuk Mendukung Proses Pembelajaran Daring

Hal pertama yang bisa kalian lakukan sebelum memulai semuanya yaitu, persiapkan peralatan untuk mendukung proses belajar anda seperti laptop, handphone, maupun headshet. Kemudian karena proses belajar mengajar dilakukan dari rumah, ya otomatis secara online kan. Oleh karena berlaku sistem online, tentunya perlu disiapkan juga softwarenya, bisa menggunakan aplikasi ZOOM yang sedang trend saat ini, ataupun aplikasi video conferencing lainnya. Jangan lupa cari tempat yang nyaman supaya belajarnya fokus, tapi jangan tempat yang gelap juga biar wajahnya kelihatan.
  • Menulis di Blok


Ada banyak hal positif yang bisa dilakukan, salah satunya menulis di Blog. Blog bisa menjadi pilihan tempat untuk menuangkan ide – ide kreatif lewat tulisan yang dapat memberikan informasi, inspirasi ataupun berbagi pengalaman pribadi. Selain itu menulis di blog bisa juga mendapatkan adsense dari google. Udah nulisnya bisa sambil rebahan, digaji lagi. Tertarik? Yuk mulai tuangkan ide – ide kreatifnya, sayang kan kalau hanya dipendam dikepala saja.
  •  Menonton Channel Youtube yang Inspiratif

Bosan dengan kelas online atau suntuk dengan tugas yang segudang? Iya wajar manusiawi. Untuk itu bisa diselingi dengan menonton youtube dari channel – channel yang inspiratif, seperti Nihongo Mantappu, Gita Savitri Devi ataupun channel inspiratif lainnya. Dengan menonton channel inspiratif tersebut, selain sebagai hiburan, juga sebagai inspirasi untuk semangat belajar kembali lagi. Tapi jangan lupa tugasnya tetap dikerjain ya, supaya inspirasi dapat, tugas pun selesai.
  • Meningkatkan Soft Skill dan Hard Skill
Memasuki dunia kerja tidak hanya mengandalkan IPK. IPK juga penting, tapi disamping itu ada yang hal yang penting untuk diperiapkan untuk menghadapi dunia kerja, salah satunya mempunyai Soft Skill dan Hard Skill. Jadi harus balance antara IPK dan kemampuan. Hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan adalah mengikuti seminar dan pelatihan. Ditengah pandemi ini tentunya dilakukan secara online, tapi itu bukan merupakan sebuah masalah dong. Sekarang ada banyak software – software yang bisa digunakan untuk video conferencing, sehingga tetap bisa mengikuti seminar maupun pelatihan.

Jadi seperti itulah cara-cara yang bisa sobat Teknik Kimia lakukan untuk mengatasi rasa jenuh di masa PSBB saat ini. Disamping hal itu, sobat Teknik Kimia tentu juga harus menghindari budaya nongkrong di tempat keramaian, menjaga jarak, tidak melakukan kontak fisik ketika bertemu atau berkenalan, menggunakan masker ketika keluar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik, mengkonsumsi makanan bergizi dan multivitamin, serta rajin berolahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Yang terpenting, jika tidak ada urusan mendesak untuk keluar rumah, lebih baik berdiam diri dengan tetap dan yang terakhir tetap mengikuti Protokol yang telah ada. Salam Teknik Kimia.

#DirumahAja
#HimatemiaBERAKSI
#HimatemiaGo


DAFTAR PUSTAKA

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »