[ Tahukah kamu dengan Teknik kimia ? ]

07.26.00


Mendengar kata Teknik Kimia pasti yang terlintas dalam pikiran adalah suatu rumpun ilmu yang lebih mempelajari mengenai bidang  Kimia. Hal tersebut memang tidak salah, tetapi teknik kimia sendiri tidak hanya mempelajari tentang kimia tetapi juga mempelajari aplikasi dari fisika, matematika teknik, bioproses , ekonomi teknik dan masih banyak lagi. Karena teknik kimia itu sendiri merupakan salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari bagaimana proses dan cara mengubah bahan baku /mentah dan kimia menjadi suatu produk yang bernilai secara komersial dengan memanfaatkan proses-proses kimia.
Mahasiswa jurusan teknik kimia didik untuk 6M , yaitu dapat merencanakan, merancang, mengoperasikan, mengendalikan, memilihara, dan mengkontruksi suatu industri yang sangat bermanfaat bagi perkembagan teknologi dan industri kimia dalam memenuhi kebutuhan manusia. Sebagai calon insinyur teknik kimia juga harus memiliki dasar dalam membangun penilaian dan kepekaan terhadap permasalahan kompleks disekitarnya. Prospek dan harapan untuk calon insinyur itu tidak hanya semata-mata menggunakan rumus dan teori yang ada, namun menuntut pada orientasi pemaiakan dasar teori yang ada untuk keperluan proses pembangunan suatu industri dengan perhitungan-perhitungan matematis dalam struktur perancangan material bangunan maupun ekspektasi keuntungan dari adanya pabrik di suatu wilayah tersebut.
Namun tahukah kamu prospek dari teknik kimia itu sendiri? Dan bagaimana bibit calon insinyur teknik kimia dimasa depan yang dapat menjadi tongkak berdirinya suatu Negara maju?. Mari kita bahas satu persatu melalui artikel ini
Pertama yaitu menjadi seorang spesialis kimia, umumnya akan melakukan berbagai pengujian laboratorium kimia maupun fisika dan dapat bekerja membantu ilmuan untuk menganalisa zat secara kuantitatif ataupun kualitatif. Selain itu dapat bekerja dalam bidang penelitian, quality control dan pemiliharaan lingkungan. Secara spesifik mengatur dan merencanakan eksperimen dan analisa kimia diberbagai macam teknik dengan menyesuaikan standar yang ada serta mencari solusi secara kimia dalam manufaktur sehingga mendapatkan formulasi baru.
Kedua industri minyak dan gas, bekerja dalam bidang ini meruapakan salah satu pekerjaan yang cukup menjanjikan bagi lulusan teknik kimia. Pasalnya, selama perkuiahan mahasiswa teknik kimia mempelajari proses yang melibatkan reaksi kimia, seperti termodinamika dan mekanika fluida. Mahasiswa dituntut untuk dapat mendesain proses dengan menerapkan dasar-dasar teknik kimia untuk memulihkan minyak atau gas dari reservoir.
Ketiga yaitu industri Fast Movig Consumer Goods atau FMCG salah satu pekerjaan favorit sarjana teknik kimia. Lulusa teknik kimia sebagai FMCG ini bertugas dalam hal rekayasa proses, menganalisis produk produksi, serta mencari cara agar proses produksi lebih ekonomis dan memberikan profit yang tinggi. Contoh perusahaan yang bergerak dalam bidang FMCG ini yaitu Nestle, Unilever, P&G, KAO dan lainya
Ke empat yaitu EPCC (Engineering, Procurement, Construction, and Commissioning). EPCC dinilai cukup menarik bagi sarjana Teknik Kimia karena bidang pekerjaan ini sangat erat kaitannya dengan bidang studi sarjana Teknik Kimia yaitu perancangan pabrik kimia, atau chemical plant design. Perusahaan EPCC dinilai akan memberikan kesempatan yang besar bagi sarjana Teknik Kimia untuk mengasah ilmu keprofesian Teknik Kimia secara mendalam sehingga ilmu engineeringnya akan semakin menuju expert. Basic EPCC ada di pendidikan sarjana Teknik Kimia kira-kira hampir 80-90% kurikulum, jadi bidang pendidikan S1 Teknik Kimia memang sangat related langsung dengan dunia kerja EPCC atau EPC. Di bidang ini, sarjana Teknik Kimia akan diminta mengurusi PFD, P&ID, analisis NME, sizing peralatan proses pabrik, merancang proses kimia, trouble shooting, dan banyak lagi. Perusahaan favorit pilihan sarjana Teknik Kimia untuk bidang EPCC adalah KBR, Saipem, Technip, Rekayasa Industri, IKPT, Tripatra, dan masih banyak lagi.
 Terakhir yaitu industri petrokimia, dimana proses di industri ini banyak melibatkan proses pencampuran, pemisahan, dan proses konversi kimia yang berkaitan erat dengan pelajaran di teknik kimia. Salah satu ilmu yang dipakai yaitu analisis kolom destilasi, analisis kolom absorber, troble shooting, pengolahan limbah dan lainnya.
Semua hanya beberapa contoh dari prospek teknik kimia, masih terdapat banyak lagi prospek dari insinyur teknik kimia di berbagai bidang. Bagaimana tidak seorang insinyur teknik kimia dapat menjadi tongkak berdirinya suatu Negara maju? Karena sebagian besar industri yang ada di dunia dikendalikan oleh insinyur teknik kimia dari mulai perancangan sampai pengendalian proses akhir. Jika kamu adalah calon sarjana teknik kimia, maka kamu harus bangga menjadi calon insinyur yang dapat memegang peran peting dalaam pembangunan Negara. 


#HimatemiaBERAKSI
#HimatemiaGo





Daftar Pustaka

https://kimia.akprind.ac.id/apa-saja-sih-peluang-kerja-lulusan-teknik-kimia/ (Diakses pada 26 Mei 2020, pukul 15:05 WIB)
https://www.google.com/amp/s/www.quipper.com/id/blog/quipper-campus/career/untuk-kamu-lulusan-teknik-kimia-pekerjaan-keren-ini-sudah-menantimu/amp/ (Diakses Pada 26 Mei 2020, Pukul 15.36)
https://www.renesia.com/10-peluang-atau-prospek-kerja-teknik-kimia/ (Diakses pada 26 Mei 2020, Pukul 18:54 WIB)
https://passinggrade.co.id/prospek-kerja-teknik-kimia-untuk-perempuan/(Diakses pada 27 mei 2020, pukul 13.38 WIB)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »