[ Muda Sukses dalam Berwirausaha? Tentu Bisa! ]

09.22.00


Muda Sukses dalam Berwirausaha? Tentu Bisa!

Tahukah  kamu arti dari kewirausahaan?. Kewirausahaan menurut Richard Cantillon (1775) seorang ahli ekonomi,  didefinisikan sebagai bekerja sendiri (self-employment)  seseorang wirausahawan membeli barang saat ini pada harga tertentu dan menjualnya pada masa yang akan datang dengan harga yang tidak menentu. Jadi, definisi ini lebih menekankan pada bagaimana seseorang menghadapi resiko atau ketidakpastian. Kewirausahaan merupakan suatu proses identifikasi, mengembangkan, dan membawa visi kedalam kehidupan. Visi tersebut dapat berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik menjalankan sesuatu. Hasil dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk dalam kondisi resiko atau ketidakpastian.
Pemikiran kebanyakan orang mengatakan idea tau gagasan mahal harganya, yaa itu sangat benar karena tentunya tidak sembarang ide, tetapi ide yang memiliki nilai komersial dan ide yang dapat merancang suatu usaha atau bisnis. Realita dilapangan menunjukan bahwa banyak ide bisnis hebat lahir dari kaula muda. Namun sayangnya banyak kaum muda yang tidak dapat menuangkan ide tersebut atau bahkan ragu untuk mengambil resiko yang dihadapinya. Tentunya jika kemampuan ini mampu dirancang dengan baik dan diterapkan dalam sebuah bisnis riil tentu banyak memberi manfaat bagi diri sendiri ataupun orang lain. Salah satu kunci sukses memulai usaha adalah membuat sebuah perenanaan usaha/bisnis yang matang dan realistis dan berani mengambil resiko.

Untuk menjadi seorang wirausahawa tentu harus memiliki  6 aspek penting yaitu :
  1. Percaya diri bahwa apa yang dilakukan pasti berhasil tidak tergantung pada orang lain
  2. Berorientasi pada tugas dan hasil dari kegiatan yang dilakukan untuk mencapai prestasi
  3. Pengambilan resiko, semakin tinggi resiko semaki besar kemungkinan keuntungan yang akan diperoleh
  4. Jiwa kepemimpinan yang mampu untuk menerima saran dan kritik demi kemajuan usahanya
  5. Keorisinilan, kegiatan usaha yang dilakukan dikembangkan dengan kreasi-kreasi yang baru serta mudah untuk meyesuaikan dengan perkembangan pasar.
  6. Berorientasi ke masa depan untu mengembangkan usaha harus memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi agar tidak ketinggalan dengan para pesaing.
     Dalam jurnal Hari Winarto, menurut Williamson 1961 untuk menjalankan kegiatan berwirausaha perlu diketahui tahapan-tahapan dalam berwirausaha. Berikut ini secara umum tahapan melakukan wirausaha :
  • Tahap memulai, tahap di mana seseorang yang berniat untuk melakukan usaha mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan, diawali dengan melihat peluang usaha baru. Juga memilih jenis usaha yang akan dilakukan apakah di bidang pertanian, industri / manufaktur / produksi atau jasa.
  • Tahap melaksanakan usaha atau diringkas dengan tahap "jalan", tahap ini seorang wirausahawan mengelola berbagai aspek yang terkait dengan usahanya, mencakup aspek-aspek : pembiayaan, SDM, kepemilikan, organisasi, kepemimpinan yang meliputi bagaimana mengambil resiko dan mengambil keputusan, pemasaran, dan melakukan evaluasi.
  • Mempertahankan usaha, tahap dimana wirausahawan berdasarkan hasil yang telah dicapai melakukan analisis perkembangan yang dicapai untuk ditindaklanjuti sesuai dengan kondisi yang dihadapi
  • Mengembangkan usaha, tahap di mana jika hasil yang diperoleh tergolong positif atau mengalami perkembangan atau dapat bertahan maka perluasan usaha menjadi salah satu pilihan yang mungkin diambil.
       Jika kita belajar untuk menjadi seorang wirausahawan banyak manfaat yang dapat kita peroleh lohh. Berikut ini adalah kelebihan yang biasanya akan dimiliki atau diperoleh seseorang ketika memulai berwirausaha, yaitu: Kesempatan untuk menggapai atau mewujudkan cita-cita, banyak memiliki kesempatan mengembangkan ide-idenya, memiliki kesempatan menunjukkan potensi diri, mendapat pengakuan atas usaha yang dimiliki, bisa mendapatkan keuntungan yang fantastis, berkontribusi pada masyarakat, bebas melakukan apa yang diinginkan namun tidak melupakan aturan.

        Bagaimana menurut kamu? Belajar mulai dari langkah demi langkah, buang semua rasa ragu dan jadilah muda yang sukses berwirausaha. Usia tidak menghalangi kita utuk dapat berwirausaha , selama kita berkeyakinan penuh terhadap diri kita dan mampu menuangkan idea tau gagasan yang kita miliki semua resiko dan keraguan tidak akan mengoyahkan kita dalam mencapai kesuksesan berwirausaha. Tetap semangat dan pantang menyerah wahai calon wirausahawan muda!



Daftar Pustaka

Jurnal Hari Wiranto, Menuju Sukses Berwirausaha
https://www.romadecade.org/pengertian-wirausahawan/# (Diakses pada, 28 Mei 2020 pukul 19:26 WIB)
https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://media.neliti.com (Diakses pada 28 Mei 2020, pukul 20.13 WIB)


#HimatemiaBERAKSI

#HimatemiaGo

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »